STRATEGI IMPLEMENTASI P5 BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK Di SMPN MALANG
Keywords:
P5, lokal wisdom, critical thinkingAbstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan terutama dalam meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Hal ini disebabkan karena, kurangnya pemahaman dan kesiapan pendidik dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis proyek dengan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana strategi implementasi P5 berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan berpikir kritis peserta didik, (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi strategi implementasi P5 berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan berpikir kritis peserta didik, (3) Bagaimana solusi agar strategi Implementasi P5 berbasis kearifan lokal berjalan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi implementasi P5 berbasis kearifan lokal berperan penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, Strategi ini dirancang secara terstruktur dengan memanfaatkan potensi lokal sebagai sumber belajar yang kontekstual, sehingga menciptakan pembelajaran yang relevan dengan kehidupan nyata peserta didik. Meskipun masih terdapat kendala dalam pelaksanaanya, secara keseluruhan strategi ini mampu memberikan dampak positif bagi guru dan mendorong keterlibatan aktif peserta didik, menumbuhkan rasa kepedulian terhadap budaya lokal, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran yang bermakna dan kontekstual. Kata kunci: P5, kearifan lokal, berpikir kritisDownloads
References
Allolinggi, L. R., Alexander, F., & Allo, M. R. (2024). Strategi Guru dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. 10(4), 4596–4605.
Arifin, A., Nurhasanah, E., & Jamaah, J. (2024). Analisis Peran Guru dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(2), 51–56. https://doi.org/10.54371/jekas.v1i2.427
Manuhutu, S. (2023). Sosialisasi Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Seram Bagian Barat (SBB). Jurnal Pengabdian Arumbai, 1(1), 42–47. https://doi.org/10.30598/arumbai.vol1.iss1.pp42-47
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.