TRANSFORMASI PERILAKU RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR: PERAN STRATEGIS GURU PAI SEBAGAI AGEN PERUBAHAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27936Keywords:
Religious behavior, Islamic Religious Education teacher, elementary school, student character, contextual learning, teacher role model, character education.Abstract
Islamic Religious Education (IRE) plays a strategic role in shaping students' religious behavior from the elementary school level. This study aims to explore the role of IRE teachers in enhancing students’ religious behavior at SD Negeri 5 Sawa through contextual and applicable learning strategies. A qualitative descriptive approach was employed, involving observation, in-depth interviews, and documentation. Informants included teachers, students, and parents. The findings reveal a significant improvement in students’ religious behavior following the replacement of the IRE teacher, reflected in their discipline in performing prayers, participation in religious activities, politeness, honesty, and social awareness. Teachers acted as educators, motivators, and role models in developing students’ religious character through habituation, motivation, and exemplary conduct. The results highlight the importance of teacher competence in creating a religious and conducive learning environment. This study recommends strengthening IRE teacher training and developing a curriculum that supports sustainable character formation in elementary schools. Keywords: Religious behavior, Islamic Religious Education teacher, elementary school, student character, contextual learning, teacher role model, character education. Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membentuk perilaku religius peserta didik sejak jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru PAI dalam meningkatkan perilaku religius siswa di SD Negeri 5 Sawa melalui pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan terdiri dari guru, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pergantian guru PAI, terjadi peningkatan signifikan dalam aspek religiusitas siswa, seperti disiplin dalam beribadah, aktif mengikuti kegiatan keagamaan, sopan santun, kejujuran, dan kepedulian sosial. Guru berperan sebagai pendidik, motivator, dan teladan dalam membentuk karakter religius siswa melalui pembiasaan, penguatan motivasi, dan keteladanan. Temuan ini menunjukkan pentingnya kompetensi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang religius dan kondusif. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru PAI serta pengembangan kurikulum yang mendukung pembentukan karakter religius secara berkelanjutan di sekolah dasar. Kata Kunci: Perilaku religius, guru Pendidikan Agama Islam, sekolah dasar, karakter peserta didik, pembelajaran kontekstual, keteladanan guru, pendidikan karakter.Downloads
References
Aisah, S., & Usman, F. (2023). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi perilaku menyimpang pada peserta didik. Chalim Journal of Teaching and Learning, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31538/cjotl.v3i1.419
Akbar, Z. N., & Azani, M. Z. (2024). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2057–2068. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/670
Albu, S. C. (2022). The Teacher, A Model for The Transmission of Moral Values. In Values, models, education. Contemporary perspectives. Eikon Publishing House. https://doi.org/10.56177/epvl.ch37.2022.en
Amanullah, W. A. A., Wantini, W., & Diponegoro, A. M. (2023). Analisis role-model guru PAI dalam peningkatan pembelajaran Agama Islam dalam perspektif psikologi pendidikan Islam: Studi di SDN Bhayangkara Yogyakarta. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(1), 128–145. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i1.861
Arlia, G. (2018). Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa SMA Negeri 2 Sungai Keruh Musi Banyuasin. Muaddib: Islamic Education Journal, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.19109/muaddib.v1i1.3040
Asriyanto, M., Janah, F., & Setiawan, A. (2023). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai toleransi pada peserta didik di SMP Negeri 38 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 31–44. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/6565
Briliantara, T. U., & Salim, H. (2024). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mendidik karakter disiplin peserta didik di SMP Negeri 3 Purwodadi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1935–1944. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/607
Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Firmansyah, M. I., Surahman, C., Lestari, W., Septiani, S., & Sudaryat, M. R. (2023). Pendidikan Agama Islam dan Pembangunan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Eksplorasi. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(1), 46–58. https://doi.org/10.32729/edukasi.v21i1.1378
Ihwani, S. S., @ Jima’ain, M. T. A., & Rashed, Z. N. (2023). The Role Of Teachers In Embedding Islamic Values And Ethics In Education: A Literature Review. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 8(3), 335–342. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v8i3.2466
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758–2771. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10090
Khusna, N. (2016). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan karakter anti korupsi. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 173–200. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i2.173-200
Maghfiroh, H., Halim, A., & Beddu, M. J. (2024). Peran guru Pendidikan Agama Islam melalui penguatan nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 20 Batam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1162–1175. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.713
Malik, S., & Jumani, N. B. (2022). Islamic Instruction as a Student-Centred Approach. In Supporting Modern Teaching in Islamic Schools (pp. 57–67). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003193432-6
Marwiah, S., Rupi’ah, R., Patimah, S., Afifatun, S., & Sajdah, M. (2024). Peran guru PAI sebagai model dalam membentuk karakter Islami siswa. Al Ghazali, 7(2), 97–105. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/737
Miles, M. B., & Huberman. (1984). Qualitative data analysis: A Sourcebook of new methods, California. Sage Publication.
Mirnawati, M., Oktavianty, N., Judrah, M., Safaruddin, S., & Akbar, A. (2023). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.106
Mubarok, G. A., & Muslihah, E. (2022). Peran guru Pendidikan Agama Islam membentuk sikap keberagaman dan moderasi beragama. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 115–130. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6616
Nadjih, D., Bowo, A. N. A., Salamudin, S., Audy, C., Harahap, R., Utami, S., Indrayani, R., Saleh, F., Yako, S., & Suhaimi, S. (2020). Peran guru dalam meningkatkan karakter religius murid di MTs Nurul Ummah. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 59–70. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v10i1.338
Purwanto, Y., Saepudin, A., & Sofaussamawati, S. (2023). The Development of Reflective Practices for Islamic Religious Education Teachers. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 107–122. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.24155
Putri, E., & Husmidar, D. (2021). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan karakter religius siswa sekolah dasar. Journal of Basic Education Research, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.37251/jber.v2i1.132
Rahman, A. A., Zulkifli, Z., Kamaruddin, I., Azhari, D. S., & Supriyadi, A. (2023). The Effect of Contextual Teaching Learning (CTL) Model on Students’ Achievement in Elementary School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 146–157. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.282
Rohana, E., Talip, Y. A., & Nurfadilah, R. (2023). Peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui kegiatan keagamaan. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6507–6512. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2782
Saputro, A. N. C., Aznam, N., & Partana, C. F. (2022). Integration Method of Religious Character Values in Chemistry Learning. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 7(1), 111. https://doi.org/10.20961/jkpk.v7i1.55601
Selvi, I. D., Siregar, M., & Mukhtar, Z. (2022). Habituation Method In Developing The Religiosity Dimensions for Young Children. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 199. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i2.17545
Sholeh, S., & Maryati, M. (2021). Peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 212–217. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/203
Syahrizal, S. (2022). The Concept of Ideal Pai Teachers According to Al-Ghazali and It’s Relevance to PAI Teachers in Contemporary Islamic Education. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 45(2), 283. https://doi.org/10.30821/miqot.v45i2.813
Wessels, K. R., Bakker, C., Wals, A. E. J., & Lengkeek, G. (2024). Rethinking pedagogy in the face of complex societal challenges: helpful perspectives for teaching the entangled student. Pedagogy, Culture & Society, 32(3), 759–776. https://doi.org/10.1080/14681366.2022.2108125
Wibowo, Y. R., Hidayat, N., & Salfadilah, F. (2024). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5601–5618. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11991
Yusuf, M., Awaludin, R., & Nursalim, E. (2022). Peran guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa. An-Nafis: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 1(1), 63–76. https://stitnafistabalong.ac.id/ejurnal/index.php/annafis/article/view/26
Aisah, S., & Usman, F. (2023). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi perilaku menyimpang pada peserta didik. Chalim Journal of Teaching and Learning, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31538/cjotl.v3i1.419
Akbar, Z. N., & Azani, M. Z. (2024). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2057–2068. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/670
Albu, S. C. (2022). The Teacher, A Model for The Transmission of Moral Values. In Values, models, education. Contemporary perspectives. Eikon Publishing House. https://doi.org/10.56177/epvl.ch37.2022.en
Amanullah, W. A. A., Wantini, W., & Diponegoro, A. M. (2023). Analisis role-model guru PAI dalam peningkatan pembelajaran Agama Islam dalam perspektif psikologi pendidikan Islam: Studi di SDN Bhayangkara Yogyakarta. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(1), 128–145. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i1.861
Arlia, G. (2018). Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa SMA Negeri 2 Sungai Keruh Musi Banyuasin. Muaddib: Islamic Education Journal, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.19109/muaddib.v1i1.3040
Asriyanto, M., Janah, F., & Setiawan, A. (2023). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai toleransi pada peserta didik di SMP Negeri 38 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(1), 31–44. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/6565
Briliantara, T. U., & Salim, H. (2024). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mendidik karakter disiplin peserta didik di SMP Negeri 3 Purwodadi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1935–1944. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/607
Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Firmansyah, M. I., Surahman, C., Lestari, W., Septiani, S., & Sudaryat, M. R. (2023). Pendidikan Agama Islam dan Pembangunan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Eksplorasi. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(1), 46–58. https://doi.org/10.32729/edukasi.v21i1.1378
Ihwani, S. S., @ Jima’ain, M. T. A., & Rashed, Z. N. (2023). The Role Of Teachers In Embedding Islamic Values And Ethics In Education: A Literature Review. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 8(3), 335–342. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v8i3.2466
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758–2771. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/10090
Khusna, N. (2016). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan karakter anti korupsi. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2), 173–200. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i2.173-200
Maghfiroh, H., Halim, A., & Beddu, M. J. (2024). Peran guru Pendidikan Agama Islam melalui penguatan nilai-nilai multikultural di SMP Negeri 20 Batam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1162–1175. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i3.713
Malik, S., & Jumani, N. B. (2022). Islamic Instruction as a Student-Centred Approach. In Supporting Modern Teaching in Islamic Schools (pp. 57–67). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003193432-6
Marwiah, S., Rupi’ah, R., Patimah, S., Afifatun, S., & Sajdah, M. (2024). Peran guru PAI sebagai model dalam membentuk karakter Islami siswa. Al Ghazali, 7(2), 97–105. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/737
Miles, M. B., & Huberman. (1984). Qualitative data analysis: A Sourcebook of new methods, California. Sage Publication.
Mirnawati, M., Oktavianty, N., Judrah, M., Safaruddin, S., & Akbar, A. (2023). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik. Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.106
Mubarok, G. A., & Muslihah, E. (2022). Peran guru Pendidikan Agama Islam membentuk sikap keberagaman dan moderasi beragama. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 115–130. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v9i1.6616
Nadjih, D., Bowo, A. N. A., Salamudin, S., Audy, C., Harahap, R., Utami, S., Indrayani, R., Saleh, F., Yako, S., & Suhaimi, S. (2020). Peran guru dalam meningkatkan karakter religius murid di MTs Nurul Ummah. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 59–70. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v10i1.338
Purwanto, Y., Saepudin, A., & Sofaussamawati, S. (2023). The Development of Reflective Practices for Islamic Religious Education Teachers. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 107–122. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.24155
Putri, E., & Husmidar, D. (2021). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan karakter religius siswa sekolah dasar. Journal of Basic Education Research, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.37251/jber.v2i1.132
Rahman, A. A., Zulkifli, Z., Kamaruddin, I., Azhari, D. S., & Supriyadi, A. (2023). The Effect of Contextual Teaching Learning (CTL) Model on Students’ Achievement in Elementary School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 146–157. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.282
Rohana, E., Talip, Y. A., & Nurfadilah, R. (2023). Peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui kegiatan keagamaan. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6507–6512. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2782
Saputro, A. N. C., Aznam, N., & Partana, C. F. (2022). Integration Method of Religious Character Values in Chemistry Learning. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 7(1), 111. https://doi.org/10.20961/jkpk.v7i1.55601
Selvi, I. D., Siregar, M., & Mukhtar, Z. (2022). Habituation Method In Developing The Religiosity Dimensions for Young Children. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2), 199. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i2.17545
Sholeh, S., & Maryati, M. (2021). Peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 212–217. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/203
Syahrizal, S. (2022). The Concept of Ideal Pai Teachers According to Al-Ghazali and It’s Relevance to PAI Teachers in Contemporary Islamic Education. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 45(2), 283. https://doi.org/10.30821/miqot.v45i2.813
Wessels, K. R., Bakker, C., Wals, A. E. J., & Lengkeek, G. (2024). Rethinking pedagogy in the face of complex societal challenges: helpful perspectives for teaching the entangled student. Pedagogy, Culture & Society, 32(3), 759–776. https://doi.org/10.1080/14681366.2022.2108125
Wibowo, Y. R., Hidayat, N., & Salfadilah, F. (2024). Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5601–5618. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11991
Yusuf, M., Awaludin, R., & Nursalim, E. (2022). Peran guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa. An-Nafis: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 1(1), 63–76. https://stitnafistabalong.ac.id/ejurnal/index.php/annafis/article/view/26
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.