PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA KELAS IV SDN INPRES OI TUI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32013Keywords:
educational games,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif terhadap perkembangan sosial emosional siswa kelas IV SDN Inpres Oi Tui. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi experiment. Subjek penelitian ini berjumlah 36 siswa yang diberikan perlakuan melalui pembelajaran berbasis permainan edukatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket sosial emosional yang meliputi empat indikator utama: empati, kerja sama, komunikasi, dan pengendalian emosi. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase perkembangan sosial emosional siswa mencapai 84,15%, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Indikator kerja sama menunjukkan skor tertinggi sebesar 86,1%, disusul komunikasi 84,7%, empati 83,6%, dan pengendalian emosi 82,2%. Temuan ini membuktikan bahwa permainan edukatif memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan sosial dan emosional siswa, serta dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar. Dengan demikian, penggunaan permainan edukatif sangat direkomendasikan sebagai pendekatan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dalam mendukung penguatan profil pelajar Pancasila. Kata Kunci: permainan edukatif, sosial emosional, siswa sekolah dasarDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Amalia, R. (2023). Pengembangan indikator kecerdasan sosial emosional siswa sekolah dasar. Bandung: UPI Press.
Astuti, S. (2022). Pengaruh permainan edukatif terhadap peningkatan kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 101–110.
Brabender, V., & Fallon, A. (2009). Group development in practice: Guidance for clinicians and researchers on stages and dynamics of change. Washington, DC: American Psychological Association.
CASEL. (2021). Framework for social and emotional learning. Retrieved from https://casel.org
Durlak, J. A., Domitrovich, C. E., Weissberg, R. P., & Gullotta, T. P. (2020). Handbook of social and emotional learning: Research and practice. New York: Guilford Press.
Fariq, A. (2011). Perkembangan dunia konseling memasuki era globalisasi. Pedagogi, II(Nov), 255–262.
Fitriana, L., Nurhalimah, & Pranata, Y. (2023). Permainan kolaboratif dalam membentuk empati siswa SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 7(1), 55–66.
Goleman, D. (2000). Emotional intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Handayani, S., & Wulandari, R. (2022). Strategi pembelajaran sosial emosional untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 87–94.
Hendriana, H., Fitriani, D., & Nugraha, A. (2023). Pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis proyek pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 42(1), 55–67.
Hodgson, J., & Weil, J. (2011). Commentary: How individual and profession-level factors influence discussion of disability in prenatal genetic counseling. Journal of Genetic Counseling, 20(1), 1–3.
Jones, S. M., & Kahn, J. (2018). The evidence base for how we learn: Supporting students’ social, emotional, and academic development. Consensus Statements of Evidence, 1–25.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi kurikulum merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Lyznicki, J. M., Young, D. C., Riggs, J. A., Davis, R. M., & Dickinson, B. D. (2001). Obesity: Assessment and management in primary care. American Family Physician, 63(11), 2185–2196.
Mulyadi, D. (2022). Permainan sebagai media pembelajaran karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 321–332.
Nurhidayah, N., & Ramdhani, D. (2023). Model pembelajaran tematik berbasis karakter dengan pendekatan permainan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 33–45.
Piaget, J. (2020). The psychology of intelligence. London: Routledge.
Rahayu, A., & Suryana, D. (2020). Pengaruh permainan peran terhadap empati siswa kelas 3 SD. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(2), 122–129.
Supriyadi, A., Yuliana, D., & Hasanah, N. (2021). Permainan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 11(1), 45–56.
Vygotsky, L. S. (2019). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Weissberg, R. P., Durlak, J. A., Domitrovich, C. E., & Gullotta, T. P. (2021). Social and emotional learning: Past, present, and future. Social and Emotional Learning Research Review, 10(1), 1–15.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.