Penerapan Metode Jarimatika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Dalam Mengoptimalisasi Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Sekolah Dasar
Keywords:
Jarimatika Window, Addition, Subtraction, Arithmetic AbilityAbstract
Masalah pada penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di SD Negeri 89 Palembang, yaitu siswa cenderung kurang aktif dan kurang tertarik dalam pembelajaran Matematika, siswa kurang memperhatikan dan asik mengobrol, siswa kesulitan dalam mengerjakan soal operasi bilangan penjumlahan dan pengurangan, dan kemampuan berhitung anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan metode jarimatika materi penjumlahan dan pengurangan dalam mengoptimalisasi kemampuan berhitung siswa kelas II SD Negeri 89 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, pengumpulan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode jaritmatika memberikan dampak positif pada peningkatan kemampuan berhitung siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan. Respon siswa pada penerapan metode jarimatika materi penjumlahan dan pengurangan dalam menoptimalisasi kemampuan berhitung siswa kelas II SD Negeri 89 Palembang sangat positif, dimana rata-rata skor jawaban siswa sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik.Downloads
References
Aini,L.Q. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Edumath, 6(1), 30–39.
Afsari, S., Safitri, I., & Harahap, S. K. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197.
Astuti, T. (2019). Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media.
Maja, I., Oktanisa, S., & Marshinta, F. U. (2024). Penerapan Metode Jarimatika Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 2–10.
Nurmasari, L. (2018). Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II SD Negeri 3 Pringanom Sragen. Universitas Sebelas Maret.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 437.
Susanto,A.(2021). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Thoyyibah,D.(2020).Metode Jarimatika untuk Melatih Kemampuan Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan Peserta Didik Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(2), 138–139.
Wulandani, S. P. (2018). Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Jakarta: PT Kawan Pustaka.
Yefri, Misdalina, M., & Tanzimah. (2023). Pengaruh Metode Jarimatika terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II di SD. Journal on Education, 06(01), 4664–4672. https://etheses.uinmataram.ac.id/5147/1/Meilina Paramida_190106098.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.