Penerapan Model Pembelajaran Teams-Assisted Individualization (TAI) Dengan Bantuan Media Tangram Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Unsur-Unsur Bangun Datar Pada Kelas III SD Negeri 3 Jenggawur
PTK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28606Keywords:
Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Teams-Assisted IndividualizatonAbstract
Pencapaian prestasi belajarnya yang kurang memuaskan dalam mata pelajaran matematika pada siswa tingkat dasar melatarbelakangi dilaksanakannya studi ini. Studi ini menerapkan pendekatan Teams Assisted Individualization (TAI) sebagai upaya peningkatan pencapaian prestasi belajar matematika. Studi ini berbentuk riset tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus mencakup dua sesi pertemuan. Terdapat empat fase dalam studi ini: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi. Partisipan studi mencakup 18 siswa dari kelas III SD Negeri 3 Jenggawur. Instrumen pengumpulan informasi meliputi lembar pengamatan kegiatan pendidik dan siswa beserta lembar evaluasi pembelajaran. Hasil studi memperlihatkan kemajuan pada masing-masing siklus. Siklus pembelajaran memperlihatkan kemajuan pencapaian akademik. Rerata skor siklus I mencapai 73,61 dengan tingkat kelulusan 66,66%, sedangkan rerata skor siklus II mencapai 80 dengan tingkat kelulusan 83,33%. Transisi dari siklus I menuju putaran II memperlihatkan kemajuan 16,67%. Hasil studi membuktikan bahwa implementasi pendekatan pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) yang didukung alat peraga Tangram berhasil meningkatkan pencapaian prestasi belajarnya siswa pada mata pelajaran matematika.Downloads
References
Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika: Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat, D. R., & Badrujaman, A. (2009). Cara Mudah Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: CV Trans Info Media.
Magdalena, I., Hidayah, A., & Woro Astuti, A. (2020). Peran Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 383–392. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mufti, N. N., Pranata, O. H., & M, M. R. W. (2020). Studi Literatur: Tangram Sebagai Media Pembelajaran Geometri. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 93–99.
Purwanto. (2021). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sihotang, M., Hutasoit, M., Sianturi, M., & Silalahi, T. M. (2024). Penerapan Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Madrasah: Journal On Education and Teacher Profesionalism, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.59672/emasains.v13i1.3439
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sukarini, N. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 4(3 SE-Artikel), 247–255. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27509
Sutriyani, W., Cahyani, R. N., & Ulum, L. M. (2023). Analisis Penerapan Model Tai Berbantuan Media Konkret Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Sudut. Journal of Professional Elementary Education, 2(1), 90–98. https://doi.org/10.46306/jpee.v2i1.33
Wahyuni, N. E., Muslim, A., & Pamujo, P. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Prestasi Belajar Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2). https://doi.org/10.31949/jee.v2i2.1493
Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.