PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN WEBSITE GENIALLY PADA MATERI BERTUKAR ATAU MEMBAYAR
Pendekatan Research and Development (R&D) Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tonjong 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33368Keywords:
ADDIE, E-Modul, GeniallyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan efektivitas e-modul menggunakan website genially terhadap proses pembelajaran kelas IV di SDN Tonjong 03 pada semester genap, tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan Research and Development dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji validasi dilakukan pada ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi untuk mengembangkan dan menyempurnakan e-modul menggunakan website genially untuk peserta didik. Lembar angket respon peserta didik, soal pretest dan soal posttest disebarkan kepada peserta didik untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas e-modul menggunakan website genially pada pembelajaran. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa ahli media sebesar 98,6% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, ahli materi dosen sebesar 97,3% dengan kriteria sangat layak, dan ahli materi guru sebesar 96% dengan kriteria sangat layak. Hasil rata-rata angket respon peserta didik sebesar 91% dengan kriteria sangat layak dan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,76 dengan kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukkan menunjukkan bahwa pengembangan e-modul menggunakan website genially sangat layak dan menunjukkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran.Downloads
References
Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2022). E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 120. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42657
Arifah, M., Putri, N. D., Tanjung, S. A., Ananda, S., Pendidikan, S., Indonesia, S., Bahasa, J., Indonesia, S., Bahasa, F., & Medan, U. N. (2024). Pengaruh Media Digital terhadap Minat Baca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. 8(2016), 24396–24401.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD matematika berbasis problem based learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(2), 920-929.
Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 101–109. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.150
Febrina, F., Muliyati, D., & Sunaryo, S. (2023). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Genially Pada Materi Hukum Newton. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL, 11.
Hayati, R., Ersani, E., Darwiyanti, A., Akbar, S., Hadikusumo, R. A., Hamda, E. F., & Azizah, H. N. (2025). Pengembangan bahan ajar. Sada Kurnia Pustaka.
Hidayati Azkiya, M. Tamrin, Arlina Yuza, & Ade Sri Madona. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Khoirun Ni’mah, N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Genially Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Malang. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1731
Lastri, Y. (2023). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul dalam Proses Pembelajaran. 3, 1139–1146.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & R&D. ALFABETA.
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.