ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI: STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI KELAS V SDN KALIMANGGIS

Authors

  • Ai Nurhasanah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian Indihadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dwi Alia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27933

Keywords:

Indonesian Language Learning, Concept Map Media, Writing Explanatory Text, Elementary School.

Abstract

ABSTRACT This research is motivated by the difficulties of students in writing explanatory texts in Elementary Schools. Students often experience confusion when starting to write, have difficulty developing ideas, and do not fully understand the structure of explanatory texts. This study aims to describe the use of concept map media in learning to write explanatory texts and analyze students' responses to the media. This study uses a qualitative descriptive approach with subjects of teachers and grade V students of SDN Kalimanggis. Data collection techniques are carried out through observation, interviews, and documentation of students' writing results. The results of the study show that concept map media provides a clear structure and helps students in compiling information coherently and logically. Students find it easier to understand cause-and-effect relationships and are more confident in writing because they have concrete guidance in the form of keywords. Of the 35 students, 30 showed an increase in writing skills, both in terms of understanding the structure of the text (general statements, explanatory sequences, and conclusions), content integration, writing mechanics, and logical sequences in the explanation. This media also helps students in linking the contents of the writing with real events that they often encounter, such as natural phenomena. Thus, the use of concept map media is considered effective in improving explanatory text writing skills while making it easier for students to develop ideas systematically and in a directed manner in learning Indonesian Writing explanatory texts in elementary schools. Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi di Sekolah Dasar. Peserta didik sering mengalami kebingungan saat memulai menulis, kesulitan mengembangkan ide, serta belum memahami struktur teks eksplanasi secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media peta konsep dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi serta menganalisis respons peserta didik terhadap media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek guru dan peserta didik kelas V SDN Kalimanggis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil tulisan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media peta konsep memberikan struktur yang jelas dan membantu peserta didik dalam menyusun informasi secara runtut dan logis. Peserta didik lebih mudah memahami hubungan sebab-akibat serta lebih percaya diri dalam menulis karena memiliki panduan yang konkret berupa kata kunci. Dari 35 peserta didik, sebanyak 30 orang menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menulis, baik dari segi pemahaman struktur teks (pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup), keterpaduan isi, mekanik penulisan maupun urutan logis dalam penjelasan. Media ini juga membantu peserta didik dalam mengaitkan isi tulisan dengan peristiwa nyata yang sering mereka jumpai, seperti fenomena alam. Dengan demikian, penggunaan media peta konsep dinilai efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi sekaligus mempermudah peserta didik dalam mengembangkan ide secara sistematis dan terarah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis teks eksplanasi di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku:

Al-tabani, Trianto. (2014). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.

Bodgan, R. &. (1992). Metode Penelitian

Kualitatif, Terjemahan oleh Arief

Rurchan, (Surabaya: Usaha

Nasional). Surabaya.

Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis. In Depok: Rajawali Pers. Rajawali Pers.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian.

Jakarta: PT Gramedia Widiarsa.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.

Pohan, Lisa Ariyanti. 2013. Penggunaan Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia. ISSN: 2337-6198. Vol. 1 No. 1. Medan: Universitas Islam Sumatera Utara.

Moleong, L. (2008). Metode Penelitian

Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan Pendeketan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi 23). Alfabeta.

Suriamiharja, S. (1997). Dasar-dasar penulisan ilmiah. Jakarta: Gramedia.

Jurnal :

Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 298–304.

Anggun Floresita Ramadani, Sovi Helena Safitri, Chandra Chandra, & Tiok Wijanarko. (2024). Analisis Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 219–227.

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34.

Fauziah, M., Chandra, C., & Syam, S. S. (2025). Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Menulis Teks Eksplanasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 3.

Fitriyani, R. N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Mind Map Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas Iv Sdn 3 Kutaliman …. Basic Education, 3–10.

Ihsan Intania, Fida Chasanatun, A. K. H. . (2024). EFEKTIVITAS PENERAPAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI SE-KECAMATAN NGAWI. JURNAL RISET PENDIDIKAN DASAR DAN KARAKTER Volume, 6(2), 09–16.

Loilatu, S. H., Rusdi, M., & Musyowir, M. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 4(4), 1408–1422.

Nurliana, A. H., Jamaluddin, J., & Mahrus, M. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Batukliang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2338–2342.

Qonaah, N. A., & Wismanto, A. (2022). Penerapan Media Peta Konsep Dalam Pembelajaran Daring Menulis Teks Eksplanasi Pada Peserta Didik Kelas Viii Mts Yatpi Godong. 68–73.

Suparlan. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 245–258.

Syaodih, E. (2021). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Dasar: Satu Usulan. Inovasi Kurikulum, 6(2), 54–73.

Windi Anggriani1, D. I. (2018). PEDADIDAKTKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Menulis Narasi di SD. All Rights Reserved, 5(1), 11–22.

Zakiyatun, C., Cawang, C., & Kurniawan, R. A. (2017). Pengaruh Media Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Dan Daya Ingat Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas Xi Mipa Sma Negeri 7 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 5(2).

Downloads

Published

2025-07-09