PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERANGKAT DESA DAN KELURAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KATOLIK SANTA MARIA KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30899Keywords:
Media, Scrapbook, Problem Based LearningAbstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Perangkat Desa Dan Kelurahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Katolik Santa Maria. Penelitian ini menggunakan menggunakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, developmen, implementation, evaluation. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Santa Maria. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Hasil uji kevalidan memperoleh skor validator media sebesar 87,5% dan perolehan nilai oleh validator materi sebesar 90% sehingga media dinyatakan sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan memperoleh skor angket respon guru sebesar 85% dan respon siswa pada skala terbatas sebesar 82% dan skala luas sebesar 84% sehingga media dinyatakan sangat praktis. (3) Hasil uji keefektifan memperoleh skor pretest sebesar 71%, dan skor postest sebesar 93% sehingga diperoleh skor N-Gain 86,78 dengan kriteria tinggi. Sedangkan pada uji coba skala luas mendapatkan skor pretest sebesar 60%, dan skor postest sebesar 96% sehingga diperoleh skor N-Gain 91,68 dengan kriteria tinggi. Sehingga media dinyatakan sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook berbasis problem based learning dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.Downloads
References
Akhyar, S. M., & Dewi, D. A. (2022). Pengajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar Guna Mempertahankan Ideologi Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1541–1546. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772%0Ahttps://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2772/pdf
Cholifah, T. N., & Fauziah, W. N. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 185–194. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.2.185-194
Faroh, N., Ahied, M., Tamam, B., Rosidi, I., & Sutarja, M. C. (2023). Pengembangan Media Scrapbox Untuk Meningkatkan Minat. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(2), 94–102.
Nurdian, H., Nisa, K., & Sobri, M. (2024). Pengembangan Media Scrapbook Pada Muatan Materi Makna Pancasila Dan Keberagaman Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 2 Dasan Geres. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 09(02). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/16334%0A
Pasaribu, W. I., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Ipa Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas Iv Sd. PEDAGOGI : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 81–95.
Pramudya, D. R., & Paksi, H. P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak Dan Kewajiban Sekolah Dasar. JPGSD, 12(10), 1090–1104.
Rizkiyah, M., & Siti, F. (2024). Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 635–637.
Sari, L. A., Khasanah, U., & Sulistyaningsih, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.76179
Setiawan, D. A., Nugroho, M. R. A., Alif, S. A., & Wardani, N. W. (2021). Pentingnya Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Memperkuat Karakter Dan Kebangsaan. CIVICUS.
Susriyati, D., & Yurida, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Karakter. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 280–288.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.