Analisis ANALISIS VALIDITAS LKPD HUMAN DIGESTIVE SYSTEM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29354Keywords:
LKPD Project Based Learning Kolaborasi IPAS Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) yang dikembangkan untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan fokus pada tahap validasi oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Subjek penelitian adalah LKPD yang divalidasi menggunakan instrumen angket skala Likert. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD memperoleh skor 89,3% dari ahli materi, 97,1% dari ahli media, dan 88,8% dari ahli bahasa, yang semuanya termasuk dalam kategori "sangat valid". Temuan ini menunjukkan bahwa LKPD layak digunakan sebagai bahan ajar yang sesuai untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kolaboratif berbasis proyek di kelas V sekolah dasar.Downloads
References
Fatmawati, A. (2016).
Pengembangan Metode 59351-
ID-pengembangan-perangkat-
pembelajaran-kons. EduSains, 4,
94–103.
Hairida, H., Marmawi, M., & Kartono,
K. (2021). An Analysis of
Students’ Collaboration Skills in
Science Learning Through
Inquiry and Project-Based
Learning. Tadris: Jurnal
Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah,
6(2), 219–228.
https://doi.org/10.24042/tadris.v6i
2.9320
Halim, A. (2022). Signifikansi dan
Implementasi Berpikir Kritis
dalam Proyeksi Dunia
Pendidikan Abad 21 Pada
Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal
Indonesia Sosial Teknologi, 3(3),
404–418.
https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.
385
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M.
(2019). Pengembangan Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
Berbasis Higher Order Thinking
Skill (HOTS). Indonesian Journal
of Science and Mathematics
Education, 2(2), 168–176.
https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i
2.4342
Sri Nopiani, Iin Purnamasari, Duwi
Nuvitalia, & Andiani Rahmawati.
(2023). Kompetensi 4C Dalam
Implementasi Kurikulum
Merdeka Di Kelas Iv Sekolah
Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah
PGSD STKIP Subang, 9(2),
5202–5210.
https://doi.org/10.36989/didaktik.
v9i2.1136
Sulistyaningrum, H., Winata, A., &
Cacik, S. (2019). Analisis
Kemampuan Awal 21st Century
Skills Mahasiswa Calon Guru
SD. Jurnal Pendidikan Dasar
Nusantara, 5(1), 142.
https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1
.13068
Sunbanu, H. F., Mawardi, M., &
Wardani, K. W. (2019).
Peningkatan Keterampilan
Kolaborasi Siswa Menggunakan
Model Pembelajaran Kooperatif
Two Stay Two Stray Di Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4),
2037–2041.
https://doi.org/10.31004/basicedu
.v3i4.260
Triwoelandari, R., Rahmawati, P., &
Gustiawati, S. (2023).
Pengembangan Modul
Pembelajaran IPA Berbasis
Project Based Learning untuk
Meningkatkan Kemampuan
Kolaborasi Siswa Kelas 5 SD/MI.
Attadib: Journal of Elementary
Education, 7(3).
Hamdani, D., & Suryani, S. (2021).
Pengembangan LKPD Berbasis
ADDIE dalam Meningkatkan
Keterampilan Abad 21. Jurnal
Pendidikan dan Teknologi
Pembelajaran, 11(2), 122–130.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.