ANALISIS EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI UPT SDN 007 BANGKINANG, KAMPAR, RIAU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27525Keywords:
evaluasi pembelajaran, hasil belajar, pendidikan dasar, evaluasi formatif, evaluasi sumatif, evaluasi autentik, learning evaluation, learning outcomes, basic education, formative evaluation, summative evaluation, authentic evaluationAbstract
ABSTRACT Learning evaluation plays an important role in assessing the success of the teaching and learning process as well as encouraging the improvement of student achievements. With the presence of evaluations, schools can determine the extent of achievements that have been made as well as the shortcomings that still exist in the learning activities. This research aims to analyze the evaluation of the learning process and outcomes of students at UPT SD Negeri 007 Bangkinang, specifically fourth-grade students. The research method used is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews, and document review. The results of the research in the fourth-grade class at UPT SDN 007 Bangkinang show that the learning evaluation has been conducted thoroughly and focuses on improving all student competencies. ABSTRAK Evaluasi pembelajaran berperan penting dalam menilai keberhasilan proses belajar mengajar serta mendorong peningkatan prestasi siswa. Dengan adanya evaluasi, sekolah dapat mengetahui sejauh mana pencapaian yang telah diraih maupun kekurangan yang masih ada dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis evaluasi proses dan hasil belajar siswa di UPT SD Negeri 007 Bangkinang, khususnya siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan meninjau dokumen. Hasil penelitian di kelas IV UPT SDN 007 Bangkinang menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran telah dilakukan secara menyeluruh dan berfokus pada meningkatkan semua kompetensi siswa.Downloads
References
Angkat, Saskia Aulia, Siska Wardhani, and Syahrial Syahrial. 2024. “Konsep Penilaian Autentik Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia 1(3):13. doi: 10.47134/ptk.v1i3.432.
Aqmarani, Andini, Ina Magdalen, and Nisa Ayudhiya. 2020. “Evaluasi Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar.” Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia 1(2):57–63. doi: 10.58578/yasin.v3i5.1421.
Basri, Ivo. 2017. “Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter Dan Multikultural.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1(4):247. doi: 10.23887/jisd.v1i4.12593.
Charismasari, Louis Chesarlita Yulia, and Mawardi. 2024. “EVALUASI PEMBELAJARAN IPAS KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI SIDOREJO LOR 03 SALATIGA MENGGUNAKAN MODEL.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(04):322–36.
Hasnidar, Hasnidar. 2019. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 007 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Examples Non Examples.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 1(1):30–42. doi: 10.31004/edukatif.v1i1.4.
Huljannah, Miftha. 2021. “Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Educator (Directory of Elementary Education Journal) 2(2):164–80. doi: 10.58176/edu.v2i2.157.
Husna, Asmaul, and Arwin. 2024. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 07 SUNGAI JAMBU KABUPATEN TANAH DATAR.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandir 10(02).
Julio, Peter. 2025. “IMPLEMENTASI EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN CINAMBO BANDUNG.”
Magdalena, Ina, Gilang Ramadhan, Hasanah Dwi Wahyuni, and Nabilah Dwi Safitri. 2023. “Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 4(3):167–76. doi: 10.59059/tarim.v4i3.220.
Magdalena, Ina, Fatikah Mulyani, Nuri Fitriyani, and Awalia Hapsa Delvia. 2020. “Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar Di Sd Negeri Bencongan 1.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(1):87–98.
Permadi, Lulu Hanaghina, Syintia Bela Puspita Sari, and Tanaya Salsabila. 2024. “Peran Penting Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 3(2):1725–29.
Susanti, Riri, Hardianto, and M. Isa. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Savi (Somatis, Audio, Visual Dan Intelektual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kewarganegaraan 6(4):6724–35.
Uliza, Eli Fitri, Aulia Putri Soenario, Yena Mardiani, and Denti Herlezah. 2025. “Persiapan Sekolah Dalam Mengimplementasikan Hakikat Evaluasi Pembelajaran Di SD / MI.” Jurnal Pendidikan Tambusai 9:11337–50.
ZAHRAH, FATIMATUS. 2022. Evaluasi Pembelajaran Sd / Mi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.