PENGARUH PENDEKATAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI ROMANG RAPPOA

Authors

  • Wildaniyah Wildaniyah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Salwa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurfadilah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28964

Keywords:

Hands On Activity, Science Learning Outcomes

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui seberapa besar hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa yang diajar dengan pendekatan konvensional, 2)Mengetahui seberapa besar belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa yang diajar dengan pendekatan Hands On Activity, 3) Menganalisis pengaruh pendekatan Hands On Activity Terhadap Hasil Belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa yang terdiri dari kelas Va dan Kelas Vb yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) hasil belajar. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 42.70, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 42, yang menunjukkan bahwa pretest pada kedua kelompok tersebut berada pada kategori sangat rendah. Hasil posttest peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 79.60 dan berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas control diperoleh angka sebesar 64.40 dan berada pada kregori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan hands on activity tehadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan hands on activity berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas SD Negeri Romang Rappoa, dibuktikan dengan hasil uji-t yang dilakukan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00 yang lebih kecil dari 0.05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan hands on activity dan kelas kontrol tanpa menggunakan pendekatan hands on activity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nasrah, A. Muafiah. (2020). Analisis

Motivasi Belajar dan Hasil

Belajar Daring Mahapeserta

didik Pada Masa Pandemik

Covid-19. Jurnal Riset

Pendidikan Dasar, 03 (2),

Oktober 2020 (207-213).

https://index.pkp.sfu.ca/index.ph

p/record/view/2248869.

Nurfadilah, DP Putra, R Riskawati.

(2021). Pembelajaran Daring

Melalui Game Edukasi Quizizz

Terhadap Hasil Belajar Fisika.

Jurnal Pendidikan Fisika dan

Teknologi Vol 7 No 2.

Riyanto, Yatim. (2020). Paradigma

Baru Pembelajaran. Kencana

Prenada Jakarta: Media Group

Rufaida, S., M. Agus Martawijaya,

Abdul Haris. (2020). Penerapan

Strategi Mastery Learning

Dengan Menggunakan Media

Visual Dalam Pembelajaran

Fisika Peserta didik Kelas VIII

SMP Negeri 30 Makassar. JSPF

Vol.7 No.2.

http://download.garuda.kemdikb

ud.go.id/article

Samatowa, Usman. (2019).

Bagaimana Membelajarkan IPA

di Sekolah Dasar. Jakarta:

Departemen Pendidikan

Nasional

Samriani. (2014). Penerapan

Pendekatan Hands On Activity

Dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Peserta didik Pada Mata

Pelajaran IPA di Kelas IV SDN

No 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif

Tadulako Online Vol. 4 No. 2.

Sardiman. (2021). Interaksi dan

Motivasi Belajar Mengajar.

Depok: PT. Rajagrafindo

Persada.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Susanto, A. (2018). Teori belajar dan

pembelajaran di sekolah dasar.

Jakarta: Kencana.

Vivi Lenti Br Tarigan. (2023).

Pengaruh Pendekatan

pembelajaran Hands On Activity

Terhadap Aktivitas Belajar

Peserta didik Pada Mata

Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri

065015 Medan Tuntungan

Tahun Ajaran 2022/2023.

Prossiding Seminar Nasional

PSSH Volume 2.

Waras. (2019). Model-Pendekatan

pembelajaran Inovatif. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Zulkifli. (2019). Peningkatan Hasil

Belajar IPA Melalui Pendekatan

Hands On Activity Kelas V SD

Negeri 1 Watampone. Jurnal

Mimbar Sekolah Dasar, Volume

4 No 1, 67-78.

Downloads

Published

2025-08-06