HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SD NEGERI 2 BULUKERTO 2024/2025

Authors

  • Beta Esthi Wulandari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Dwi Anggraeni Siwi Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29285

Keywords:

Pola Asuh, Disiplin Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar siswa kelas 3 SD Negeri 2 Bulukerto tahun ajaran 2024/2025. Permasalahan yang diangkat berangkat dari adanya keragaman hasil belajar siswa yang diduga dipengaruhi oleh pola pengasuhan di rumah dan tingkat kedisiplinan belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian sebanyak 17 siswa diperoleh melalui teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa (t = 2,956; sig = 0,010), serta antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar siswa (t = 3,763; sig = 0,002). Uji simultan juga menunjukkan bahwa kedua variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (F = 37,526; sig = 0,000). Temuan ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua dan tingkat kedisiplinan belajar siswa merupakan dua faktor yang saling mendukung dalam meningkatkan capaian akademik siswa di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar, 2(April 2020), 36–42.

Hurlock, E. B. (1998). Chlid Development Jilid II, (Terjemahan.). Jakarta: Erlangga.

Komaling, O. N. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 929–937.

Lubis, H. Z., Sani, F., Tanjung, D. R., Sari, N., Harahap, S. A., Ningsih, S. P., Barus, A., et al. (2022). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap perilaku sosial anak desa payalombang kecamatan tebing tinggi. Indonesian Journal of Educational Review, 1(1), 18–27.

Narayani, K. D., Jayanta, I. N. L., Putu, L., & Mahadewi, P. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Daring Terhadap Hasil Belajar di Masa New Normal. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(3), 393–401.

Nurrilah, & Fajriani, E. (2024). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Usia 5-6 Tahun. Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, 1(01), 17–25.

Saya, S. (2020). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. EDUCOUNS, 01(01).

Sugiarto, A. P., & Yulianti, P. D. (2019). FAKTOR KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK LARENDA BREBES. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238.

Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492.

Tyaningtyas, K. E., Budiman, M. A., & Tika, A. (2021). ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SIDOREJO KENDAL. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 2(3), 438–451.

Wela Sri Ardian, Rum Rosyid, T. S. A. (2021). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X IPA 1 MAN 1 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(6), 1–9.

Wicaksono, D., & Iswan, I. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah di kelas IV sekolah dasar muhammadiyah 12 pamulang, banten. HOLISTIKA, (September 2018), 111–126.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4, 41–47.

Downloads

Published

2025-10-29

Most read articles by the same author(s)