PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG
Keywords:
Lingkungan Keluarga, Kemandirian Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran lingkungan keluarga, kemandirian belajar serta hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng yang berjumlah 297 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 170 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis statistik deskriptif, Analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran lingkungan keluarga, kemandirian belajar serta hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, (2) terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, (3) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, (4) pengaruh lingkungan keluarga dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. secara bersama-sama terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN sekecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.Downloads
References
Bandura. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H.Freeman and Company.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Hasbullah. (2021). Dasar - dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
Machmud, A., & Ramadhan, I. A. (2022). High School Learning Outcomes: The Effect of Self-Regulation, Resilience, and Family Environment. Cakrawala Pendidikan, 41(3), 764–778. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.43562
Wahyuni, D. S. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Cara Belajar, Persepsi Siswa Tentang Komunikasi Guru dan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Man di Kota Palu. Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 21–42. https://doi.org/10.334
Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Teras.
Fitri Rahayu. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 8–17.
Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif TPSq. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645
Huda, M. N., Mulyono, Rosyida, I., & Wardono. (2019). Kemandirian belajar berbantuan mobile learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 798–806. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29270
Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Musawa, 7(2), 265–282.
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Derivat, 8(1), 41–47. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i1.63
Ismail, H. F. (2018). Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial. Prenadamedia Group.
77/mp.v4i2.286
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.