HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN EFIKASI DIRI MAHASISWA UMN AL-WASHLIYAH SEBAGAI CALON GURU BK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31117Keywords:
social support, peers, self-efficacyAbstract
The purpose of this study is to determine whether peer social support is related to self-efficacy among BK UMN Al-Washliyah students who are preparing to become teachers. A total of 32 active students were selected as samples for this study. Data analysis was conducted using Pearson's correlation, while data was collected using a Likert scale. The results of the study found that peer social support was significantly associated with students' self-efficacy (r=0.463 and p<0.05). These findings confirm that a supportive social environment, particularly in the form of peer support, plays a role in shaping students' self-confidence, motivation, and professional readiness, and contributes to the design of guidance and counselling programmes that pay greater attention to students' social aspects.Downloads
References
Aliyah, N. A., Winta, M. V. I., & Erlangga, E. (2024). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Harga Diri Pada Santri. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 5(1), 158-165. https://doi.org/10.36312/jcm.v5i1.2617.
Arikunto, S. (2020). Penyusunan Instrumen dan Evaluasi Program Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Djahah, M. T., Pandang, A., & Umar, N. F. (2024). Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa bimbingan dan konseling di UNM. Jurnal BK 9(1), 77–85 https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5101 .
Evi, T. (2020). Kontribusi layanan bimbingan untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling 2(1), 77–85. https://doi.org/ 10.31004/jpdk.v3i1.1434
Fitria, A., Rahma, E. A., & Aini, D. K. (2024). Dukungan sosial teman sebaya dan self-regulated learning mahasiswa perantau. PSIMPHONI. https://doi.org/10.30595/psimphoni.v5i1.22450.
Hanifah, K. N. (2023). Hubungan antara self efficacy dan dukungan sosial teman sebaya dengan quarter life crisis pada mahasiswa perantau yang sedang menyusun skripsi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Hidayat, R. R., Asfarina, L. M. A., & Surur, N. (2025). Pandangan mahasiswa mengenai kebutuhan akan kemampuan problem solving pada calon guru BK. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara 529–542. https://doi.org/10.363/KKN.2.
Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Studi korelasi Pearson untuk mengkaji keterkaitan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar dalam konteks pembelajaran daring. Jurnal Sintak, 1(1), 14–18. https://doi.org/10.12/sintak.27
Kaylana, S. C., & Yosepha, S. Y. (2020). Dampak pemasaran hijau dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk The Body Shop. Jurnal Ilmiah. https://doi.org/2.312/JI.217.
Lestari, E. (2021). Strategi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pendekatan Group Investigation pada pembelajaran PPKN di kelas XI-APHP 2 SMKN 1 Cangkringan. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 56–67.
Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Analisis hubungan antara efikasi diri dan dukungan teman sebaya dengan kemampuan belajar mandiri pada mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi.
Pangestu, M. A., & Nurhadianti, R. D. D. (2024). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dan kesejahteraan psikologis pada siswa sman 57 jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(2), 43-50.
Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Analisis dampak standar operasional prosedur dan tingkat kompetensi terhadap produktivitas kerja pada karyawan divisi ekspor di PT Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progres, 1(1).
Rosuliana, N. E., Suptiani, L. P., Krisna, M. F., & Agus, U. A. (2023). Hubungan Dukungan Sosial Teman Dengan Harga Diri Dan Motivasi Berprestasi Pada Remaja. Media Informasi, 19(1), 130-137. https://doi.org/1.541/ra1i1.16.
Saadah, N. (2023). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri Terhadap Penyesuaian Diri Santri Baru Kelas Vii Di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman. https://doi.org/271/cendekia.19
Sagala, S. (2020). Teori dan Aplikasi Pembelajaran: Panduan dalam Menyelesaikan Permasalahan Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiani, N. L. P. W., Antari, G. A. A., & Sanjiwani, I. A. (2022). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Remaja. Coping Community Publ. Nurs, 10(3),310.https://doi.org/1126/ccpa1.782.
Wulandari, A., & Wijayanti, F. (2023). Dukungan teman sebaya dengan harga diri pada remaja. Health Sciences and Pharmacy Journal, 7(1), 16-22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.