PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIFANI (KOMIK FAKTA DAN OPINI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN 1 TERTEK TULUNGAGUNG TAHUN 2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30965Keywords:
Media Pembelajaran, Komik, Fakta dan OpiniAbstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari Media Pembelajaran Komifani (Komik Fakta dan Opini) Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas II SDN 1 Tertek. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, developmen, implementation, dan evaluation. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas II SDN 1 Tertek. Hasil penelitian pengembangan Media Pembelajaran Komifani yaitu sebagai berikut (1) Hasil uji validasi ahli materi 82% dan ahli media 92%. Dari kedua dapat diakumulasikan dan memperoleh nilai rata-rata 87,5 dengan kriteria sangat valid. (2) Angket respon guru menunjukkan penilaian 96% dan angket respon siswa skala terbatas sebesar 91% serta angket respon siswa skala luas sebesar 92%. Hasil angket respon guru dan respon siswa masuk ke dalam kriteria sangat praktis. (3) Keefektifan media komifani dari uji skala terbatas menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,75 termasuk kriteria tinggi. Sedangkan pada uji skala luas menghasilkan nilai N-Gain 0,76 dengan kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Komifani dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi fakta dan opini di kelas II SDN 1 Tertek Tulungagung.Downloads
References
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Alia Rohani, & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Komik Dengan Menggunakan Aplikasi Comic Page Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1287–1295. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3134
Firda, H., & Nurhadi, D. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Sendidri Peserta Didik SMA Negeri Kabupaten Mojokerto. Jurnal Hikari, 7(1), 14–26. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/hikari/article/view/50739
Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 34–44. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9685
Mikamahuly, A., Fadieny, N., & Safriana, S. (2023). Analisis Pengembangan Media Komik Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 3(2), 256. https://doi.org/10.52434/jpif.v3i2.2818
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Rachma, A. F., Iriani, T., Handoyo, & Sri, S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 01(08), 506–516.
Rahmah, M. A., Umam, N. K., & Nugroho, A. S. (2022). Pengembangan Komik Literasi Berbasis Educative Untuk Kemampuan Konsentrasi Siswa Kelas II Sekolah Dasar. 3(2), 1–11.
Siregar, R. R. (2024). Perkembangan Bahasa Pada Anak Sekolah Dasar/ Mi. Jurnal Sains Student Research, 2(1), 376–382.
Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. 2(1), 1–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.