Pengembangan media pembelajaran video animasi pada kemampuan simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Islam bakti 71 Sialang gaung

Authors

  • Desi Karmila Universitas Dharmas Indonesia
  • Agus Saputra, REPI Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28510

Keywords:

Development, Video, Animation, symbolic

Abstract

ABSTRAK REPI, 2025.” Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Kemampuan Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam 71 Sialang Gaung”. Skripsi. Dharmasraya: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Dharmas Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian anak di TK Islam 71 Sialang Gaung, menyebabkan anak kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan penunjang pembelajaran yang mampu membuat anak tertarik dan mengikuti proses belajar yaitu menggunakan media video animasi. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Anilyze (Analisis), design (perancangan), development (Pengembangan), Implementation (implementasi),Evaluation (evaluasi).Tahap analisis meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis media, analisis Karakteristik anak, dan analisis materi. Tahap perancangan dilakukan perancangan materi dan rancangan media, tahap pengembangan dilakukan uji validitas, tahap implentasi dilakukan uji praktikalitas, dan uji efektivitas yang dilakukan di TK Islam 71 Sialang Gaung Kabupaten Dharmasraya, dan tahap evaluasi dilakukan penilaian terhadap hasil tersebut. Hasil penilaian validasi media video animasi dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada uji validitas oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 91, 06% yang termasuk dalam kategori sangat valid, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 93,18% yang dikategorikan sangat praktis, sedangkan hasil efektifitas video animasi dengan skor rata-rata 85% dengan jumlah 10 orang anak dengan kategori 85 berdasarkan hasil persentase dapat dikategorikan hasil efektifitas sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi pada kemampuan simbolik dapat memudahkan anak memahami dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan media video animasi dengan kriteria sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.   Kata Kunci: Pengembangan, Video Animasi, simbolik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ningrum, A. M., Sayekti, T., &

Kusumawardani, R. (2021).

Pengaruh Media Video

Pembelajaran Terhadap

Motivasi Belajar Anak Usia 5-

6 Tahun. Golden Age: Jurnal

Ilmiah Tumbuh Kembang

Anak Usia Dini, 6(4), 179–

192.

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N.

(2021). Desain e-module

tematik berbasis kesantunan

berbahasa anak usia dini di

taman kanak-kanak. Jurnal

Obsesi: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 6(1), 137–

149.

Nur‘Aisyah, H. (2021). Identifikasi

Kemampuan Berpikir

Simbolik Anak Usia 5-6

Tahun. Jurnal Pendidikan

Anak, 10(1), 42–49.

Nursyamsiah, H., Cendana, T. P.,

Rohaeti, E. E., & Alam, S. K.

(2019). Kemampuan berpikir

simbolik anak usia dini pada

usia 5–6 tahun. CERIA

(Cerdas Energik Responsif

Inovatif Adaptif), 2(6), 286–

294.

Priyono, F. H., Rahmawati, A., &

Pudyaningtyas, A. R. (2021).

Kemampuan Berpikir

Simbolik Pada Anak Usia 5-6

Tahun. Kumara Cendekia,

9(4), 212–217.

Rahma, E. S., Budyawati, L. P. I., &

Atika, A. N. (2024).

Pengembangan Buku

Panduan Pemanfaatan

Downloads

Published

2025-06-23