ANALISIS PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM, KUALIATAS PELAYANAN JASA KONSULTAN PAJAK, DAN KESADARAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KLIEN KANTOR KONSULTAN PAJAK NANANG HERMANTO

Authors

  • Nur Azizah Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Ike Kusdyah Rachmawati Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Moh. Maskan Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31020

Keywords:

Social Media, Service Quality, Tax Awareness, Taxpayer Compliance

Abstract

This study aims to analyze the influence of Instagram social media, tax consultant service quality, and tax awareness on taxpayer compliance among clients of the Nanang Hermanto Tax Consultant Office. The method used was a quantitative approach with a causal associative research design. Data collection was conducted through questionnaires distributed to 44 respondents, who were individual taxpayer clients. The analysis results indicate that partially, the variables of social media and service quality do not significantly influence taxpayer compliance. However, tax awareness has a positive and partially significant effect on taxpayer compliance. Simultaneously, these three variables significantly influence taxpayer compliance, contributing 53.7%, while the remainder is influenced by other factors outside this study. This study emphasizes the importance of increasing tax awareness in building sustainable tax compliance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriany, L. M., Murtianingsih, M., Rachmawati, I. K., & Ruspitasari, W. D. (2020). Pelatihan Strategi Bisnis, Pelaporan Keuangan, dan Perpajakan pada CV Safira Media Utama Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 33–37. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i1.229

Anindhita, S. (2024). Pengaruh Kemanfaatan NPWP , Kualitas Pelayanan Perpajakan , Kesadaran Wajib Pajak , dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Ngawi Shierly Anindhita yang diperkirakan memberikan dampak bagi kepatuhan wajib pajak . . 3(4), 100–113.

Anwar Syadat, F., Kusyeni, R., & Fauziah, E. (2022). Analisis Efektivitas Edukasi Perpajakan bagi Generasi Milenial melalui Media Sosial Instagram dalam Rangka Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak (Studi Kasus di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat II) ARTICLE INFO ABSTRACT. Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 9(1), 70–81. http://ojs.stiami.ac.id

Ayu Atmanti, M. M., & Budi Kurniawan. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemahaman Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Wilayah Sunter, Jakarta Utara. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis Dan Teknologi, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.53008/kalbisiana.v10i1.1030

Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis ( erang risanto (ed.)). Penerbit Andi.

Beryl, S. A., & Fajriana, I. (2021). Pengaruh Kualitas Informasi, Penyuluhan Media Sosial Dan Penerapan E-Ticket Terhadap Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Mendapatkan Pelayanan Tatap Muka (Studi Kasus pada KPP Pratama Palembang Ilir Timur). Publikasi Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 155–168. https://doi.org/10.35957/prima.v2i2.928

Fahri, S. B. P., Mayrazaka, A. I., & Hayya, M. (2021). Optimalisasi Kesadaran Membayar Pajak Bagi Pemuda Melalui Platform Media Sosial Di Era New Normal. Paulus Journal of Accounting (PJA), 3(1), 77–90.

Hidayat, A. R., Mawardi, M. C., & Hariri. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus KPP Pratama Batu). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 13(1), 1–8. http://jim.unisma.ac.id/index.php/jra,

Krisbiyantara, Y., Dura, J., & Bukhori, M. (2024). Dampak E-Tax System dan Konsultan Pajak Terhadap Kepatuhan dengan Kepuasan Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening. 8(4), 4582–4595.

Lazuardi, G. L., Rachmawati, K. I., & Handoko, Y. (2025). BRAND IMAGE, PRICE,AND SERVICE QUALITY: ITS INFLUENCE ON THE DECISION TO PURCHASE TOYOTA BRAND CARS AT AUTO2000 DAAN MOGOT JAKARTA. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 8(2), 4800–4815.

Maria Imakulata, Wihelmina Mitan, & Yoseph Darius P. Rangga. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Dan Pemahaman Peraturan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Maumere. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(3), 229–246. https://doi.org/10.58192/populer.v2i3.1241

Meliandari, N. M. S., & Utomo, R. (2022). Tinjauan Penyebab Rendahnya Kepatuhan Pajak Penghasilan UMKM Kuliner Khas Bali di Kabupaten Badung. JURNAL PAJAK INDONESIA (Indonesian Tax Review), 6(2S), 512–528. https://doi.org/10.31092/jpi.v6i2s.1862

Putri, A. P., Pratiwi, A. P., & Septanta, R. (2023). Pengaruh Media Sosialisasi Pajak Berbasis Social Media Dan Subjective Norm Dalam Pemenuhan Kewajiban Perpajakan Dimoderasi Dengan Cost Compliance ( Studi Pada Followers Akun Instagram @ ditjenpajakRI ). Jurnal Pajak Vokasi (JUPASI), 4(2), 13–23. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUPASI

Raharjo, N. K., Majidah, M., & Kurnia, K. (2020). PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, TARIF PAJAK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus pada Wajib Pajak Orang Pribadi Non Karyawan di KPP Pratama Cibinong Periode 2020). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 671. https://doi.org/10.24843/eeb.2020.v09.i07.p05

Sitorus, Y., & Wardhani, I. I. (2024). Pengaruh Tarif Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada KPP Pratama Medan Belawan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 6376–6384.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Syahrial, E. H., & Harefa, J. V. (2025). Persepsi Generasi Z terhadap Edukasi Perpajakan melalui Media Sosial : Studi pada Digital Natives di DKI Jakarta. 16(1), 18–25.

Tanggu, A. A. Y., Ayem, S., & Erawati, T. (2021). PENGARUH TAX AWARENESS TAX MORALE DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM. 4(November), 188–216.

Downloads

Published

2025-07-27