Analisis ANALISIS VALIDITAS LKPD HUMAN DIGESTIVE SYSTEM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • siti afinatul khunafa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29354

Keywords:

LKPD Project Based Learning Kolaborasi IPAS Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) yang dikembangkan untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan fokus pada tahap validasi oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Subjek penelitian adalah LKPD yang divalidasi menggunakan instrumen angket skala Likert. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD memperoleh skor 89,3% dari ahli materi, 97,1% dari ahli media, dan 88,8% dari ahli bahasa, yang semuanya termasuk dalam kategori "sangat valid". Temuan ini menunjukkan bahwa LKPD layak digunakan sebagai bahan ajar yang sesuai untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kolaboratif berbasis proyek di kelas V sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatmawati, A. (2016).

Pengembangan Metode 59351-

ID-pengembangan-perangkat-

pembelajaran-kons. EduSains, 4,

94–103.

Hairida, H., Marmawi, M., & Kartono,

K. (2021). An Analysis of

Students’ Collaboration Skills in

Science Learning Through

Inquiry and Project-Based

Learning. Tadris: Jurnal

Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah,

6(2), 219–228.

https://doi.org/10.24042/tadris.v6i

2.9320

Halim, A. (2022). Signifikansi dan

Implementasi Berpikir Kritis

dalam Proyeksi Dunia

Pendidikan Abad 21 Pada

Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal

Indonesia Sosial Teknologi, 3(3),

404–418.

https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.

385

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M.

(2019). Pengembangan Lembar

Kerja Peserta Didik (LKPD)

Berbasis Higher Order Thinking

Skill (HOTS). Indonesian Journal

of Science and Mathematics

Education, 2(2), 168–176.

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i

2.4342

Sri Nopiani, Iin Purnamasari, Duwi

Nuvitalia, & Andiani Rahmawati.

(2023). Kompetensi 4C Dalam

Implementasi Kurikulum

Merdeka Di Kelas Iv Sekolah

Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah

PGSD STKIP Subang, 9(2),

5202–5210.

https://doi.org/10.36989/didaktik.

v9i2.1136

Sulistyaningrum, H., Winata, A., &

Cacik, S. (2019). Analisis

Kemampuan Awal 21st Century

Skills Mahasiswa Calon Guru

SD. Jurnal Pendidikan Dasar

Nusantara, 5(1), 142.

https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1

.13068

Sunbanu, H. F., Mawardi, M., &

Wardani, K. W. (2019).

Peningkatan Keterampilan

Kolaborasi Siswa Menggunakan

Model Pembelajaran Kooperatif

Two Stay Two Stray Di Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4),

2037–2041.

https://doi.org/10.31004/basicedu

.v3i4.260

Triwoelandari, R., Rahmawati, P., &

Gustiawati, S. (2023).

Pengembangan Modul

Pembelajaran IPA Berbasis

Project Based Learning untuk

Meningkatkan Kemampuan

Kolaborasi Siswa Kelas 5 SD/MI.

Attadib: Journal of Elementary

Education, 7(3).

Hamdani, D., & Suryani, S. (2021).

Pengembangan LKPD Berbasis

ADDIE dalam Meningkatkan

Keterampilan Abad 21. Jurnal

Pendidikan dan Teknologi

Pembelajaran, 11(2), 122–130.

Downloads

Published

2025-08-05

Most read articles by the same author(s)