PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN RODA BERPUTAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 3 NGUNANG KABUPATEN MUBA

Authors

  • Apri Yunita Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Universitas PGRI Palembang
  • Mega Kusuma Putri Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Spinning Wheel, Learning Media, Interest in Learning

Abstract

Masalah rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran IPAS menjadi tantangan bagi guru dalam menciptakan proses belajar yang menarik dan menyenangkan. Siswa cenderung pasif dan kurang fokus selama kegiatan belajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran roda berputar terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Ngunang Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design dan desin One-Group Pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda (pretest dan posttest) serta angket minat belajar menggunakan skala Likert. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji pired sample t-test dengan bantuan SPSS 26. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest, dari rata-rata 33.33 menjadi 78.67. Skor rata-rata angket minat belajar siswa juag tergolong sangat tinggi, yaitu 87.93. Hasil Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05) dan thitung -14.464, yang berarti Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa media roda berputar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa dan mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2020). Media

Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Persada.

Dwianty, R. J., Disurya, R., & Putri, M.

K. (2024). Pengaruh media

pembelajaran roda berputar

terhadap minat belajar siswa mata

pelajaran PPKn SDN 136

Palembang. Jurnal Cerdas

Proklamator, 12(1), 74–84.

Faridatunnisa, S., Subekti, E. E., &

Mushafanah, Q. (2024).

Efektivitas penggunaan media

pembelajaran berbasis video

animasi untuk meningkatkan hasil

belajar matematika kelas I SD.

Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9),Arsyad, A. (2020). Media

Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Persada.

Dwianty, R. J., Disurya, R., & Putri, M.

K. (2024). Pengaruh media

pembelajaran roda berputar

terhadap minat belajar siswa mata

pelajaran PPKn SDN 136

Palembang. Jurnal Cerdas

Proklamator, 12(1), 74–84.

Faridatunnisa, S., Subekti, E. E., &

Mushafanah, Q. (2024).

Efektivitas penggunaan media

pembelajaran berbasis video

animasi untuk meningkatkan hasil

belajar matematika kelas I SD.

Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(9),770–782.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020).

Pengaruh pembelajaran

menggunakan media

pembelajaran interaktif terhadap

hasil belajar siswa di Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4),

1104–1113.

Maylitha, E., Parameswara, M. C.,

Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M.

F., Hikmah, S. N., & Prihantini, P.

(2023). Peran keterampilan

mengelola kelas dalam

meningkatkan minat belajar siswa.

Journal on Education, 5(2),

2184–2194.

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M.

F., Suharti, L., & Harahap, J. P.

(2023). Konsep dan implementasi

Kurikulum Merdeka.

COMPETITIVE: Journal of

Education, 2(3), 201–211.

Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah,

S., & Ningsi, A. (2024).

Penerapan media pembelajaran

berbasis teknologi informasi dan

komunikasi pada Kurikulum

Merdeka di Sekolah Dasar.

Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru,

9(1), 182–187.

Ramdan, S. Z. (2024). Penggunaan

media roda berputar untuk

meningkatkan minat belajar siswa

kelas V SDN 31 Cakranegara.

Al‑Mujahidah, 5(2), 51–56.

Siahaan, H., Samosir, P., & Hutabarat,

R. (2024). Pengaruh media roda

putar terhadap hasil belajar IPA di

SD Medan. Prosiding PSSH.

Sundari, R., Putra, M. J., & Dedy, A.

(2022). Pengaruh pemberian ice

breaking terhadap minat belajar

siswa kelas III SD Negeri 2 Lais.

Jurnal Pendidikan dan Konseling

(JPDK), 4(4), 1651–1660.

Sulistyorini, M. T. A., & Salamah, S.

(2022). Penerapan media

pembelajaran interaktif untuk

meningkatkan motivasi dan hasil

belajar IPS. Proceedings Series

on Social Sciences & Humanities,

3, 98–103.

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian

Kuantitatif. Alfabeta.

Wahyuni, S. (2022). Kurikulum

Merdeka untuk meningkatkan

kualitas pembelajaran. Jurnal

Pendidikan dan Konseling

(JPDK), 4(6), 13404–13408.Yusuf Ali, F., & Maliki Ilham, B. (2022).

Psikologi Pendidikan (Edisi 1).

Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2025-07-09