PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC ( RME ) MATERI BILANGAN CACAH PADA KELAS III SDN 25 PULAU PUNJUNG
Keywords:
LKPD, Realistic Mathematic Education, Bilangan cacah, Model 4DAbstract
Pendidikan merupakan salah satu bidang kehidupan yang dapat terpengaruh oleh digitalisasi. Dalam penelitian penulis tertarik untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD, karena dalam LKPD ini peserta didik lebih bersemangat dalam mengerjakan soal dan lebih tertarik dengan mata Pelajaran matematika. Metode yang digunakan penulis dalam penelitan ini adalah (research and development) atau dikenal dengan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahapan yaitu, pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi, kepraktisan dan keefektifan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, soal, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi LKPD, analisis kepraktisan LKPD, dan analisis keefektifan LKPD. Hasil yang diperoleh validitas bahan ajar LKPD yang dinilai oleh 3 validator, menunjukkan media LKPD berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education memperoleh presentase sebesar 80,00% dengan kategori sangat valid, LKPD berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education layak digunakan dan sesuai dengan ketentuan SDN 25 Pulau Punjung. Hasil penilaian kepraktisan dari angket respon guru memperoleh nilai sebesar 95,71% dengan kategori sangat praktis, sedangkat hasil kepraktisan dari angket respon peserta didik sebesar 89,85% dengan kategori sangat praktis. Untuk hasil keefektifan yang dinilai dari pre-test dan pos-test peserta didik memperoleh rerata sebesar 78,06% dengan kategori efektif.Downloads
References
Anggraini, M., Wiwik, S. O., Ady, B., Dhara, atika putri, & Feby, K. (2024). Pengembangan Modul Elektronik ( E-Modul ) Ipas Berbasis Model Project Based Learning ( Pjbl ) Pada Kelas Iv Di Sdn 06 Sitiung Kabupaten Dharmasraya Kharisna Email : melisaanggrayni81@gmail.com PGSD , FKIP , Universitas Dharmas Indonesia , Sumatera Barat ,. 5(2), 881–889.
Angreni, D. (2021). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 16 Bengkulu. Jurnal Math-UMB.EDU, 8(3), 10–20. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.1981
Ariningtyas, A., Wardani, S., & Mahatmanti, W. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Jise, 6(2), 186–196. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.
Filahanasari, E. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Kontekstual Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Program Linear. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 331–337. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.968
Filahanasari, E., Asmaryadi, A. I., & Wiyana, D. P. (2024). Pengembangan Alat Peraga Papan Konversi Satuan Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas Iv Sdn 03 Koto Baru. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandir, 10(3), 285–301. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6
Filahanasari, E., Fitriyani, N. H., & Putri, S. R. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Bangun Datar di Kelas IV SDN 03 Tiumang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 133. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i2.118119
Filahanasari, E., Nopa Sari, L., & Anggrayni, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kosa Kata Di Kelas Iii Sdn 308 Rantau Suli. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2525–2529. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.992
Gustin, L., Sari, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 111–127. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.154
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
Istiqomah, E. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Sebagai Bahan Ajar Biologi. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.17
Kharisma, F. T. N. ., Zaini, M. ., & Kaspul, K. (2021). The development of electronic student worksheets on the concept of animalia to improve high school level critical thinking skills. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(3), 227–233. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bino
Kharisna, F., & Amini, R. (2023). Validity of Kvisoft Flipbook Maker-Assisted PjBL-Based E-books for Elementary Schools. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1809–1817. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4205
Kharisna, F., & Risda Amini. (2023). Project Based Learning Based E-book Kvisoft Flipbook Maker for Grade V Elementary School. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 24–33. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60867
Maretha, D. G. A., & Suparman, S. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Open Ended pada Materi Segi Empat Kelas VII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 349. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12681
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Maulani, J., Kelana, J. B., & Jayadinata, A. K. (2022). Pengembangan LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 106–123. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.