PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN RODA BERPUTAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 3 NGUNANG KABUPATEN MUBA
Keywords:
Spinning Wheel, Learning Media, Interest in LearningAbstract
Masalah rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran IPAS menjadi tantangan bagi guru dalam menciptakan proses belajar yang menarik dan menyenangkan. Siswa cenderung pasif dan kurang fokus selama kegiatan belajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran roda berputar terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Ngunang Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design dan desin One-Group Pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda (pretest dan posttest) serta angket minat belajar menggunakan skala Likert. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji pired sample t-test dengan bantuan SPSS 26. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest, dari rata-rata 33.33 menjadi 78.67. Skor rata-rata angket minat belajar siswa juag tergolong sangat tinggi, yaitu 87.93. Hasil Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05) dan thitung -14.464, yang berarti Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa media roda berputar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa dan mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkanDownloads
References
Arsyad, A. (2020). Media
Pembelajaran. Jakarta: Rajawali
Persada.
Dwianty, R. J., Disurya, R., & Putri, M.
K. (2024). Pengaruh media
pembelajaran roda berputar
terhadap minat belajar siswa mata
pelajaran PPKn SDN 136
Palembang. Jurnal Cerdas
Proklamator, 12(1), 74–84.
Faridatunnisa, S., Subekti, E. E., &
Mushafanah, Q. (2024).
Efektivitas penggunaan media
pembelajaran berbasis video
animasi untuk meningkatkan hasil
belajar matematika kelas I SD.
Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9),Arsyad, A. (2020). Media
Pembelajaran. Jakarta: Rajawali
Persada.
Dwianty, R. J., Disurya, R., & Putri, M.
K. (2024). Pengaruh media
pembelajaran roda berputar
terhadap minat belajar siswa mata
pelajaran PPKn SDN 136
Palembang. Jurnal Cerdas
Proklamator, 12(1), 74–84.
Faridatunnisa, S., Subekti, E. E., &
Mushafanah, Q. (2024).
Efektivitas penggunaan media
pembelajaran berbasis video
animasi untuk meningkatkan hasil
belajar matematika kelas I SD.
Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9),770–782.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020).
Pengaruh pembelajaran
menggunakan media
pembelajaran interaktif terhadap
hasil belajar siswa di Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4),
1104–1113.
Maylitha, E., Parameswara, M. C.,
Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M.
F., Hikmah, S. N., & Prihantini, P.
(2023). Peran keterampilan
mengelola kelas dalam
meningkatkan minat belajar siswa.
Journal on Education, 5(2),
2184–2194.
Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M.
F., Suharti, L., & Harahap, J. P.
(2023). Konsep dan implementasi
Kurikulum Merdeka.
COMPETITIVE: Journal of
Education, 2(3), 201–211.
Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah,
S., & Ningsi, A. (2024).
Penerapan media pembelajaran
berbasis teknologi informasi dan
komunikasi pada Kurikulum
Merdeka di Sekolah Dasar.
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru,
9(1), 182–187.
Ramdan, S. Z. (2024). Penggunaan
media roda berputar untuk
meningkatkan minat belajar siswa
kelas V SDN 31 Cakranegara.
Al‑Mujahidah, 5(2), 51–56.
Siahaan, H., Samosir, P., & Hutabarat,
R. (2024). Pengaruh media roda
putar terhadap hasil belajar IPA di
SD Medan. Prosiding PSSH.
Sundari, R., Putra, M. J., & Dedy, A.
(2022). Pengaruh pemberian ice
breaking terhadap minat belajar
siswa kelas III SD Negeri 2 Lais.
Jurnal Pendidikan dan Konseling
(JPDK), 4(4), 1651–1660.
Sulistyorini, M. T. A., & Salamah, S.
(2022). Penerapan media
pembelajaran interaktif untuk
meningkatkan motivasi dan hasil
belajar IPS. Proceedings Series
on Social Sciences & Humanities,
3, 98–103.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian
Kuantitatif. Alfabeta.
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum
Merdeka untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran. Jurnal
Pendidikan dan Konseling
(JPDK), 4(6), 13404–13408.Yusuf Ali, F., & Maliki Ilham, B. (2022).
Psikologi Pendidikan (Edisi 1).
Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.