PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PROGRAM KEAHLIAN MANAJEMEN PERKANTORAN KELAS X DI SMK KETINTANG SURABAYA

Authors

  • Muhammad Tival Dzikrullah Universitas Negeri Surabaya
  • Fitriana Rahmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28988

Keywords:

Problem Based Learning, Critical Thinking Skills, Wordwall

Abstract

This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL)learning model assisted by wordwall media on the critical thinking skills of studentsin the office management expertise program class X of SMK Ketintang Surabaya.The research method used is an experiment with a quasi-experimental design. Thesample consisted of 35 students of class X MP 2 as the experimental class and 36students of class X MP 3 as the control class. The research data were obtained fromtest results, observations, and documentation. Data analysis techniques usednormality tests, homogeneity tests, hypothesis tests, and gain score tests. Theresults of the hypothesis test, it can be concluded that there is a significant influenceon the posttest results between the control group and the experimental groupbecause the Sig. (2-tailed) value is less than 0.05. Thus it can be concluded that H1is accepted, it can be stated that the Problem Based Learning learning modelassisted by wordwall media in the basics of office management and businessservices subjects affects students' critical thinking skills. Penelitian ini memiliki tujuan untuk megetahui pengaruh model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall terhadap kemampuanberpikir kritis siswa program keahlian manajemen perkantoran kelas X SMKKetintang Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengandesain quasi experimental desaign. Sampel terdiri dari 35 siswa kelas X MP 2sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X MP 3 sebagai kelas kontrol. Datapenelitian diperoleh dari hasil tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datamenggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji gain score. Hasiluji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan dalamhasil posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen karena nilai Sig.(2-tailed) kurang dari 0,05. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa H1 diterimamaka dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan media wordwall pada mata pelajaran dasar-dasar manajemenperkantoran dan layanan bisnis mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069

Fajriani Gina, Surani Dewi, F. A. (2023). Evaluasi Berbasis Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Generasi Z Kelas X di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 36–42.

Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2022). The Influence of Wordwall on Students Interests and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 211–223. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51691

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Jamaluddin, S. (2021). Inovasi Pemanfaatan WordWall Sebagai Media Game-Based Learning Untuk Bahasa Arab. Pharmacognosy Magazine, 75(17), 6.

Lestari Ayu, Rachmawati Widhi Diana, T. M. (2024). The Effect of Using Wordwall Game Application Media on Economics Subjects on Student Learning Outcomes at SMA Negeri 2 Sanga Desa. Journal of Information Systems and Management, 01(02), 1–5.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Prasetyo, A., Pujianto, D., & Yarmani, Y. (2022). Survei sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah menengah kejuruan negeri se-kecamatan Argamakmur. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 86–97. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v3i1.18617

Putri, R. M. R., Sudarno, & Octoria, D. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan Media Wordwall terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Surakarta Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Tahun Ajaran 2023/2024). Journal on Education, 06(02), 12302–12313.

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–259. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259

Rodzikin, K., & Mareta, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri 4 Palembang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 10(1), 13–25. https://doi.org/10.36706/jisd.v10i1.19129

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115

Salsabila, U. H., Insani, A. P. S., Mustofa, H., Kalma, M. E. Z., & Iqbal Wibisono, M. (2023). Teknologi Pendidikan: Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Pasca Pandemi. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 79–88. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6173

Savitri, Adelia., K. (2021). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring di Perguruan Tinggi. ISoLEC 2021 Proceedings: Digital Transformation in Language, Education, and Culture: Challenges and Opportunities, 5(1), 159–166.

Setyanto, A. E. (2013). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.24002/jik.v3i1.239

Skok, A., Šolinc, E., & Žabrl, P. (2024). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Research Findings and Recommendations. Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Research Findings and Recommendations., 19–30. https://doi.org/10.18690/um.feri.3.2024.2

Sukma, J. A. N., & Wulandari, S. S. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3514–3528. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7389

Downloads

Published

2025-07-01