SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD BERBASIS PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Rahma Hidayanthi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Feby Kharisna Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sartika Rati Asmara Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Royhanun Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37494

Keywords:

STEAM, MATEMATIKA, ERA, SCOCIETY 5.0

Abstract

Pentingnya mengintegrasikan STEAM ke dalam sekolah dasar ditegaskan oleh semakin banyaknya penelitian yang menyoroti efek positif pada perkembangan kognitif, keterampilan sosial, dan prestasi akademik. Studi literatur ini bertujuan untuk menganalisis dan mensintesis temuan dari penelitian penelitian terdahulu mengenai pembelajaran STEAM pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar, dengan mempertimbangkan konteks pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur sistematis untuk mengkaji implementasi STEAM dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Sumber data terdiri dari penelitian-penelitian terdahulu yang terdiri dari 18 artikel ilmiah dan berkaitan dengan penelitian ini yang dipublikasikan pada 5 tahun terakhir. Hasil penbelitian ditemukan bahwa pengimplementasian pendekatan STEAM pada pembelajaran Matematika di sekolah dasar mempu memberikan kontribusi yang baik dan positif bagi siswa. Kontribusi yang dimaksud dapat terlihat dari keterlibatan aktif siswa saat pembelajaran dengan pendekatan STEAM yang mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam menyongsong Era Society 5.0. Hal ini sesuai dengan tuntutan belajar di era society 5.0 yang menuntut siswa untuk lebih kritis dan kreatif dengan tujuan agar siswa mampu bersaing dalam menghadapi tantangan Pendidikan di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abra Olivato, J., & Castro Silva, J. (2023). Interdisciplinary Teaching Practices in STEAM Education in Brazil. London Review of Education, 21(1), 1–13. https://doi.org/10.14324/LRE.21.1.38

Adlina, N. (2021). Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 dengan Pendekatan STEAM di Era Society 5.0. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(6), 167–186.

Ali Al-Mutawah, M., Alghazo, Y. M., Mahmoud, E. Y., Preji, N., & Thomas, R. (2021). Designing A Need-Based Integrated STEAM Framework for Primary Schools in Bahrain. International Journal of Education and Practice, 9(3), 602–612. https://doi.org/10.18488/journal.61.2021.93.602.612

Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415

Amelia Winda, & Marini Arita. (2022). Urgensi Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 8 No.(1), 291–298.

Angga, A. (2022). Penerapan Problem Based Learning Terintegrasi STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan 4C Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 281–294. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.541

Anggraini, S. W., & Herwin. (2025). Pengaruh STEAM-PjBL pada Pembelajaran Matematika terhadap Kepercayaan Diri Siswa SD. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1606–1614.

Chappell, K., & Hetherington, L. (2024). Creative Pedagogies in Digital STEAM Practices: Natural, Technological and Cultural Entanglements for Powerful Learning and Activism. In Cultural Studies of Science Education (Vol. 19, Issue 1). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11422-023-10200-4

Dalil Rohman, A., Maskur Musa, M., Nahdia Falkhah, A., & Fadia Annur, A. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Peningkatan Keterampilan Siswa MI/SD di Era Abad 21. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian, 03(01), 48–58.

Dewa Made Dwicky Putra Nugraha, Dewi Juniayanti, & Putu Tyas Indraswati. (2023). Pembelajaran STEAM Berbasis Studi Kasus Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Widya Accarya, 14(2), 164–171. https://doi.org/10.46650/wa.14.2.1465.164-171

Dewi, L. G. D. P., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Self-esteem Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi STEAM dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 335–345. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61744

Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725

Haddad, F., Tabieh, A. A. S., Alsmadi, M., Mansour, O., & Al-Shalabi, E. (2022). Metacognitive Awareness of STEAM Education among Primary Stage Teachers in Jordan. Journal of Turkish Science Education, 19(4), 1171–1191. https://doi.org/10.36681/tused.2022.168

Hayati, L., Azmi, S., Turmuzi, M., Junaidi, & Yulis Tyaningsih, R. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathemathics) dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Sd Gugus III Gunungsari, Lombok Barat. KREASI : Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 537–546. https://doi.org/10.58218/kreasi.v3i3.759

Keban, Yosep, B. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Jurnal Reinha, 13(1), 56–67.

Khoiriya, R. M., Oktarianto2, M. L., & Rohmiati, D. P. (2023). Penerapan Pendekatan STEAM dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD Anak Saleh Malang. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 7(2), 142–147.

Komang Novita Sri Rahayu. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.

Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272–279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243

Lupión-cobos, T., Crespo-gómez, J. I., & García-ruiz, C. (2023). Challenges and Opportunities to Teaching Inquiry Approaches By STE(A)M Projects in The Primary Education. Journal of Baltic Science Education, 22(3), 1–16.

Mariana, N., Julianto, J., Subrata, H., Balqis, K. I., Rachmadina, C. D., Anindya, V. H. K., & Sholihah, S. A. (2023). Desain Pembelajaran STEAM dengan Media Selasi untuk Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 240–250. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2809

Marta, R. (2025). Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) di Sekolah Dasar: Analisis Bibliometrik, Systematic Literarute Review. Journal of Integrated Knowledge and Innovation, 1(1), 12–24.

Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.

Nasikin, M., & Khojir. (2021). Rekonstruksi Pendidikan Islam Di Era Society 5.0. Cross-Border, 4(2), 706–722.

Novi Marliani, & Idha isnaningrum. (2025). Literasi Teknologi di Sekolah Dasar dalam Pendidikan STEAM. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 103–110. https://doi.org/10.58540/jipsi.v4i2.885

Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Pembelajaran STEAM di Sekolah Dasar : Implementasi dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187–197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388

Oktavian, R., Aldya, R. F., & Arifendi, R. F. (2023). Penggunaan AI untuk pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 143–150.

Prastiwi, A. B., & Yulianto, S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran PjBL Terintegrasi STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 2189–2202.

Putra, W. S., & Wanda, K. (2023). Transformasi Pendidikan: Merdeka Belajar Dalam BingkaiPendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(4), 810–817. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2191/1234

Rakhmawati, E., Riniati, W. O., Badriyah, B., & Irmawati, I. (2024). Implementasi Pembelajaran STEAM pada Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 127. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2930

Safitri, N. A. (2022). The STEAM approach to Improve 21st Century Skills in Elementary Schools. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 227. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65493

Saragi, S. M., & Napitupulu, S. (2023). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Proses Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Steam Pada Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 101931 Perbaungan. EduGlobal: Jurnal Penelitian …, 02(September), 546–555.

Sartika, D., Silviana, D., & Syarifuddin. (2023). Implementasi Pendekatan STEAM Berbasis PjBL Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 108–118.

Siregar, T. E., Santoso, A., & Indra Dewi, R. S. (2023). Analisis Penggunaan Bahan Ajar IPAS Berbasis STEAM Untuk Memfasilitasi Literasi Sains Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 258–267. https://doi.org/10.37150/perseda.v6i3.2410

Triprani, E. K., Sulistyani, N., & Aini, D. F. N. (2023). Implementasi Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL Terhadap Kemampuan Problem Solving pada Materi Energi Alternatif di SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 176–187. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p176-187

Wahyuni, N. A., & Rusnilawati, R. (2024). Pendekatan STEAM dengan Model Inquiry Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SD Kelas V. Fondatia Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 316–328. https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i2.4736

Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 152–161. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45370

Yuniarto, B., & Panji Yudha, R. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Jurnal Edueksos, X(2), 1–19.

Zaid, M., Razak, F., & Alam, A. A. F. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis STEAM dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 59–68. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.316

Downloads

Published

2025-12-25