STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN PAI KELAS VII B DI SMP NEGERI 2 GALESONG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

Penelitian Kualitatif Deskriptif

Authors

  • Siti Nur Azizah Syafar Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia
  • Ahmad Razaq Universitas Muslim Indonesia
  • Muh Azhar Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28910

Keywords:

Teacher Strategy, Islamic Religious Education, Discipline

Abstract

Disiplin adalah sesuatu yang dapat dilatih. Dengan melatih kedisiplinan diharapkan dapat meningkatkan pengendalian diri; kepribadian; atau ketertiban; dan efisiensi. Guru sebagai tenaga pengajar perlu dan penting memperhatikan strategi pembelajaran dalam membentuk kepribadian disiplin peserta didik. Disiplin selalu berkaitan dengan sikap, yaitu kesediaan beraksi atau bertindak terhadap objek atau keadaan tertentu. Disiplin merupakan hasil bentukan dari kegiatan sehari-hari yang dapat di kembangkan sebagai bentuk pertanggung jawaban atas aturan atau kesepakatan, termasuk pada diri seorang siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni: (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam pembentukan peserta didik pada proses pembelajaran PAI kelas VII B Galesong Selatan Kab. Takalar? (2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan peserta didik pada proses pembelajaran PAI kelas VII B Galesong Selatan Kab. Takalar? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun instrument kunci dalam metode penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dengan menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan menunjukkan bahwa; (1) Strategi guru PAI dalam pembentukan kedisiplinan dengan mererapkan beberapa metode di antaranya mentaati tata tertib sekolah, diskusi kelompok dan mengumpulkan tugas tepat waktu, serta menunjukkan sikap konsistensi di dalam kelas berpengaruh posistif pada terbentuknya kedisiplinan peserta didik. (2) Faktor pendukung dalam pembentukan kedisiplinan diantaranya disiplin Guru, Kesadaran Diri, dan Pertemuan dengan Orang Tua Murid. Sedangkan faktor penghambat pembentukan kedisiplinan peserta didik diantaranya adalah kurangnya kesadaran diri pada peserta didik yang dapat dilihat dengan adanya peserta didik yang masih melanggar sebuah peraturan dan juga malas dalam melaksanakan kedisiplinan, kurangnya perhatian sebagian wali murid atau orang tua dalam hal kedisiplinan, dan tidak jeranya peserta didik terhadap hukuman yang berlaku dan diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Bunyamin. 2021. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa SMK Negeri 1 Maros.” Jouran Of Gurutta Education Vol.2 No.1:27.

Cholid Nurbuko & Abu Achmadi. 2019. Metodologi Penelitian. Cet. VIII. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi Sadiah. 2015. Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

H. Muh. Azhar Burhanuddin. 2017. “Tata Kelola Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (PAKEM) Di SMA Pondik Pesantren IMMIM Makassar.” E-Jurnal UIN Alaudin Makassar I(20):35.

Hasan Basri. 2014. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Ratika Ningsih. 2019. “Group Investigation Desai Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Dalam Mata Kuliah Analisis Materi Pendidikan Agama Islam.” Makassar: Jurnal Ilmiah Islamic Resource Vol. 16 No:54.

Samuel Mamonto. dkk. 2023. Disisplin Dalam Pendidikan. Cet. I. Malang: Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Sugioyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

V. Wiratna Sujarweni. 2020. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2025-07-29

Most read articles by the same author(s)