PENGARUH PENDEKATAN HANDS ON ACTIVITY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI ROMANG RAPPOA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28964Keywords:
Hands On Activity, Science Learning OutcomesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui seberapa besar hasil belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa yang diajar dengan pendekatan konvensional, 2)Mengetahui seberapa besar belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa yang diajar dengan pendekatan Hands On Activity, 3) Menganalisis pengaruh pendekatan Hands On Activity Terhadap Hasil Belajar IPA peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa yang terdiri dari kelas Va dan Kelas Vb yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) hasil belajar. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 42.70, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 42, yang menunjukkan bahwa pretest pada kedua kelompok tersebut berada pada kategori sangat rendah. Hasil posttest peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 79.60 dan berada pada kategori tinggi, sedangkan pada kelas control diperoleh angka sebesar 64.40 dan berada pada kregori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan hands on activity tehadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Romang Rappoa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan hands on activity berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas SD Negeri Romang Rappoa, dibuktikan dengan hasil uji-t yang dilakukan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.00 yang lebih kecil dari 0.05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan hands on activity dan kelas kontrol tanpa menggunakan pendekatan hands on activity.Downloads
References
Nasrah, A. Muafiah. (2020). Analisis
Motivasi Belajar dan Hasil
Belajar Daring Mahapeserta
didik Pada Masa Pandemik
Covid-19. Jurnal Riset
Pendidikan Dasar, 03 (2),
Oktober 2020 (207-213).
https://index.pkp.sfu.ca/index.ph
p/record/view/2248869.
Nurfadilah, DP Putra, R Riskawati.
(2021). Pembelajaran Daring
Melalui Game Edukasi Quizizz
Terhadap Hasil Belajar Fisika.
Jurnal Pendidikan Fisika dan
Teknologi Vol 7 No 2.
Riyanto, Yatim. (2020). Paradigma
Baru Pembelajaran. Kencana
Prenada Jakarta: Media Group
Rufaida, S., M. Agus Martawijaya,
Abdul Haris. (2020). Penerapan
Strategi Mastery Learning
Dengan Menggunakan Media
Visual Dalam Pembelajaran
Fisika Peserta didik Kelas VIII
SMP Negeri 30 Makassar. JSPF
Vol.7 No.2.
http://download.garuda.kemdikb
ud.go.id/article
Samatowa, Usman. (2019).
Bagaimana Membelajarkan IPA
di Sekolah Dasar. Jakarta:
Departemen Pendidikan
Nasional
Samriani. (2014). Penerapan
Pendekatan Hands On Activity
Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Peserta didik Pada Mata
Pelajaran IPA di Kelas IV SDN
No 3 Siwalempu. Jurnal Kreatif
Tadulako Online Vol. 4 No. 2.
Sardiman. (2021). Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar.
Depok: PT. Rajagrafindo
Persada.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Susanto, A. (2018). Teori belajar dan
pembelajaran di sekolah dasar.
Jakarta: Kencana.
Vivi Lenti Br Tarigan. (2023).
Pengaruh Pendekatan
pembelajaran Hands On Activity
Terhadap Aktivitas Belajar
Peserta didik Pada Mata
Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri
065015 Medan Tuntungan
Tahun Ajaran 2022/2023.
Prossiding Seminar Nasional
PSSH Volume 2.
Waras. (2019). Model-Pendekatan
pembelajaran Inovatif. Malang:
Universitas Negeri Malang.
Zulkifli. (2019). Peningkatan Hasil
Belajar IPA Melalui Pendekatan
Hands On Activity Kelas V SD
Negeri 1 Watampone. Jurnal
Mimbar Sekolah Dasar, Volume
4 No 1, 67-78.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.