PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI BUMI BERUBAH BERBANTUAN APLIKASI PLOTAGON

Authors

  • Salsa Nanda Hidayat Universitas Pakuan
  • Resyi A. Gani Universitas Pakuan
  • M. Ginanjar Ganeswara Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28106

Keywords:

Animated media, Changing Earth, Plotagon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi berbantuan aplikasi Plotagon pada materi “Bumi Berubah” untuk peserta didik kelas V di Sekolah Dasar SDN Bantarkemang 2. Latar belakang penelitian ini adalah tingkat pemahaman peserta didik menurun dalam memahami materi pelajaran yang terdapat pada buku, minimnya pengembangan media pembelajaran di sekolah tersebut, dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang bervariasi. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research And Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengembangan berupa media animasi yang menampilkan skenario pembelajaran dengan karakter virtual dan narasi interaktif. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli bahasa, ahli materi (dosen), ahli materi (guru). Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan yang diberikan oleh para ahli pada tahap pertama sebesar 85% dan pada tahap kedua sebesar 97%. Serta uji coba pre-test dan post-test dilakukan kepada peserta didik kelas V yang berjumlah 31 peserta didik. Uji coba kepada peserta didik menunjukkan respon positif media animasi yang digunakan. Dengan demikian, media animasi berbantuan Plotagon dapat menjadi alternative pembelajaran yang menarik dan efektif dalam menyampaikan materi Bumi Berubah.    

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Resyi A. Gani, Universitas Pakuan

PGSD FKIP Universitas Pakuan

M. Ginanjar Ganeswara, Universitas Pakuan

PGSD FKIP Universitas Pakuan

References

Afifah, U. N. (2021). Media

Pembelajaran Maharah Istima’

Berbasis. SEMNASBAWA:

Seminar Nasional Bahasa Arab

Mahasiswa V, 181–188.

Artha Ashari, B., & Dwi Wicaksono, V.

(2023). Pengembangan Media

Video Animasi Melalui Aplikasi

Plotagon Untuk Materi Mematuhi

Peraturan Di Sekolah Dasar.

Jpgsd, 11(10), 2162–2171.

Aulia, I., Putra, A. F., Koeriyah, H. A.,

& Aeni, A. N. (2022).

Pengembangan Film Animasi

Berbasis Aplikasi Plotagon Untuk

Membentuk Karakter Jujur Siswa

Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 6(2), 9744–

9751.

https://jptam.org/index.php/jptam/a

rticle/view/3966/3302

Cahyani, I. R. (2020).

PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI

3D di SMA. Jurnal Teknologi

Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan

Pengembangan Pembelajaran,

5(1), 57.

https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.28

54

Emnina, E. 2021. Keperawatan

Bencana: CV Tohar Media

Hafifah, A., & Wicaksono, D. (2023).

Penerapan Media Animasi Dengan

MenggunkanWord Elektrik Browser

(Web) Animaker Dalam

Pembelajaran Tematik Pada Siswa

Kelas III. Innovative, 3(5), 6491–

6500.

Humaerah Zahra, S., Abdul Gani, R.,

& Santa. (2023). Pengembangan

Media Animasi Menggunakan

Storyset Pada Subtema Manusia

Dan Lingkungan. Didaktik : Jurnal

Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2),

5503–5510.

https://doi.org/10.36989/didaktik.v9

i2.1231Ifroh, R. H., & Permana, L. (2021).

Pelatihan Pembuatan Media

Audiovisual dalam Meningkatkan

Kemampuan Kreatif Digital

Remaja. Jurnal Pengabdian

Masyarakat, 6(4)(4), 2021.

https://doi.org/10.30653/002.20216

4.867

Indah Sundari. Hardiansyah Masya,

N. E. (2023). Pengembangan

Media Animasi dalam Memberikan

Pemahaman Karir Pada Peserta

Didik. Attractive: Innovative

Education Journal, 5(2), 33–55.

Ismail Adkhar Bastiar. (2018).

Pengembangan Media Video

Animasi. Institutio: Jurnal

Pendidikan Agama Kristen, IV(I), 1–

10. http://e-

journal.iaknambon.ac.id/index.php/

IT/article/view/141

Kariska, T. D. (2020). Pemanfaatan

Plotagon Untuk Meningkatkan

Keterampilan Berbicara Siswa

Pada Mata Pelajaran Bahasa

Inggris. 1–8.

Lestari, P. I., & I Nengah Suastika.

(2021). Pengembangan Media

Pembelajaran Audio Visual PPKn

Muatan Persatuan dalam

Keberagaman. Indonesian Journal

of Learning Education and

Counseling, 4(1), 34–42.

https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.

1023

Lutfiyah Kurtubi, T., Kurniasih MSi, S.,

& Handayani MPd, R. (2024).

Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Plotagon

Pada Tema 1 Subtema 3

Pembelajaran 1 Kelas VI. Jurnal

Ilmiah PGSD FKIP Universitas

Mandiri, 10(02), 116.

https://journal.stkipsubang.ac.id/ind

ex.php/didaktik/article/view/2797

Novita, L., & Novianty, A. (2020).

Pengaruh Penggunaan Media

Pembelajaran Audio Visual

Animasi Terhadap Hasil Belajar

Subtema Benda Tunggal Dan

Campuran. JTIEE (Journal of

Teaching in Elementary

Education), 3(1), 46.

https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1

127

Nur Amrin, R., Imantaka, A. H.,

Tatagelo Narince Yanengga, E., &

Cahyani Maulida, G. (2022). Status

Hukum Hak Atas Tanah Yang

Terkena Bencana Alam. Tunas

Agraria, 5(1), 65–76.

https://doi.org/10.31292/jta.v5i1.16

8

Nurhayati, H., & , Langlang

Handayani, N. W. (2020). Jurnal

basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal

Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

https://journal.uii.ac.id/ajie/article/vi

ew/971

Okpatrioka Okpatrioka. (2023).

Research And Development (R&D)

Penelitian Yang Inovatif Dalam

Pendidikan. Dharma Acariya

Nusantara: Jurnal Pendidikan,

Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.1

54

Pradana, M. F. A., Zahro, A., &

Widyartono, D. (2023). Desain

Pembelajaran Model ASSURE

dalam Pembelajaran Menulis

Kreatif Berbasis Media Plotagon di

Era Merdeka Belajar. Alinea: Jurnal

Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran,

12(1), 13.https://doi.org/10.35194/alinea.v12i

1.2852

Rizal Muhaimin, M., Pemberdayaan

Masyarakat Dalam Pengembangan

UMK Melalui Kegiatan Gebyar

UMK dan Jalan Sehat di Desa, etal,

Huda, N., Marzal, J., & Ramalisa, Y.

(2023). Pelatihan Pembuatan Film

Animasi Matematika 3d Dengan

Platagon Story Untuk

Meningkatkan Self-Efficacy. Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat

Nusantara (JPkMN), 4(4), 4294–

4301.

Roflin, E. 2021. Populasi, Sampel,

Variabel dalam Penelitian

Kedokteran : PT Nasya Expanding

Management

Sunarti. (2022). Penggunaan Model

Project Based Learning (Pjbl).

Global Journal Teaching

Professional, 03(01), 91–95.

Susanti, Y., Maulida, E. R., Shaddiq,

S., Islam, U., Uniska, K., Arsyad,

M., Banjari, A., Jl, A., Jl, B., Jend,

B., Basri, H., Utara, K. B.,

Banjarmasin, K., & Selatan, K.

(2024). Relevansi Tujuan Era

Society 5 . 0 terhadap Complex

Problem Solving , Social Skill ,

Marketing , dan Process Skill dalam

Perilaku Sumber Daya Manusia (

PSDM ) dan Pemasaran Digital (

PD ) di Bidang Pertambangan

mendorong transformasi digital di

perusahaan. 21(2).

Syavitri, S. (n.d.). Penggunaan Model

Project Based Learning

Berbantuan Media Animasi

Harimau Pemakan Durian

Terhadap Kemampuan Menulis

Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP.

15(1), 323–332.

https://doi.org/10.33087/dikdaya.v1

5i1.801

Tantina, T. M., & Yulia Eka Yanti.

(2022). Pengembangan Media

Video Animasi Berbasis Plotagon

Dan Kinemaster Dalam

Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD

STKIP Subang, 7(02), 606–618.

https://doi.org/10.36989/didaktik.v7

i02.189

Tsamara Dhida, T. (2021). The Effect

Of Animation Video earning Media

On Social Emotional Development

Of Early Children: A Literature

Review. Early Childhood Education

and Development Journal, 3(1),

47–58.

https://jurnal.uns.ac.id/ecedj

Tonge, I., Panigoro, M., ..., &

Meliyana. (2023). Pengaruh

Penggunaan Media Pembelajaran

Animasi terhadap Motivasi Belajar

dan Hasil Belajar Siswa. Journal on

..., 5, 582–592.

http://journal.universitaspahlawan.

ac.id/index.php/jote/article/view/20

036

Umar Aliansyah, M., Mubarok, H.,

Maimunah, S., & Hamdiah, M.

(2021). Pengaruh Media

Pembelajaran Berbasis Audio

Visual Terhadap Minat Belajar

Siswa Di Pesantren Ainul Hasan.

Jurnal Syntax Fusion, 1(07), 119–

124.

https://doi.org/10.54543/fusion.v1i0

7.28

Downloads

Published

2025-09-30