KELAYAKAN E-BOOK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MATERI MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Windi cahyanti Universitas Negeri Semarang
  • Yeri Sutopo Universitas Negeri Semarang
  • Agus Yuwono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30766

Keywords:

E-book, Contextual Teaching Learning, Keliling dan Luas Bangun Datar

Abstract

Materi matematika mengenai keliling dan luas bangun datar masih menjadi salah satu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan E-Book Berbasis Model Contextual Teaching Learning Pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar siswa kelas V Sekolah Dasar.  Penelitian ini menerapkan pendekatan metode R&D (Penelitian dan pengembangan), yang dikembangkan oleh model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Unit analisis penelitian ini adalah E-Book Berbasis Model Contextual Teaching Learning. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-Book berada pada kategori Sangat Layak dengan skor rata-rata 4,67 dari ahli media dan 4,65 dari ahli materi. Dengan demikian, E-Book berbasis CTL ini dinyatakan layak, cukup praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi keliling dan luas bangun datar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, R., Hakim, L., & Lefudin, L. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.33369/jkf.6.1.65-74

Astuti, R. D., & Ulfah, A. (2020). Pengembangan Media Permainan Lajur Bata (Langkah Juara Bangun Datar) Untuk Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas 4 Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 1–12.

Bakoban, F. I., Syahputra, E., & Khairani, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMPN 13 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2962–2971. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1645

Figueiredo, M., & Bidarra, J. (2015). The Development of a Gamebook for Education. Procedia Computer Science, 67(Dsai), 322–331. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.09.276

Haryani, E., Cobern, W. W., Pleasants, B. A. S., & Fetters, M. K. (2021). Analysis of teachers’ resources for integrating the skills of creativity and innovation, critical thinking and problem solving, collaboration, and communication in science classroom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 92–102. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.27084

Kashefi, H., Ismail, Z., Yusof, Y. M., & Rahman, R. A. (2012). Supporting Students Mathematical Thinking in the Learning of Two-Variable Functions Through Blended Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(2004), 3689–3695. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.128

Letchumanan, M., & Tarmizi, R. A. (2010). Utilization of e-book among university mathematics students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 580–587. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.080

Magdalena, I. (2022). Teori dan Praktik Evaluasi Pembelajaran SD (H. Wijayanti (ed.); Pertama). CV Jejak, anggota IKAPI.

Şanal, S. Ö., Güler, T. D., & Torun, F. (2025). Supporting learning difficulties with e-book based on context-based teaching strategy from social perspective: design and experience. In Education and Information Technologies (Issue 0123456789). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-024-13314-6

Sung, H. Y., Hwang, G. J., Chen, C. Y., & Liu, W. X. (2022). A contextual learning model for developing interactive e-books to improve students’ performances of learning the Analects of Confucius. Interactive Learning Environments, 30(3), 470–483. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1664595

Downloads

Published

2025-07-22

Most read articles by the same author(s)