Analisis ANALISIS KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS DAN KEMANDIRIAN MURID PADA MATERI INI KHAS DAERAHKU KELAS IV DI SD NEGERI TANGKISAN

Authors

  • Leni Widiastuti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyoto, Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31008

Keywords:

This is Typical of My Region, Critical Reasoning Skills, Independence

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) menganalisis kemampuan bernalar kritis murid kelas IV SDN Tangkisan dalam memahami materi ini khas daerahku, 2) menganalisis kemandirian murid kelas IV SDN Tangkisan dalam memahami materi ini khas daerahku. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 13 siswa kelas IV SDN Tangkisan dengan sampel subjek bernalar kritis 4 dan 3 siswa sampel subjek kemandirian untuk diwawancarai melalui teknik purposive sampling . Analisis data yang digunakan mengacu pada model Miles dan Huberman yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh : 1) kemampuan bernalar kritis terdapat empat kategori dengan pencapaian yang berbeda-beda. Subjek sangat mahir sudah mampu mencapai semua indikator dari mengolah informasi dari gagasan, memulai penalaran hingga kesimpulannya. Subjek kategori mahir sudah mampu mengolah informasi dari gagasan dan menuangkan penalarannya namun belum dapat menyimpulkan. Kategori subjek sudah berkembang sudah mampu mengolah informasi dari gagasan dengan sedikit perbaikan namun belum mampu menganalisis dan menyebarkan penalaran hingga kesimpulan. Kategori subjek mulai berkembang belum dapat mencapai semua indikator bernalar kritis. 2) Kemandirian murid terdapat tiga kategori dengan capaian yang berbeda-beda . Subjek kategori mandiri sangat sudah mampu mencapai semua indikator kemandirian. Subjek kategori mandiri sudah bertanggung jawab, mampu mengendalikan diri, tidak memiliki ketergantungan tinggi namun belum memiliki rasa percaya diri serta belum memiliki inisiatif . Subjek kategori kurang mandiri belum mampu mencapai semua indikator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemandirian Belajar

Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah

Pendidikan, 5(1), 36-39.

Ngazizah, N. (2024). Miskonsepsi

Pembelajaran IPA pada Materi Gaya

Kelas IV MI Muhammadiyah

Marongsari. Jurnal Pendidikan Dasar,

5(2), 70-75.

Nuraeni, W., Ermawati, D., & Riswari,

L. A. (2023). Analisis Kemampuan

Bernalar Kritis melalui Motivasi Belajar

Matematika dalam Kurikulum

Merdeka. JURNAL e-DuMath, 9(2),

117-124.

Puspitasari, K. H. 2022. Korelasi

Antara Keterampilan Berpikir Kritis

Dan Kemandirian Belajar Dengan

Hasil Belajar Tematik Kelas Vb. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran

Khatulistiwa (Jppk), 11(8), 985-994.

Qurbi, A., Diswantika, N. ., & Ningsih,

D. F. . (2023). Upaya Membentuk

Kemandirian Belajar dan Kemampuan

Berpikir Kritis dengan Layanan

Konseling Teknik Self Regulated

Learning. Lentera: Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 16(2), 347–360.

Rahayu, R. R. 2022. Implementasi

Kurikulum Merdeka Belajar Di

Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu,

6(4), 6313-6319.

Rahmadayanti, D. D. 2022. Potret

Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka

Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 7174–7187.

Rosmana, P. I. 2022. Kebebasan

Dalam Kurikulum Prototype. As-

Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam

Anak Usia Dini,, 4(1), 115 131.

Susanti, A., & Darmansyah, A. (2023).

Analisis Strategi Penguatan Profil

Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar

Kritis di SD Negeri 44 Kota

Bengkulu. EduBase: Journal of Basic

Education, 4(2), 201-212.

Warsidah, N. S. 2022. Implementasi

Pembelajaran Berbasis Kurikulum

Merdeka Pada Peserta Didik Kelas 4

Sekolah Dasar Negeri No 16

Pontianak Utara. Jurnal Pendidikan

Dasar, 233-246.

Wulansari, S. 2023. Pengembangan

Projek Penguatan Profil Pelajar

Pancasila Berbasis Budaya Islam

pada Dimensi Bernalar Kritis untuk

Usia 5-6 Tahun di TK Islam

Hidayatullah Semarang. Edu

Cendikia: Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 3(03), 524.

Wahyuni, D. T., Anwar, Y. A. S. .,

Supriadi, S., & Junaidi, E. (2023).

Analisis Kemandirian Belajar Siswa

Dan Hubungannya Dengan Hasil

Belajar Kimia Selama Pembelajaran

Daring Di SMAN 2 Sumbawa

Besar. Chemistry Education

Practice, 6(2), 255–261.

Downloads

Published

2025-08-04