PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI BUMI BERUBAH BERBANTUAN APLIKASI PLOTAGON
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28106Keywords:
Animated media, Changing Earth, PlotagonAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi berbantuan aplikasi Plotagon pada materi “Bumi Berubah” untuk peserta didik kelas V di Sekolah Dasar SDN Bantarkemang 2. Latar belakang penelitian ini adalah tingkat pemahaman peserta didik menurun dalam memahami materi pelajaran yang terdapat pada buku, minimnya pengembangan media pembelajaran di sekolah tersebut, dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang bervariasi. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research And Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengembangan berupa media animasi yang menampilkan skenario pembelajaran dengan karakter virtual dan narasi interaktif. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli bahasa, ahli materi (dosen), ahli materi (guru). Hasil validasi menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan yang diberikan oleh para ahli pada tahap pertama sebesar 85% dan pada tahap kedua sebesar 97%. Serta uji coba pre-test dan post-test dilakukan kepada peserta didik kelas V yang berjumlah 31 peserta didik. Uji coba kepada peserta didik menunjukkan respon positif media animasi yang digunakan. Dengan demikian, media animasi berbantuan Plotagon dapat menjadi alternative pembelajaran yang menarik dan efektif dalam menyampaikan materi Bumi Berubah.Downloads
References
Afifah, U. N. (2021). Media
Pembelajaran Maharah Istima’
Berbasis. SEMNASBAWA:
Seminar Nasional Bahasa Arab
Mahasiswa V, 181–188.
Artha Ashari, B., & Dwi Wicaksono, V.
(2023). Pengembangan Media
Video Animasi Melalui Aplikasi
Plotagon Untuk Materi Mematuhi
Peraturan Di Sekolah Dasar.
Jpgsd, 11(10), 2162–2171.
Aulia, I., Putra, A. F., Koeriyah, H. A.,
& Aeni, A. N. (2022).
Pengembangan Film Animasi
Berbasis Aplikasi Plotagon Untuk
Membentuk Karakter Jujur Siswa
Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 6(2), 9744–
9751.
https://jptam.org/index.php/jptam/a
rticle/view/3966/3302
Cahyani, I. R. (2020).
PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI
3D di SMA. Jurnal Teknologi
Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan
Pengembangan Pembelajaran,
5(1), 57.
https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.28
54
Emnina, E. 2021. Keperawatan
Bencana: CV Tohar Media
Hafifah, A., & Wicaksono, D. (2023).
Penerapan Media Animasi Dengan
MenggunkanWord Elektrik Browser
(Web) Animaker Dalam
Pembelajaran Tematik Pada Siswa
Kelas III. Innovative, 3(5), 6491–
6500.
Humaerah Zahra, S., Abdul Gani, R.,
& Santa. (2023). Pengembangan
Media Animasi Menggunakan
Storyset Pada Subtema Manusia
Dan Lingkungan. Didaktik : Jurnal
Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2),
5503–5510.
https://doi.org/10.36989/didaktik.v9
i2.1231Ifroh, R. H., & Permana, L. (2021).
Pelatihan Pembuatan Media
Audiovisual dalam Meningkatkan
Kemampuan Kreatif Digital
Remaja. Jurnal Pengabdian
Masyarakat, 6(4)(4), 2021.
https://doi.org/10.30653/002.20216
4.867
Indah Sundari. Hardiansyah Masya,
N. E. (2023). Pengembangan
Media Animasi dalam Memberikan
Pemahaman Karir Pada Peserta
Didik. Attractive: Innovative
Education Journal, 5(2), 33–55.
Ismail Adkhar Bastiar. (2018).
Pengembangan Media Video
Animasi. Institutio: Jurnal
Pendidikan Agama Kristen, IV(I), 1–
10. http://e-
journal.iaknambon.ac.id/index.php/
IT/article/view/141
Kariska, T. D. (2020). Pemanfaatan
Plotagon Untuk Meningkatkan
Keterampilan Berbicara Siswa
Pada Mata Pelajaran Bahasa
Inggris. 1–8.
Lestari, P. I., & I Nengah Suastika.
(2021). Pengembangan Media
Pembelajaran Audio Visual PPKn
Muatan Persatuan dalam
Keberagaman. Indonesian Journal
of Learning Education and
Counseling, 4(1), 34–42.
https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.
1023
Lutfiyah Kurtubi, T., Kurniasih MSi, S.,
& Handayani MPd, R. (2024).
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Plotagon
Pada Tema 1 Subtema 3
Pembelajaran 1 Kelas VI. Jurnal
Ilmiah PGSD FKIP Universitas
Mandiri, 10(02), 116.
https://journal.stkipsubang.ac.id/ind
ex.php/didaktik/article/view/2797
Novita, L., & Novianty, A. (2020).
Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Audio Visual
Animasi Terhadap Hasil Belajar
Subtema Benda Tunggal Dan
Campuran. JTIEE (Journal of
Teaching in Elementary
Education), 3(1), 46.
https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1
127
Nur Amrin, R., Imantaka, A. H.,
Tatagelo Narince Yanengga, E., &
Cahyani Maulida, G. (2022). Status
Hukum Hak Atas Tanah Yang
Terkena Bencana Alam. Tunas
Agraria, 5(1), 65–76.
https://doi.org/10.31292/jta.v5i1.16
8
Nurhayati, H., & , Langlang
Handayani, N. W. (2020). Jurnal
basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal
Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
https://journal.uii.ac.id/ajie/article/vi
ew/971
Okpatrioka Okpatrioka. (2023).
Research And Development (R&D)
Penelitian Yang Inovatif Dalam
Pendidikan. Dharma Acariya
Nusantara: Jurnal Pendidikan,
Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.1
54
Pradana, M. F. A., Zahro, A., &
Widyartono, D. (2023). Desain
Pembelajaran Model ASSURE
dalam Pembelajaran Menulis
Kreatif Berbasis Media Plotagon di
Era Merdeka Belajar. Alinea: Jurnal
Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran,
12(1), 13.https://doi.org/10.35194/alinea.v12i
1.2852
Rizal Muhaimin, M., Pemberdayaan
Masyarakat Dalam Pengembangan
UMK Melalui Kegiatan Gebyar
UMK dan Jalan Sehat di Desa, etal,
Huda, N., Marzal, J., & Ramalisa, Y.
(2023). Pelatihan Pembuatan Film
Animasi Matematika 3d Dengan
Platagon Story Untuk
Meningkatkan Self-Efficacy. Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat
Nusantara (JPkMN), 4(4), 4294–
4301.
Roflin, E. 2021. Populasi, Sampel,
Variabel dalam Penelitian
Kedokteran : PT Nasya Expanding
Management
Sunarti. (2022). Penggunaan Model
Project Based Learning (Pjbl).
Global Journal Teaching
Professional, 03(01), 91–95.
Susanti, Y., Maulida, E. R., Shaddiq,
S., Islam, U., Uniska, K., Arsyad,
M., Banjari, A., Jl, A., Jl, B., Jend,
B., Basri, H., Utara, K. B.,
Banjarmasin, K., & Selatan, K.
(2024). Relevansi Tujuan Era
Society 5 . 0 terhadap Complex
Problem Solving , Social Skill ,
Marketing , dan Process Skill dalam
Perilaku Sumber Daya Manusia (
PSDM ) dan Pemasaran Digital (
PD ) di Bidang Pertambangan
mendorong transformasi digital di
perusahaan. 21(2).
Syavitri, S. (n.d.). Penggunaan Model
Project Based Learning
Berbantuan Media Animasi
Harimau Pemakan Durian
Terhadap Kemampuan Menulis
Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP.
15(1), 323–332.
https://doi.org/10.33087/dikdaya.v1
5i1.801
Tantina, T. M., & Yulia Eka Yanti.
(2022). Pengembangan Media
Video Animasi Berbasis Plotagon
Dan Kinemaster Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD
STKIP Subang, 7(02), 606–618.
https://doi.org/10.36989/didaktik.v7
i02.189
Tsamara Dhida, T. (2021). The Effect
Of Animation Video earning Media
On Social Emotional Development
Of Early Children: A Literature
Review. Early Childhood Education
and Development Journal, 3(1),
47–58.
https://jurnal.uns.ac.id/ecedj
Tonge, I., Panigoro, M., ..., &
Meliyana. (2023). Pengaruh
Penggunaan Media Pembelajaran
Animasi terhadap Motivasi Belajar
dan Hasil Belajar Siswa. Journal on
..., 5, 582–592.
http://journal.universitaspahlawan.
ac.id/index.php/jote/article/view/20
036
Umar Aliansyah, M., Mubarok, H.,
Maimunah, S., & Hamdiah, M.
(2021). Pengaruh Media
Pembelajaran Berbasis Audio
Visual Terhadap Minat Belajar
Siswa Di Pesantren Ainul Hasan.
Jurnal Syntax Fusion, 1(07), 119–
124.
https://doi.org/10.54543/fusion.v1i0
7.28
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.