Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mata Pelajaran Matematika : Sebuah Uji Pengaruh
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27826Keywords:
Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SD Negeri 2 Gelumbang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang disebabkan kurang optimalnya pemenuhan kebutuhan belajar siswa yang beragam. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A (kontrol) dan III B (eksperimen) dengan jumlah masing-masing 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi dan yang tidak. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05. Dengan demikian, strategi pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi menghitung keliling bangun datar.Downloads
References
Arni, Y., Gusmiarni, A., Pasada, G., Putra, D., & Lepia, N. (2024). Mengembangkan Karakter Siswa Melalui Kurikulum Merdeka di SDN 174 Palembang. Alacrity : Journal of Education, 4(3), 527–533.
Bilantua, A., Panigoro, M., & Bahsoan, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tomilito Tomilito Gorontalo Utara. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(January), 439–448.
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1707–1715.
Gusteti, U. M., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 170–184.
Istiqomah, L., Reffiane, F., & Sanjaya, D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN Sawah Besar 01. Journal on Education, 06(03), 16153–16158.
Magdalena, I. (2020). Evaluasi pembelajaran SD : teori dan praktik. CV Jejak (Jejak Publisher).
Muhlisah, U., Misdaliana, M., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2793–2803.
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Sayfrimen. (2019). Buku Strategi Pembelajaran. In Cv. Reka Karya Amerta (Nomor April, hal. 1–107).
Sari, P. S., Aprilia, S., & Khalifatussadiah. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19–24.
Septa, I., Laia, A., Sitorus, P., Surbakti, M., Simanullang, E. N., Tumanggor, R. M., & Silaban, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 314–321.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains, Sosial dan Agama, 8(1), 386–397.
Sigalingging, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka The Differentiatiated Classroom. Tata Akbar.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan.
Surbakti, M., & Panjaitan, P. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi Dengan Metode Kooperatif Di Prodi Pend. Fisika Fkip Uhn Medan. Jurnal Visi Eksakta, 1(1), 63–78.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.
Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 35–44.
Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar, 4(1), 13–22.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (20). (2003). Depdiknas.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535.
Waluyo, E., Septian, A., Jerilian, E., Hidayat, N. I., Prahadi, A. M., Prasetyo, T., & Sabilah, I. A. (2024). Analisis Data Sample Menggunakan Ujihipotesis Penelitian Perbandingan Menggunakan Uji Anova Dan Uji T. JEBI: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(6), 775–785.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.