PENGARUH MOTIVASI KERJA, PENGALAMAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL), DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK DI KABUPATEN JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28562Keywords:
Motivasi Kerja, Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL), Efikasi Diri, Kesiapan KerjaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi kerja, pengalaman praktik kerja lapangan (PKL), dan efikasi diri berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa SMK di Kabupaten Jombang. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi kasus. Penelitian ini melibatkan semua siswa SMK yang memiliki kompetensi keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Kabupaten Jombang, totalnya 603 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 240 siswa yang dipilih dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Metode analisis dilakukan dengan regresi linear berganda dengan berbantuan IBM SPSS Statistic 25. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja, pengalaman praktik kerja lapangan (PKL), dan efikasi diri berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa SMK di Kabupaten Jombang. Kata Kunci: Efikasi Diri, Kesiapan Kerja, Motivasi Kerja, Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL)Downloads
References
Abdul Wahab. 2021. “Sampling Dalam Penelitian Kesehatan.” Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Kesehatan 4(1):38–45. doi: 10.56467/jptk.v4i1.23.
Ameliyah, Riszki, and Fitriana Fitriana. 2022. “Pengaruh Praktik Kerja Industri, Penguasaan Soft Skill Dan Hasil Belajar Terhadap Kesiapan Kerja.” Journal of Comprehensive Science (JCS) 1(5):1087–99. doi: 10.59188/jcs.v1i5.140.
Andina, Tiga, Kumara Adji Kusuma, and Vera Firdaus. 2023. “Readiness Peran Efikasi Diri , Motivasi Kerja Dan Minat Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(6):7844–56.
Badan Pusat Statistik (BPS). 2024. “Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi Yang Ditamatkan.” Https://Www.Bps.Go.Id/Link Tabel Statis/View/Id/972 1.
BPS. 2020. “Badan Pusat Statistik Kota Mojokerto.” Badan Pusat Statistika Kota Mojokerto 2020.
Chotimah, Khusnul, and Nanik Suryani. 2020. “Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja.” Economic Education Analysis Journal 9(2):391–404. doi: 10.15294/eeaj.v9i2.32079.
Habibah, Ismi Farikhatul, and Renny Dwijayanti. 2023. “Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), Self-Efficacy Dan Internal Locus of Control Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMKN Mojoagung Jombang.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN 11(2):142–51.
Hidayat, Taufik. 2019. “Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian.” (August).
Hidayatulloh, M. Kris Yuan, Aftoni Aftoni, and Mohamad Alfin Hilmi. 2021. “Pengaruh Locus of Control Dan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Smk Ypm 8 Sidoarjo.” JoEMS (Journal of Education and Management Studies) 4(6):21–28. doi: 10.32764/joems.v4i6.574.
Indriani, Arie. 2024. “Pengaruh Praktik Kerja Lapangan , Self Efficacy Dan Kompetensi Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Pada Smk Niba Bogor.” Jurnal Mirai Management 9(2):294–315.
Kusnaeni, Yuyun, and S. Martono. 2016. “Pengaruh Persepsi Tentang Praktik Kerja Lapangan, Informasi Dunia Kerja Dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK.” Economic Education Analysis Journal 5(1):16–29.
Lailatus, Sa’adah, and Zawaidul Khair. 2024. “Hambatan Perencanaan Karir Mahasiswa Sebagai Generasi Milenial.” 2(4):397–403.
Mardiatmoko, Gun. 2020. “Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda ( Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda [ Canarium Indicum L .]) The Importance of the Classical Assumption Test in Multiple Linear Regression Analysis ( A Case Study Of .” 14(3):333–42.
Wibowo, Ari, and Bambang Satrio Nugroho. 2021. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Stmik Sinar Nusantara Surakarta.” Jurnal
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.