PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR DI SD NEGERI 30 PALEMBANG
Keywords:
Kata Kunci: Problem Based Learning, Bangun DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Bangun Datar SD Negeri 30 Palembang, dan 2) Respon siswa dalam pembelajaran materi Bangun Datar setelah diterapkanya Model Problem Based Learning di SD Negeri 30 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre experimental design dengan desain penelitian one-shot case study. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di SD Negeri 30 Palembang dengan subjek penelitian kelas VB yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling , karena seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Rancangan perlakuan yang digunakan peneliti, yaitu tahap pemberian perlakuan dan tahap pemberian tes akhir (posttest).. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu teknik analisis data tes, teknik analisis angket respon, dan teknik analisis keefektifan penerapan model PBL. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar rata -rata sebesar 86,00 dan angket respon dengan nilai rata- rata 3,789, termasuk dalam kategori sangat Baik. Berdasarkan hasil belajar dan respon siswa tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar kelas VSD Negeri 30 Palembang yang termasuk dalam kategori baik.Downloads
References
Al-fikry, I., Yusrizal, & Syukri, M. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 06(01), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776
Amir, T. (2019). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Pranadamedia Grup.
Daryanto. (2020). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Penerbit Gava Media.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2021). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–164.
Heriyansah, Hartati, S. J., & Sagala, V. (2020). Pengaruh Penguasaan Konsep Bangun Datar Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Ilmiah : SoulMath, 5(1), 1–7.
Karina, N., & Yani, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Padamaterigeometri di SMP / MTs. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 4(2), 142–150
Khaerawati, Z., Pitri, N., Juliani, R., Katari, O. A., Sukaesi, & Bilal, A. I. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 423–431.
Kushendrawan, A., Miyono, N., & Sofiati, R. N. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas I SD Supriyadi 02 Semarang. Journal on Education, 06(04), 18672–18681.
Khosim, N. (2018). Model-model Pembelajaran. Suryamedia.
Krisnawati, R. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 37–49.
Muthma’innah. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar.
Ta’diban: Journal of Islamic Education, 2(2), 74–82.
http://repository.uinsu.ac.id/id/
eprint/16069%0Ahttp://repository.uinsu.ac.id/16069
Lisnawati, A., Asyahidah, N. L., Haifarashin, R., Sormin, Y., & Komariah. (2023). Implementasi Model PBL pada Materi Pengukuran Bangun Datar untuk Mengetahui Aktivitas dan Hasil Pembelajaran Siswa Kelas IV. Journal on Education, 06(01), 1963–1969.
Nisak, C. (2023). Penerapan Problem Based Learning Pada Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Songgokerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(3), 1667–1688.
Rahmawati, A., Sari, M. P., & Matsuri. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SDICT Al Abidin Surakarta. Social, Humanities, and Educational Studies, 7(3), 283–289.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Suprijono, A. (2019). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Syafri, F. S. (2019). Pembelajaran Matematika; Pendidikan Guru SD/M. Matematika.
Syari’ah, N., Sary, R. M., & Subekti, E. E. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ijes: Indonesian Journal of Elementary School, 4(24), 231–241. https://doi.org/10.26877/ijes.v4i1.17809
Suyadi. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.
Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Nur, N., Yolawati, Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). Teori Brunner Pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 327–349.
Upara, N. I. B., Pitri, H. N., Ismadi, Y., Ilham, P. A., & Afandi, A. (2024). Problematika Pelaksanaan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 4(3), 267–273.
Fitriyani, R., Wahyudi, W., & Chamdani, M. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Aplikasi Liveworksheet untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2023/2024. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3).
Rahayu, S., Kartinah, K., Arfiningsih, Y., & Artarina, F. P. (2024). Perbedaan Model Pembelajaran Konvensional dengan Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Mlatiharjo 01 Semarang. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(3), 456-465.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.