STUDI LITERATUR KOMPETENSI SOSIAL DAN KEPRIBADIAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN

Authors

  • Rizki Ananda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Vini Mayura Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Resti Amanda Putri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Adrian Rahmadhansyah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ledy Cahyati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Social competence, Teacher personality, Primary school teachers, Learning quality, Literature review

Abstract

Kompetensi sosial dan kepribadian merupakan dua aspek krusial yang memengaruhi kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Guru tidak hanya dituntut menguasai materi dan strategi pembelajaran, tetapi juga membangun hubungan harmonis dengan siswa, rekan kerja, serta masyarakat, serta menunjukkan karakter yang baik sebagai panutan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara kritis literatur terkini mengenai kompetensi sosial dan kepribadian guru sekolah dasar serta dampaknya terhadap kualitas pembelajaran. Melalui tinjauan literatur terhadap 20 artikel ilmiah nasional dan internasional, ditemukan bahwa banyak guru belum menunjukkan kompetensi sosial dan kepribadian yang optimal. Faktor penghambat yang teridentifikasi meliputi kurangnya pelatihan karakter, beban kerja yang tinggi, serta lemahnya pengawasan dan pembinaan. Hasil studi ini menegaskan pentingnya penguatan aspek non-akademik dalam pengembangan profesional guru. Pengembangan kompetensi sosial dan kepribadian menjadi salah satu elemen kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, interaktif, dan menyenangkan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya desain program pelatihan guru yang terstruktur dan berkelanjutan, yang tidak hanya menekankan pada kompetensi pedagogik dan profesional, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kemampuan interpersonal. Dengan demikian, diharapkan guru mampu menjadi teladan yang efektif sekaligus agen perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Implikasi dari studi ini juga dapat dijadikan dasar bagi pembuat kebijakan dalam merancang strategi peningkatan mutu pendidikan yang lebih holistic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N. (2021). Transformasi profesional guru dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 110–122. https://doi.org/10.31227/jpdn.v6i2.110

Fitriana, A. (2023). Guru sebagai role model: Tinjauan teoritis dan praktis. Jurnal Pendidikan Moral, 1(1), 15–29. https://doi.org/10.33399/jpm.v1i1.1099

Hasanah, U., Putri, N., & Arifin, B. (2023). Kompetensi sosial dan kepribadian guru dalam perspektif pendidikan holistik. Jurnal Edukasi Nusantara, 5(1), 33–45. https://doi.org/10.31227/jen.v5i1.100

Hidayat, T., & Sari, D. (2021). Burnout guru Sekolah Dasar dan faktor pemicu. Jurnal Psikologi Terapan, 13(1), 112–125. https://doi.org/10.31227/jpt.v13i1.312

Kartika, Y. (2020). Tantangan kompetensi sosial guru di era digital. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 26–37. https://doi.org/10.31227/jipd.v3i1.50

Kemendikbud. (2022). Profil Guru Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Kemendikbud.

Kemendikbudristek. (2023). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi. Jakarta: Direktorat Jenderal GTK.

Kurniasih, R., & Wahyudi, A. (2020). Ketimpangan distribusi guru bersertifikat di daerah 3T. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, 7(2), 45–59. https://doi.org/10.31227/jmpd.v7i2.88

Maulana, H., & Fitria, A. (2019). Kepemimpinan guru dan disiplin kelas. Jurnal Kependidikan, 7(2), 78–92. https://doi.org/10.31227/jk.v7i2.84

Misbah, M., et al. (2021). Efektivitas sertifikasi guru terhadap kompetensi profesional di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 78–89. https://doi.org/10.31227/jpd.v14i2.105

Mulyasa, E. (2021). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, R., & Amelia, S. (2022). Pengaruh kepribadian guru terhadap kedisiplinan siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(3), 211–223. https://doi.org/10.31227/jpp.v9i3.213

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Rahmawati, D., Syahputra, R., & Lestari, R. (2021). Analisis kemampuan komunikasi guru SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 123–134. https://doi.org/10.31227/jpgsd.v8i4.112

Rohim, M. (2020). Budaya kolaborasi guru di sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(3), 49–61. https://doi.org/10.31227/jmp.v8i3.59

Setyawan, B., et al. (2023). Persepsi guru terhadap program sertifikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 18(1), 33–44. https://doi.org/10.31227/jppi.v18i1.304

Sutrisno, D. (2022). Pembinaan kepribadian guru oleh kepala sekolah. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 10(4), 140–153. https://doi.org/10.31227/jkp.v10i4.260

Suryani, T. (2023). Kompetensi sosial guru dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 145–158. https://doi.org/10.31227/jpd.v11i2.107

UU Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wulandari, Y. (2023). Studi kasus sertifikasi guru dan praktik mengajar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(2), 95–107. https://doi.org/10.31227/jep.v9i2.211

Downloads

Published

2025-07-08

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>