MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL KREASI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29736Keywords:
critical thinking skills, learning outcomes, KREASI modelAbstract
This study aims to improve students' critical thinking skills in learning Indonesian which are still low due to the lack of group discussions, one-way methods, and assignments that are not yet HOTS-based. The solution applied is the KREASI model, a combination of Problem Based Learning, Think Pair Share, and Mind Mapping. Through Classroom Action Research in elemntay school, the results showed that critical thinking skills, and learning outcomes had increased significantly. The KREASI learning model has proven to be effective in creating active, collaborative and meaningful learning that can improve learning outcomes.Downloads
References
Aditya, Bayu Rima, Fathul Jannah, dan Irawan Nurhas. 2022. “Problem-based numbered head together learning approach for a successful teaching strategy.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 8(1):84–94. doi: 10.22219/jinop.v8i1.20861.
Anita, Fathul Jannah, dan Tika Puspita Widya Rini. 2023. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Ips Menggunakan Model Pena.” DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1(2):64–75.
Azizah, Anisatul. 2021. “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3(1):15–22. doi: 10.36835/au.v3i1.475.
Dakhi, A., S. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Indonesia 8(2):468–70.
Inayah, Raudatun, dan Herti Prastitasari. 2023. “Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model Papeda pada kelas V SD.” JTTP: Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1):139–47.
Mulyani, Sri, Fathul Jannah, dan Raihanah Sari. 2023. “DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar.” 01(02):52–63.
Noorhapizah, Noorhapizah, Diani Ayu Pratiwi, Yogi Prihandoko, Helwa Ayuni, dan Tri Ayu Saptaning Putri. 2022. “Development of HOTs-Based Teaching Materials, Multiple Intelligence, and Baimbai Wood Characters for River-Bank Elementary Schools.” Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 4(1):94–107. doi: 10.51276/edu.v4i1.302.
Noorhapizah, Akhmad Riandy, dan Diani Ayu Pratiwi. 2021. “Developing Blended Learning Model GAWI SABUMI Based on Ecopedagogy Study to Improve Ecological Awareness and Industrial Revolution 4.0 Skills on Elementary Education.” Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) 525(Icsse 2020):104–19. doi: 10.2991/assehr.k.210222.015.
Prastitasari, Herti, Indra Haryanto Ali, Fathul Jannah, dan Yogi Prihandoko. 2025. “Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Problem-Based-Learning Elementaru School Mathematics Education.” 01(01):13–22.
Prastitasari, Herti, Jumadi Jumadi, Erma Marhamah, Ratna Purwanti, dan Raihanah Sari. 2022. “Penggunaan Model Pairing Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Geometri.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(1):276. doi: 10.33578/jpfkip.v11i1.8763.
Pratiwi, Diani Ayu, dan Veniy Octavia. 2021. “Implementasi Model Taman Ceria Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.” ITQAN: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan 12(2):245–60. doi: 10.47766/itqan.v12i2.280.
Radiansyah, Radiansyah, Raihanah Sari, Fathul Jannah, Wahyu Kurniawan, Siti Aisyah, dan Sapnah Wardini. 2022. “Implementation of Hots Learning Based on Environmental Approach in Elementary School in Banjar District.” Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an 9(1):1–6. doi: 10.31316/esjurnal.v9i1.1855.
Sari, Norazmi, Ahmad Suriansyah, Arta Mulya Budi Harsono, Diani Ayu Pratiwi, dan Yogi Prihandoko. 2024. “Pembiasaan Program Budaya 5S Di Sekolah Pada Siswa SDN Kuin Selatan 3.” 02(02):720–26.
Suriansyah, Ahmad, Akhmad Riandy Agusta, dan Ananda Setiawan. 2021. “Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah.” Journal of Economics Education and Entrepreneurship 2(2):90. doi: 10.20527/jee.v2i2.4102.
Susianita, Resta Ayu, dan Lilia Pasca Riani. 2024. “Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi.” Prosiding Pendidikan Ekonomi 1–12.
Tumangger, Wana Rukmana. 2023. “Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Renderforest untuk Mendorong Kemampuan Berpikir Kritis.” Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren 2(02):70–79. doi: 10.56741/pbpsp.v2i02.338.
Wahyuni, Indah, dan Arifin. 2022. “Efektifitas Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd/Mi.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 6(2):351. doi: 10.30651/else.v6i2.12363.
Wangid, Muhammad Nur, Ali Mustadi, Amir Syamsudin, Woro Sri Hastuti, Ningrum Perwitasari, Ady Ferdian Noor, Eni Kusrini, dan Yogi Prihandoko. 2020. “Pelatihan Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS Bagi Guru SD Se-Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta.” PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 5(4):394–403. doi: 10.33084/pengabdianmu.v5i4.1197.
Yandi, Andri, Anya Nathania Kani Putri, dan Yumna Syaza Kani Putri. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review).” Jurnal Pendidikan Siber Nusantara 1(1):13–24. doi: 10.38035/jpsn.v1i1.14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.