PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS II SD NEGERI 2 PASAR MADANG

Authors

  • Vira Lita Universitas Lampung
  • Ujang Efendi Universitas Lampung
  • Dayu Rika Perdana Universitas Lampung
  • Frida Destini Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28543

Keywords:

Learning outcomes, cooperative model picture and picture type cooperative model, Pancasila education

Abstract

The problem of this research was the low learning outcomes of Pancasila Education of students and educators have not applied the cooperative learning model of picture and picture type. The purpose of the study was to determine the effect of the cooperative model of picture and picture type on the learning outcomes of Pancasila Education class II SD Negeri 2 Pasar Madang. This type of research used quantitative research with quasi-experimental method and research design using non-equivalent. The population of this study were 327 students, the research sample was students of class II A SD Negeri 2 Pasar Madang with a total of 26 students. The research sampling technique used purposive sampling technique. Hypothesis testing technique using simple linear regression test obtained amounted to 833.595 > 4, 26. The result of the research is that there is an influence of the cooperative model of picture and picture type on the learning outcomes of Pancasila Education class II SD Negeri 2 Pasar Madang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisel, Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. 2022. Komponen-komponen Pembelajaran Dalam Kurikulum. 5, 298–304. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646

Aje, A. U. 2022. Model-model Pembelajaran Kooperatif. CV. Azka Pustaka, Jakarta.

Akhiruddin, Atmowardoyo, H., & Sujarwo. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa : CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Ali, I. 2021. Pembelajaran Kooperatif dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Amalia, L., Astuti, D. A., & Istiqomah, N. H. 2022. Model Pembelajaran Kooperatid. Cahya Ghani Recovery.

Amalia, L., Nurhidayah, R. I., Azizah, W. A., Widodo, S. T., & Amanah. 2016. Pengaruh Model PjBL Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Keberagaman Indonesia Peserta Didik Kelas IV Sd Negeri Tugurejo 02. 09, 1–23.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Arikunto, S. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Asri, Y. N., Alti, R. M., & Rizqi, V. 2022. Model-model Pembelajaran. Haura Utama, Sukabumi.

Baehaqi, M. L. 2020. Cooperative Learning Sebagai Strategi Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 157–174.

Bararah, I. 2022. Fungsi Metode terhadap Pencapaian Tujuan dalam Komponen Pembelajaran. 12(1), 143–159.

Bastian, A., & Reswita. 2022. Model dan Pendekatan Pembelajaran. Penerbit Adab.

Damanhuri, Hakim, Z. R., Andriana, E., & Trianingsih, A. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Iv SDN Kadujajar Malingping. Journal of Professional Elementary Education, 119–124.

Djamaluddin, A., & Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Cv Kaaffah Learning Center.

Ervinawati Nita. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG. Universitas Raden Intan Lampung.

Fadhilah, N. 2018. Media Kajian Kewarganegaraan. 15(2), 161–169.

Faizah. 2017. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, October. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Fentari, R., Ermawati, E., & Primawati, Y. 2023. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidik Melalui Model Kooperatif Tipe Picture and Picture. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3618–3626. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23001

Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. 2020. Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes Kebugaran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan.

Harianja, J. K., Subakti, H., Avicenna, A., & Rambe, S. A. 2022. Tipe-tipe Model Pembelajaran Kooperatif. Yayasan Kita Menulis, Medan.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Hayati, R., & Prima, W. 2023. Model Kooperatif Tipe Picture and Picture dalam Pembelajaran. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 505–512. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1046

Khalimatu, M., & Dewi, D. A. 2022. Penanaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. 6, 9940–9945.

Khuluqo, I. El, & Istaryatiningtias. 2023. Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. CV. Feniks Muda Sejahtera, Sulawesi Tenggara.

Kiranti, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. 2021. Pembelajaran Kewarganegaraan sebagai Upaya Peningkatan Moralitas Anak. 5, 7203–7209. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2114

Kurniasih dan berlin. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Pendidik. Kata Pena, Bandung.

Kurniawaty, J. B. 2022. Penerapan Nilai Pancasila dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. 1(2), 23–32.

Lokat, Y. T., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 126–135. https://doi.org/10.46918/bn.v5i2.1450

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. 2020. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. 2, 97–104.

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. 2020. Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. 2, 132–139.

Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., Sutriyani, & Khoirunnisa. 2021. Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Bunder III. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 377–386. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Marlina, L. 2021. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa. Sastra, Dan Pengajarannya, 2((1)), 66–74.

Marwah, H. S., Suchyadi, Y., & Mahajani, T. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya. 01(01), 42–45. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jssah.v1i01.3977

Mislawati. 2023. Peningkatan Partisipasi Aktif danHasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan melalui PenerapanMetode Pembelajaran Kooperatif. 11(1), 1–8.

Muncarno. 2017. Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. Hamim Group Metro.

Mustafa, P. S., & Roesdiyanto, R. 2021. Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–56. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255

Nasozaro, H. O. 2019. Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Warta Edisi, 24–33. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i62.504

Nasution, M. K. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 11(1), 9–16.

Natalia, L., & Saingo, Y. A. 2023. Pentingnya Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter dan Moral di Lembaga Pendidikan. 1(10), 266–272. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10109883

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Octavia, S. A. 2020. Model-model Pembelajaran. Budi Utama, Yogyakarta.

Octavia, S. A. 2020. Model-model Pembelajaran. Deepublish, Yogyakarta.

Padilla, A., Mey, W., Munthe, L., & Aditiya, W. 2024. Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pembelajaran PPKn Materi Gotong Royong Kelas IV Sekolah Dasar. 8(2), 1625–1633.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Prasetyo, E., Widyawati, S., Masykur, R., & Putra, F. G. 2018. Pengaruh pembelajaran picture and picture (PaP) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan spasial. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(1), 50–61. https://doi.org/10.20414/betajtm.v11i1.139

Pristiwanti, D., Badariah, B., Damayanti, E., & Hilaliya, T. 2022. Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur Siswa Sekolah Dasar. 4, 1351–1358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10219

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. 2022. Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. 4(2), 139–148.

Rade Mancauli Sipayung, Lisbet N. Sihombing, & Eva Pasaribu. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Di Kelas III SD Negeri 091316 Pematang Raya. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2), 74–78. https://doi.org/10.57251/tem.v1i2.609

Rahmat, P. S. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Scopindo Media Pustaka Surabaya.

Riyono, B. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Strategi Inkuiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal Unnesa, 4(2), 166–172. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jbe.v4i2.8907

Rosyidi, D. 2020. Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 27(1), 1–13. https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i1.79

Salsabila, H., Waldi, A., Putera, R. F., & S, F. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Education, Cultural and Politics, 5(2), 126–135. https://doi.org/10.46918/bn.v5i2.1450

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1250

Setiawati, S. M. 2018. Telaah Teoritis: Apa itu Belajar?. HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/helper.vol35.no1.a1458

Siahaan, A., Ruth, D., Saragih, C., Harefa, M. S., Perdana, S., & Amanda, A. 2024. Analisis Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas II SD. 8(6), 230–234.

Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., Silitonga, I. D. B., Siahaan, A. L., Manihuruk, L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. 2024. Model Pembelajaran Kooperatif. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Simarangkir, S., Angkouw, S. R., & J, V. D. K. 2022. No Title. Jurnal Teologi, 2.

Sudirman, I. N. 2021. Modul Karakteristik dan Kompetensi Anak Usia Dini. CV Nilacakra, Bali. 145 hlm.

Sugiarto, T. 2020. E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika. CV. Mine, Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabet, Bandung.

Sugiyono. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif R&D.

Suhandi, A. M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. 2022. Penerapan Perilaku Jujur Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. 13(1), 40–50. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.941

Sutniko, M. S. 2021. Strategi Pembelajaran. Adab, Jawa Barat.

Syahputra, A. 2022. Meningkatkan Kemampuan Guru Pertama Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran Dan Materi Pembelajaran Pada RPP Melalui Bimbingan. 3(2), 123–139. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/jesa.v3i2.536

Taufika, R., Amin, Z., & Alfiansyah, R. 2023. Implementasi Pembelajaran Pkn Dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda Good and Smart Citizenship Di Era Resolusi Industri 4.0. 10(September), 56–61.

Wahab, G., & Rosnawati. 2021. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Adanu Abimata.

Wahyudi, A., Penny Pahan, B., & Sulistyowati, R. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Kooperatif Picture And Picture: Suatu Studi di SDN 5 Menteng. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 109–123. https://doi.org/10.54170/harati.v3i2.228

Wahyudin, D. 2018. Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wahyuningsih, E. S. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish, Sleman.

Widiyastuti, Indry, Rondli, Ismaya, Aditia, & Erik. 2024. Pengaruh Penerapan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi “Norma” Kelas V Sekolah Dasar. 7(2), 140–148.

Yaumi, M. 2017. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta.

Lyznicki, J. M., Young, D. C., Riggs, J. A., Davis, R. M., & Dickinson, B. D. (2001). Obesity: Assessment and management in primary care. American Family Physician, 63(11), 2185-2196.

Downloads

Published

2025-07-23