PENGARUH MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BERBENTUK KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD NEGERI 1 SUKARAMI OKI

Authors

  • Fathya Gayatri Ashri Universitas PGRI Palembang
  • Achmad Wahidy Universitas Pgri Palembang
  • Sonia Anisah Utami Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Keywords: Model CTL, Kartu Kata, Membaca Permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbentuk kartu kata terhadap kemampuan membaca pemulaan pembelajaran bahasa Indonesia kelas 1 SD Negeri 1 Sukarami OKI.

Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Penelitian ini dilakukan di kelas I SD Negeri 1 Sukarami 

tahun ajaran 2024/2025. Siswa diberikan tes membaca untuk mengetahui

 bagaimana kekmpuan awal siswa dalam membaca permulaan.

Selanjutnya diberikan perlakuan dengan menggunakan model CTL berbentuk kartu kata. 

Hal ini dilakukan agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan

kemampuan membaca permulaan pada siswa. Setelah itu siswa pada kelas control dan

ekpserimen diberikan tes akhir yaitu tes membaca untuk bisa mengetahui adakah

peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa setelah diberikan perlakuan.

Sehingga data yang didapatkan dianalisis untuk mengetahui pengaruh model CTL

(Contextual Teaching and Learning), langkah ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hasil tersebut, akan digunakan untuk

 menilai sejauh mana perlakuan Model CTL (Contextual Teaching and Learning)

berbentuk kartu kata berpengaruh terhadap

peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa. Pada data kemampuan membaca 

permulaan siswa sebelum perlakuan pada kelas eksperimen 68,13 dan kelas control 66,43 dan

setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan yaitu pada kelas eksperimen 81,56 dan

 kelas control 75,71. Adapun teknik analisis data yaitu uji-t berdasarkan analisis yang

diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai signifikannya 0,000 < 0,05 

dan nilai thitung 5.157 dimana ttabel 1.70 maka berdasarkan pengujan tersebut Ho

ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan

Terdapat pengaruh yang signifikan model CTL (contextual teaching and learning)

berbentuk kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan pada

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, V. S. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa

Sekolah. jurnal ilmu pendidikan.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca

permulaan menggunakanmodel direct instruction

berbantuan media kartu kata

bergambar. Jurnal Pendidikan

Anak, 29-37.

Astuti, A. W., & Drupadi, R. (2021).

Hubungan Penggunaan Media

Kartu Huruf dengan

Kemampuan Membaca

Permulaan Anak Usia 5-6

Tahun. KINDERGARTEN:

Journal of Islamic Early

Childhood Education, 73-81.

Gading, K., Magta, M., & Pebrianti, F.

(2019).Pengaruh Metode Suku

Kata Dengan Media Kartu

Kata. Mimber Ilmu.

Hasmi. (2019). Metode Penelitian

Epidemiologi. Jakarta: CV.

Trans Info Media.

Hoiyati. (2022). Pengaruh Model CTL

berbantuan Kartu Kata

terhadapat kemampuan

membaca permulaan pada

siswa kelas II Sd. Jurnal

Pendidikan Tambusai.

Kartini, R. P., Wardiah, D., & Wahidy,

A. (2023). Analisis

pemerolehan bahasa pertama

pada anak usia 2 tahun.

Innovative: Journal Of Social

Science Research, 3(2),

12070-12084.

Muammar. (2020). Membaca

Permulaan di Sekolah Dasar.

Mataram: sanabil.

Nuraini. (2018). Peningkatan Hasil

Belajar Siswa Melalui

Pembelajran Saintifik Pada

Materi Kalor dan

Perpindahannya Pada Siswa

Kelas VII. Semarang: Jurnal

Ilmu Pengetahuan Alam.

Paling, S. (2023). Belajar dan

Pembelajaran.Pt Mifandi Madiri

Digital.

Rumidjan. (2019). Pengembangan

Media Kertu Kata untuk Melatih

Keterampilan Membaca

Permulaan Pda Siswa Kelas 1

SD.

Sugiyono. (2018). Metode

Penenelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Suherman, A. (2023). Implementasi

Kurikulum Merdeka Teori dan

Praktif Kurikulum Merdeka

Belajar Penjas SD. Indonesia

Emas Group.

Sukma, H. H., & Puspita, L. a. (2023).

Keterampilan Membaca

Menulis (Teori Praktik).

Yogyakarta: K-Media.

Supanto, E., Wahidy, A., & Utami, S.

A. (2025). Pengembangan

Media Kartu Huruf Dan Kartu

Kata Bergambar Untuk

Meningkatkan Keterampilan

Membaca Permulaan Siswa

Pada Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia Kelas I SD Negeri 19

Palembang. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar (JIPDAS),

5(1), 131-141.

Supriyadi. (2018). Pengaruh Metode

Pembelajaran dan Kecerdasan

Emosional Siswa terhadap

Hasil Belajar. NEM.

Downloads

Published

2025-07-09

Most read articles by the same author(s)