PENGEMBANGAN MEDIA MISTERI BOX BERBASIS MODEL PjBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS TENTANG DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI RUNGGU

Authors

  • rosmanita STKIP Taman Siswa Bima
  • Muhamad Ajwar STKIP Taman siswa bima
  • Suriya Ningsyih STKIP Taman siswa bima

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.29943

Keywords:

Kreativitas, Pembelajaran, Media Misteri Box.

Abstract

Penelitian ini mengkaji permasalahan kurangnya tingkat kreativitas siswa kelas 4 di SD Negeri Runggu dalam mempelajari materi tentang daur hidup hewan. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan media Mystery Box berbasis model Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran sains. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D) mengikuti model Borg & Gall yang meliputi tahap-tahap seperti identifikasi masalah, desain produk, validasi, dan uji efektivitas. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diangkat adalah: (1) Kelayakan media Mystery Box berbasis model PjBL telah terbukti baik, dengan hasil validasi dari para ahli yang menunjukkan bahwa media ini sesuai dengan standar pembelajaran. (2) Kepraktisan media dalam konteks penggunaannya di kelas sangat memuaskan, karena siswa dapat dengan mudah berinteraksi dan terlibat aktif dalam pembelajaran. (3) Keefektifan media dalam meningkatkan kreativitas siswa juga menunjukkan hasil yang signifikan, dengan peningkatan keterlibatan dan hasil belajar yang jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan kelayakan dan kepraktisan media agar dapat digunakan secara efektif dalam proses pembelajaran, serta untuk menilai dampaknya terhadap kreativitas siswa, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Mystery Box secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa media interaktif seperti Mystery Box dapat menumbuhkan lingkungan belajar yang dinamis, yang pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi keseluruhan pengalaman pendidikan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jurnal :

Aini, S. D. U., Kholifah, S. R., Nurmaya, E. P. F., Hervanda, F. S., & Argadinata, H. (2024). Kepemimpinan Digital: Upaya Peningkatan Inovasi Pendidik di Sekolah Dasar. Proceedings Series of Educational Studies, (6), 83-94.

Alzoubi, A. M., al Qudah, M. F., Albursan, I. S., Bakhiet, S. F., & Abduljabbar, A. S. (2016). The Effect of Creative Thinking Education in Enhancing Creative Self-Efficacy and Cognitive Motivation. Journal of Educational and Developmental Psychology, 6(1), 117. https://doi.org/10.5539/jedp.v6n1p117

Amelia, D., Rahmadani, F. J., Septiyani, M. N. R., Abdurrafi, M. A., & Maulidah, N. (2025). Peran Media Pembelajaran Etnomatematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SD: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 875-883.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Ibnurhus, G. A., & Septa, S. (2025). Pengembangan Aplikasi “Talkbuddy” Berbasis Android sebagai Media Komunikasi dan Pembelajaran untuk Mahasiswa Tunarungu. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 8(1), 366-380.

Indiriani, F., Fatimah, S., Rezza Septian, M., & Studi Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi, P. (2024). PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK PENGELOLAAN STRES AKADEMIK SISWA KELAS XI SMAN 1 SAGULING. 7(2). https://doi.org/10.22460/fokusv7i2

Judijanto, L., Muhammadiah, M. U., Utami, R. N., Suhirman, L., Laka, L., Boari, Y., ... & Yunus, M. (2024). Metodologi Research and Development: Teori dan Penerapan Metodologi RnD. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Khaerudin, K. (2022). Model Pembelajaran Terbalik Berbasis Masalah (PTBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 90. https://doi.org/10.17977/um039v7i12022p090

Kuswara, N. A. V., Malawi, I., & Sugito, S. (2023). Meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS materi mata uang melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN Bulugledeg. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4393-4405.

Muntari, M. (2019). Pengaruh Integrasi Pembelajaran Kooperatif Model Learning Together dan Pemecahan Masalah Kimia dengan Teknik Pathway terhadap Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Kimia. Belantika Pendidikan, 2(1), 29-36.

Muzakkir, M. (2021). Pendekatan Etnopedagogi Sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(2), 28-39.

Paramitha, P. E. P. (2023). Upaya Pengembangan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Dengan Memanfaatkan Media Lingkungan. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 479-492.

Putri, D. D., Usman, H., & Wardhani, P. A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE BERBASIS CTL PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4269-4281.

Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185-193.

Sausan, A. N., Safitri, A. G., Jannah, M., Haqi, Y. M., & Mashudi, E. A. (2023). Model Pendidikan Discovery Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Asghar: Journal of Children Studies, 3(2), 133-144.

Susanti, W., Kom, S., & Kom, M. (2021). Pembelajaran aktif, Kreatif, dan Mandiri pada mata kuliah algoritma dan pemrograman. Samudra Biru.

Yudianto, U. C. B., Defauzi, P., Ahadiat, J. R., Ardiana, L., Kusmiyati, N., Nurlaela, N., ... & Habibi, M. F. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Overview Implementasi Pembiayaan Pendidikan Di Satuan-Satuan Pendidikan.

Buku:

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Gradini, E., & Umar, A. (2025). Pemberdayaan Guru Matematika: Strategi, Kolaborasi & Panduan Praktis Pembelajaran Berbasis HOTS. Elfarazy Media Publisher.

Gusti Ayu Tri Agustiana, I., Agustini, R., Ibrahim, M., & Nyoman Tika, I. (2020). Musimin Ibrahim dan I Nyoman Tika (2020). In Journal of Education Technology (Vol. 4, Issue 2).

Downloads

Published

2025-07-21