ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF DAN NON-KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SDN MANGKUKUSUMAN 2 KOTA TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28688Keywords:
Asesmen Diagnostik 1, Asesmen Kognitif dan Non Kognitif 2, Pembelajaran Berdiferensiasi 3Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi asesmen diagnostik kognitif dan non-kognitif dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas VI SDN Mangkukusuman 2 Kota Tegal. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas VI. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman 1994, meliputi reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa cukup beragam, dengan rincian: 27% siswa berada pada kategori mahir, 35% cukup mahir, dan 38% memerlukan bimbingan. Sementara itu, asesmen non-kognitif menunjukkan variasi gaya belajar siswa, yaitu Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SDN Mangkukusuman 2 berjalan secara efektif karena guru telah memanfaatkan hasil asesmen diagnostik untuk merancang strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, baik dari aspek konten, proses, maupun produk pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa asesmen diagnostik merupakan langkah awal yang penting dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif dan berpusat pada peserta didik.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. Retrieved from https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487
Hasna, S., Azizah, M., & Espiyati. (2023). Implementasi Asesmen Diagnostik Non Kognitif Siswa Kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Kota Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 6037–6049. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1390
Hussen, T. N., Fatimah.S.N, Puspa, N. D., Willenda, Z., Megayani, W., Saliya, I. I., … Sofwan, M. (2024). Relevansi Dasar Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Kodrat Alam dan Kodrat Zaman) Terhadap Konsepsi Kurikulum Merdeka. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(5), 4999–5006. Retrieved from https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4463
Insani, F., Nuroso, H., & Purnamasari, I. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 4450–4458. Retrieved from https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1154
Jaki, G. R. N., Djegho, E. S. B., Minggu, A. N. E., Blegur, I. K. S., & Samo, D. D. (2024). Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. In Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. (pp. 374–382). ANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika. Retrieved 22 June 2025 from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/santika42428
Lisna, Pristiwaluyo, T., & Suhardi, I. (2024). Pengembangan Instrumen Asesmen Diagnostik Non Kognitif untuk Siswa SMP. Jurnal Basicedu, 8(5), 3529–3537. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8183
Nirwana, R., Hidayati, A. I., Ifcha, F. A., Azzahra S.F, & Jannah, A. S. R. (2024). Penilaian dalam Kurikulum Merdeka: Mendukung Pembelajaran Adaptif dan Berpusat pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI), 02(2), 213. Retrieved from https://doi.org/https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/1320
Prasetyo, M. T. (2020). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. In Ico Edusha 2020: Konferensi Internasional Pertama tentang Manajemen Pendidikan dan Ekonomi Syariah (pp. 134–138). Sidoarjo: STAI An Najah Indonesia Mandiri Sidoarjo. Retrieved from https://prosiding.stainim.ac.id
Rizaldi, I., Sukri, Amrullah, L. W. Z., & Makki, M. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 5 Cakranegara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(1), 2025. Retrieved from https://jurnalp4i.com/index.php/social
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development. Bandung: Alfabeta.
Watu, M. F., Sayangan, Y. V., Lawe, Y. U., & Laksana, D. N. L. (2024). Penerapan Asesmen Diagnostik Non Kognitif pada Aspek Kesiapan dan Gaya Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 615–625. Retrieved from https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.3660
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.