PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY DENGAN BANTUAN MEDIA APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 SOKAWERA

Authors

  • imtinan dhiya shafa Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Pamujo Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27753

Keywords:

Model Two Stay Two Stray, Media aplikasi GeoGebra, Keaktifan, prestasi belajar, Matematika, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini berdasar dari rendahnya tingkat keaktifan serta prestasi belajar matematika siswa di sekolah dasar, sehingga perlu adanya perbaikan pembelajaran melalui model penerapan serta media pembelajaran secara inovatif. Adapun alternatif model yang dianggap efektif meningkatkan permasalahan tersebut yaitu model Two Stay Two Stray (TSTS) yang dibantu media GeoGebra . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model TSTS dengan bantuan media GeoGebra mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika kelas V SD Negeri 1 Sokawera. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan instrumen berupa lembar pengamatan dan soal tes. Untuk subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri I Sokawera dengan jumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diketahui bahwa penggunaan model TSTS dibantu media GeoGebra mampu mengoptimalkan keaktifan dan prestasi belajar. Keaktifan siswa meningkat 11% dari rata-rata keaktifan siklus I 2,46 meningkat di siklus II menjadi 2,90 dan disertai dengan adanya jumlah siswa kelas V yang meningkat memperoleh keaktifan dengan kriteria baik atau sangat baik di siklus I dengan persentase 40% meningkat di siklus II dengan persentase 75%. Hasil prestasi belajar dengan KKTP 65, diperoleh peningkatan sebesar 30% dari rata-rata siklus I 64,45 meningkat di siklus II memperoleh 74,5. Persentase ketuntasan klasikal siklus I adalah 50% termasuk kriteria kurang baik dan siklus II meningkat mencapai 80% memperoleh kriteria sangat baik. Hal tersebut membuktikan bahwa keaktifan dan prestasi belajar pada matematika siswa kelas V terbukti dapat melalui peningkatan penerapan model TSTS dengan bantuan media GeoGebra .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Budianti, Y., Tasrif, A., & Budiati, D. R. (2022). Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(2), 220.

Daniyati, Saputri, A. B., Septiyani, I. A., Setiawan, S., & Usep. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran Ricken Wijaya STAI DR.KHEZ Muttaqien Purwakarta. In Journal of Student Research (JSR) (Vol. 1, Issue 1).

Diyah. (2020). GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Fernandez, A. J. (2020). Mahir GeoGebra. Yogyakarta: Deepublish.

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hidayat, S. (2024). Meraih Prestasi Melalui Learning Style dan Multiple Intelligence. Yogyakarta: Deepublish.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indrawan, I., Parwati, N., & Suryawan, I. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran ARIAS Berbantuan GeoGebra. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1).

Permana, B. A., Pamujo, P., & Badarudin, B. (2019). Peningkatan Sikap Bersahabat/Komunikatif dan Prestasi Belajar Pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Bantuan Media Gambar Seri. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1).

Rosyid, M. Z. (2020). Prestasi Belajar Edisi 2. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Slavin, R. E. (2021). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Yogyakarta: Nusa Media.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2016). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiarto, W. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Materi Komposisi Transformasi. Journal of Medives Journal of Mathematics Education IKIP, 1(1), 42–48.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia.

Downloads

Published

2025-07-01