KELAYAKAN E-BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MATERI MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30766Keywords:
E-book, Contextual Teaching Learning, Keliling dan Luas Bangun DatarAbstract
Materi matematika mengenai keliling dan luas bangun datar masih menjadi salah satu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan E-Book Berbasis Model Contextual Teaching Learning Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menerapkan pendekatan metode R&D (Penelitian dan pengembangan), yang dikembangkan oleh model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Unit analisis penelitian ini adalah E-Book Berbasis Model Contextual Teaching Learning. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-Book berada pada kategori Sangat Layak dengan skor rata-rata 4,67 dari ahli media dan 4,65 dari ahli materi. Dengan demikian, E-Book berbasis CTL ini dinyatakan layak, cukup praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi keliling dan luas bangun datar.Downloads
References
Amaliyah, R., Hakim, L., & Lefudin, L. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.33369/jkf.6.1.65-74
Astuti, R. D., & Ulfah, A. (2020). Pengembangan Media Permainan Lajur Bata (Langkah Juara Bangun Datar) Untuk Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas 4 Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 1–12.
Bakoban, F. I., Syahputra, E., & Khairani, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMPN 13 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2962–2971. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1645
Figueiredo, M., & Bidarra, J. (2015). The Development of a Gamebook for Education. Procedia Computer Science, 67(Dsai), 322–331. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.09.276
Haryani, E., Cobern, W. W., Pleasants, B. A. S., & Fetters, M. K. (2021). Analysis of teachers’ resources for integrating the skills of creativity and innovation, critical thinking and problem solving, collaboration, and communication in science classroom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 92–102. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.27084
Kashefi, H., Ismail, Z., Yusof, Y. M., & Rahman, R. A. (2012). Supporting Students Mathematical Thinking in the Learning of Two-Variable Functions Through Blended Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(2004), 3689–3695. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.128
Letchumanan, M., & Tarmizi, R. A. (2010). Utilization of e-book among university mathematics students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 580–587. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.080
Magdalena, I. (2022). Teori dan Praktik Evaluasi Pembelajaran SD (H. Wijayanti (ed.); Pertama). CV Jejak, anggota IKAPI.
Şanal, S. Ö., Güler, T. D., & Torun, F. (2025). Supporting learning difficulties with e-book based on context-based teaching strategy from social perspective: design and experience. In Education and Information Technologies (Issue 0123456789). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-024-13314-6
Sung, H. Y., Hwang, G. J., Chen, C. Y., & Liu, W. X. (2022). A contextual learning model for developing interactive e-books to improve students’ performances of learning the Analects of Confucius. Interactive Learning Environments, 30(3), 470–483. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1664595
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.