PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG

Authors

  • Nurhikmah Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Saman Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Faisal Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran lingkungan keluarga, kemandirian belajar serta hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng yang berjumlah 297 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 170 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis statistik deskriptif, Analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran lingkungan keluarga, kemandirian belajar serta hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, (2) terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, (3) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, (4) pengaruh lingkungan keluarga dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. secara bersama-sama terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H.Freeman and Company.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Hasbullah. (2021). Dasar - dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers

Machmud, A., & Ramadhan, I. A. (2022). High School Learning Outcomes: The Effect of Self-Regulation, Resilience, and Family Environment. Cakrawala Pendidikan, 41(3), 764–778. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.43562

Wahyuni, D. S. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Cara Belajar, Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Guru dan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Man di Kota Palu. Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 21–42. https://doi.org/10.334

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Teras.

Fitri Rahayu. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 8–17.

Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif TPSq. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645

Huda, M. N., Mulyono, Rosyida, I., & Wardono. (2019). Kemandirian belajar berbantuan mobile learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 798–806. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29270

Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Musawa, 7(2), 265–282.

Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Derivat, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i1.63

Ismail, H. F. (2018). Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial. Prenadamedia Group.

77/mp.v4i2.286

Downloads

Published

2025-07-25