Pengembangan media pembelajaran video animasi pada kemampuan simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Islam bakti 71 Sialang gaung
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28510Keywords:
Development, Video, Animation, symbolicAbstract
ABSTRAK REPI, 2025.” Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Kemampuan Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam 71 Sialang Gaung”. Skripsi. Dharmasraya: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Dharmas Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian anak di TK Islam 71 Sialang Gaung, menyebabkan anak kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan penunjang pembelajaran yang mampu membuat anak tertarik dan mengikuti proses belajar yaitu menggunakan media video animasi. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Anilyze (Analisis), design (perancangan), development (Pengembangan), Implementation (implementasi),Evaluation (evaluasi).Tahap analisis meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis media, analisis Karakteristik anak, dan analisis materi. Tahap perancangan dilakukan perancangan materi dan rancangan media, tahap pengembangan dilakukan uji validitas, tahap implentasi dilakukan uji praktikalitas, dan uji efektivitas yang dilakukan di TK Islam 71 Sialang Gaung Kabupaten Dharmasraya, dan tahap evaluasi dilakukan penilaian terhadap hasil tersebut. Hasil penilaian validasi media video animasi dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada uji validitas oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 91, 06% yang termasuk dalam kategori sangat valid, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 93,18% yang dikategorikan sangat praktis, sedangkan hasil efektifitas video animasi dengan skor rata-rata 85% dengan jumlah 10 orang anak dengan kategori 85 berdasarkan hasil persentase dapat dikategorikan hasil efektifitas sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi pada kemampuan simbolik dapat memudahkan anak memahami dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan media video animasi dengan kriteria sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Video Animasi, simbolikDownloads
References
Ningrum, A. M., Sayekti, T., &
Kusumawardani, R. (2021).
Pengaruh Media Video
Pembelajaran Terhadap
Motivasi Belajar Anak Usia 5-
6 Tahun. Golden Age: Jurnal
Ilmiah Tumbuh Kembang
Anak Usia Dini, 6(4), 179–
192.
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N.
(2021). Desain e-module
tematik berbasis kesantunan
berbahasa anak usia dini di
taman kanak-kanak. Jurnal
Obsesi: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 6(1), 137–
149.
Nur‘Aisyah, H. (2021). Identifikasi
Kemampuan Berpikir
Simbolik Anak Usia 5-6
Tahun. Jurnal Pendidikan
Anak, 10(1), 42–49.
Nursyamsiah, H., Cendana, T. P.,
Rohaeti, E. E., & Alam, S. K.
(2019). Kemampuan berpikir
simbolik anak usia dini pada
usia 5–6 tahun. CERIA
(Cerdas Energik Responsif
Inovatif Adaptif), 2(6), 286–
294.
Priyono, F. H., Rahmawati, A., &
Pudyaningtyas, A. R. (2021).
Kemampuan Berpikir
Simbolik Pada Anak Usia 5-6
Tahun. Kumara Cendekia,
9(4), 212–217.
Rahma, E. S., Budyawati, L. P. I., &
Atika, A. N. (2024).
Pengembangan Buku
Panduan Pemanfaatan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.