META-ANALISIS: PERAN PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ni Made Meidiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Bagus Sanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suastika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28793

Keywords:

Pancasila, cinta tanah air, karakter, ideologi, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, melalui pendekatan meta-analisis, peran Pancasila sebagai ideologi bangsa dalam membentuk karakter cinta tanah air pada siswa sekolah dasar, berdasarkan artikel-artikel ilmiah terakreditasi yang diterbitkan antara tahun 2020 hingga 2025. Analisis dilakukan terhadap 10 artikel dari berbagai jurnal nasional terakreditasi. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila secara konsisten diterapkan dalam pembelajaran melalui kurikulum, kegiatan kokurikuler, dan pembiasaan karakter di sekolah dasar. Nilai-nilai seperti persatuan, penghargaan terhadap keberagaman, dan penguatan semangat kebangsaan menjadi indikator utama dalam pengembangan karakter cinta tanah air. Artikel ini menyimpulkan bahwa penguatan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan dasar menjadi fondasi strategis dalam membangun karakter kebangsaan sejak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pendidikan Pancasila dan Kesadaran Bela Negara di SD. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1), 32–40

Irawati, D. et al. (2022). Profil Pelajar Pancasila dan Karakter Bangsa. Edumaspul, 6(1), 45–54

Fitriasari, D. et al. (2023). Karakter Siswa melalui Pendidikan Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 40–48

Handayani, E.R. (2024). Ideologi Pancasila dan Pembentukan Karakter Di Kalangan Gen-Z. Forum Ilmiah 21(1)

Nanda, F. A. (2025). Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 5(1), 15–23.

Putri, F.I.S. et al. (2022). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa. Indigenous Knowledge, 1 (2)

Putri, M.F.J.L. et al.(2023). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan 7(2)

Ramdani, F. et al. (2024). Pendidikan Pancasila dalam Membangun Kesadaran Nasional. Jurnal Nakula, 2(3), 20–29.

Downloads

Published

2025-10-29