PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK MENGGUNAKAN PIXTON PADA MATERI SEPERTI APAKAH BUDAYA DAERAHKU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28082Keywords:
Komik, Pixton, PengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kelayakan Media Komik Mengunakan Pixton Pada Materi Seperti Apakah Budaya Daerahku, terhadap siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 02. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dihasilkan divalidasi oleh ahli media, Bahasa, dan materi, kemudian diuji coba pada kelas V untuk mengevaluasi respon mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan respon siswa dan guru terhadap media komik ini sangat positif, dengan presentase penilaian 94% dari ahlli media 98%, dari ahli Bahasa 98%, dari ahli dosen materi 96% dan ahli matei guru 94%. Hal ini menunjukkan bahwa media komik menggunaka pixton untuk media ajar pada materi seperti apakah budaya daerahku yang telah dikembangkantelah efektif dan sangat layak digunakan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas dalam media komik di sekolah.Downloads
References
Ayu, D., & Payanti, K. D. (N.D.). Sandibasa I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I) “Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia” Peran Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Yang Inovatif.
Darniyanti, Y., Efriani, N., & Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan Media Komik Penerapan Sila Pancasila Ppkn Kelas 3 Di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan, 30(3), 455. Https://Doi.Org/10.32585/Jp.V30i3.1789
Dewi, F. R., & Setyaningtyas, E. W. (2022). Pengembangan Komik Digital Interaktif Untuk Memperkuat Kemampuan Membaca Pada Materi Pengukuran Panjang Dan Berat Kelas Ii Sd. Jurnal Basicedu, 6(5), 8652–8665. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3884
Firliani, N., & Utami, L. (2023). Desain Dan Uji Coba Media Komik Berbantuan Pixton Berbasis Android Pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia. Journal Of The Indonesian Society Of Integrated Chemistry, 15(1), 12–20. Https://Doi.Org/10.22437/Jisic.V15i1.19518
Flobamorata Et Al. (2023). ) 2023, Hal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. Https://E-Journal.Unmuhkupang.Ac.Id/Index.Php/Jpdf
Abdul Shomad, M., Rahayu, S., & Hidayatul Muta, M. (2022). Efektivitas Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika. In Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) (Vol. 2, Issue 2).
Aprilia, H. M., Aka, K. A., Putera Permana, E., Pgri Kediri, U. N., & Kediri, U. P. (N.D.). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Kelud Untuk Materi Ips Siswa Sekolah Dasar.
Ariska, E. N., Zahra, L. A., & Bellani, V. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Aplikasi Pixton Dan Flipping Book Pada Pembelajaran Pkn Sekolah Dasar. In Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier (Vol. 8, Issue 6).
Arsitawati, N. K. S. D., Suharta, I. G. P., & Juniantari, M. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Sma Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 9(2).
Aulia, J., Dian Permana, N. P., & Lidya Nova, T. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Smp. In Jnsi: Journal Of Natural Science And Integration (Vol. 3, Issue 1).
Ayu, D., & Payanti, K. D. (N.D.). Sandibasa I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I) “Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia” Peran Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Yang Inovatif.
Darniyanti, Y., Efriani, N., & Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan Media Komik Penerapan Sila Pancasila Ppkn Kelas 3 Di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan, 30(3), 455. Https://Doi.Org/10.32585/Jp.V30i3.1789
Dewi, F. R., & Setyaningtyas, E. W. (2022). Pengembangan Komik Digital Interaktif Untuk Memperkuat Kemampuan Membaca Pada Materi Pengukuran Panjang Dan Berat Kelas Ii Sd. Jurnal Basicedu, 6(5), 8652–8665. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3884
Firliani, N., & Utami, L. (2023). Desain Dan Uji Coba Media Komik Berbantuan Pixton Berbasis Android Pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia. Journal Of The Indonesian Society Of Integrated Chemistry, 15(1), 12–20. Https://Doi.Org/10.22437/Jisic.V15i1.19518
Flobamorata Et Al. (2023). ) 2023, Hal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. Https://E-Journal.Unmuhkupang.Ac.Id/Index.Php/Jpdf
Hermawan. (2019). Lendi Ike Hermawan - 150210101015_.
Hidayah. (2019). Pengembangan Media Komik Digital.
Ika Nurmala, A., Wiratsiwi, W., Srudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Pgri Ronggolawe, U. (2022). Pengembangan Komik Digital Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Aplikasi Web Pixton Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 269–273. Http://Prosiding.Unirow.Ac.Id/Index.Php/Snasppm
Khoiriyah. (2023). 56 |Shinta Nuriyah, Giati Anisah, Siti Khoiriyah : Pengembangan E-Modul Pendidikan Pengembangan E-Modul Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Menghindari Pergaulan Bebas Berbasis Karakter Pelajar Pancasila Akhlak Mulia Fase-E Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional Di Sman 1 Rengel Tuban. 8(2), 156–170.
Lestari, E. A., & Ratnawuri, T. (2020). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi Pada Materimanajemen Kelas X Sma Muhammadiyah Pekalongan (Vol. 8, Issue 1).
Lingga Ananta Kusuma Putra, G., Pasek Putra Adnyana Yasa, G., Studi Desain Komunikasi Visual, P., & Tinggi Desain Bali, S. (2019). Komik Sebagai Sarana Komunikasi Promosi Dalam Media Sosial. Jurnal Nawala Visual | 1 Jurnal Nawala Visual, 1(1). Https://Jurnal.Std-Bali.Ac.Id/Index.Php/Nawalavisual
Maharani, H. R., Ubaidah, N., Basir, M. A., Wijayanti, D., Kusmaryono, I., & Aminudin, M. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital Dengan Canva For Education. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 760–768. Https://Doi.Org/10.31849/Dinamisia.V6i3.10084
Nafala, N. M. (2022a). Implementasi Media Komik Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 3(1), 2022.
Nafala, N. M. (2022b). Implementasi Media Komik Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 3(1), 2022.
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. Https://Doi.Org/10.37058/Bioed.V6i2.3756
Ningrum, I. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pixton E-Komik Dalam Pembelajaran Teks Debat Untuk Siswa Kelas X Di Smk Bhinneka Tunggal Ika Kota Batu.
Novita, Et Al. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Komik Menggunakan Web Pixton Pada Tema 3 Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 681–687. Https://Doi.Org/10.55338/Saintek.V5i1.1738
Np Utomo. (2021). Penggunaan Media Pixton Dalam Pembelajaran Menulis Anekdot Siswa Kelas X Smkn 13 Jakarta.
Nugroho, S. (2023). Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Submateri Kisah Ramayana 43 Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Submateri Kisah Ramayana Digital Comics As Javanese Language Learning Media Subtopic: The Story Of Ramayana. 20(1), 43–60. Https://Doi.Org/10.25105/Dim.V20i1.5395
Nur Haqiqi, & Benny Angga Permadi. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iii Tema I Subtema I Di Mi The Noor. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia), 2(1), 164–172. Https://Doi.Org/10.32665/Jurmia.V2i1.274
Nyoman Suardana. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ipa Smp Kelas Vii Berbasis Komik Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 700–713. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V12i3.632
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media To Increase Learning Motivation In Elementary School. Anatolian Journal Of Education, 4(2), 53–60. Https://Doi.Org/10.29333/Aje.2019.426a
Putri, H. E., Syams, A., & Ahmad, E. (2023). Kreativitas Artistik Dalam Berkarya Komik Menggunakan Platform Pixton Di Smp Laboratorium Ydwp Unesa. In Jurnal Seni Rupa (Vol. 11, Issue 3). Http:/E/Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Va
Riwanto, M. A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) Dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pancar, 2(1). Http://Www.Education.Vic.Gov.Au
Rosyida, A. (2019). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 11, Issue 1).
Sabarudin, A. P. R., Utama, C., & Fithriyanasari, E. (2024). Kreaktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.