Analisis ANALISIS KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS DAN KEMANDIRIAN MURID PADA MATERI INI KHAS DAERAHKU KELAS IV DI SD NEGERI TANGKISAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31008Keywords:
This is Typical of My Region, Critical Reasoning Skills, IndependenceAbstract
Penelitian ini bertujuan : 1) menganalisis kemampuan bernalar kritis murid kelas IV SDN Tangkisan dalam memahami materi ini khas daerahku, 2) menganalisis kemandirian murid kelas IV SDN Tangkisan dalam memahami materi ini khas daerahku. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 13 siswa kelas IV SDN Tangkisan dengan sampel subjek bernalar kritis 4 dan 3 siswa sampel subjek kemandirian untuk diwawancarai melalui teknik purposive sampling . Analisis data yang digunakan mengacu pada model Miles dan Huberman yaitu 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh : 1) kemampuan bernalar kritis terdapat empat kategori dengan pencapaian yang berbeda-beda. Subjek sangat mahir sudah mampu mencapai semua indikator dari mengolah informasi dari gagasan, memulai penalaran hingga kesimpulannya. Subjek kategori mahir sudah mampu mengolah informasi dari gagasan dan menuangkan penalarannya namun belum dapat menyimpulkan. Kategori subjek sudah berkembang sudah mampu mengolah informasi dari gagasan dengan sedikit perbaikan namun belum mampu menganalisis dan menyebarkan penalaran hingga kesimpulan. Kategori subjek mulai berkembang belum dapat mencapai semua indikator bernalar kritis. 2) Kemandirian murid terdapat tiga kategori dengan capaian yang berbeda-beda . Subjek kategori mandiri sangat sudah mampu mencapai semua indikator kemandirian. Subjek kategori mandiri sudah bertanggung jawab, mampu mengendalikan diri, tidak memiliki ketergantungan tinggi namun belum memiliki rasa percaya diri serta belum memiliki inisiatif . Subjek kategori kurang mandiri belum mampu mencapai semua indikator.Downloads
References
Kemandirian Belajar
Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah
Pendidikan, 5(1), 36-39.
Ngazizah, N. (2024). Miskonsepsi
Pembelajaran IPA pada Materi Gaya
Kelas IV MI Muhammadiyah
Marongsari. Jurnal Pendidikan Dasar,
5(2), 70-75.
Nuraeni, W., Ermawati, D., & Riswari,
L. A. (2023). Analisis Kemampuan
Bernalar Kritis melalui Motivasi Belajar
Matematika dalam Kurikulum
Merdeka. JURNAL e-DuMath, 9(2),
117-124.
Puspitasari, K. H. 2022. Korelasi
Antara Keterampilan Berpikir Kritis
Dan Kemandirian Belajar Dengan
Hasil Belajar Tematik Kelas Vb. Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran
Khatulistiwa (Jppk), 11(8), 985-994.
Qurbi, A., Diswantika, N. ., & Ningsih,
D. F. . (2023). Upaya Membentuk
Kemandirian Belajar dan Kemampuan
Berpikir Kritis dengan Layanan
Konseling Teknik Self Regulated
Learning. Lentera: Jurnal Ilmiah
Kependidikan, 16(2), 347–360.
Rahayu, R. R. 2022. Implementasi
Kurikulum Merdeka Belajar Di
Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu,
6(4), 6313-6319.
Rahmadayanti, D. D. 2022. Potret
Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka
Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 7174–7187.
Rosmana, P. I. 2022. Kebebasan
Dalam Kurikulum Prototype. As-
Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam
Anak Usia Dini,, 4(1), 115 131.
Susanti, A., & Darmansyah, A. (2023).
Analisis Strategi Penguatan Profil
Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar
Kritis di SD Negeri 44 Kota
Bengkulu. EduBase: Journal of Basic
Education, 4(2), 201-212.
Warsidah, N. S. 2022. Implementasi
Pembelajaran Berbasis Kurikulum
Merdeka Pada Peserta Didik Kelas 4
Sekolah Dasar Negeri No 16
Pontianak Utara. Jurnal Pendidikan
Dasar, 233-246.
Wulansari, S. 2023. Pengembangan
Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Berbasis Budaya Islam
pada Dimensi Bernalar Kritis untuk
Usia 5-6 Tahun di TK Islam
Hidayatullah Semarang. Edu
Cendikia: Jurnal Ilmiah
Kependidikan, 3(03), 524.
Wahyuni, D. T., Anwar, Y. A. S. .,
Supriadi, S., & Junaidi, E. (2023).
Analisis Kemandirian Belajar Siswa
Dan Hubungannya Dengan Hasil
Belajar Kimia Selama Pembelajaran
Daring Di SMAN 2 Sumbawa
Besar. Chemistry Education
Practice, 6(2), 255–261.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.