IMPLEMENTASI MODEL NUMBERED UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28908Keywords:
Numbered Heads Together, Sikap Demokratis, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan sikap demokratis siswa kelas V di SDN Sukarame pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas 30 siswa dan seorang guru kelas. Indikator sikap demokratis yang diamati meliputi toleransi, partisipasi aktif, penghargaan terhadap pendapat, kerja sama, dan pengambilan keputusan bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT mampu meningkatkan sikap demokratis siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih aktif berdiskusi, saling menghargai, bekerja sama dalam kelompok, dan mampu membuat keputusan secara bersama. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, partisipatif, dan melibatkan semua siswa secara merata.Downloads
References
Ilham, M. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Demokratis dan Toleransi dalam Novel Karya Habiburahman El Shirazy dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 7(4), 1–10.
Ridha, K. A. (2023). Pembentukan karakter demokratis melalui metode numbered head together dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas ix mts negeri 22 jakarta timur.
Roni Rodiyana. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7.
Simaremare, J. A., Thesalonika, E., & Jigsaw, T. (2021). Jurnal Tunas Bangsa PENERAPAN METODE COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK PENDAHULUAN Indikator suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila tercapainya peningkatan kualitas pembelajaran tersebut . Meningkatnya kualitas pembelajaran dapat dilihat dari p. 8(2), 113–133.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.