Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Deli Serdang Tahun Ajaran 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35092Keywords:
bimbingan kelompok teknik problem solving, kemandirian belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik pemecahan masalah dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X-12 MAN 2 Deli Serdang Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Deli Serdang yang berjumlah 432 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket kemandirian belajar yang berjumlah 35 butir pernyataan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik pemecahan masalah. Data dianalisis dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian bimbingan kelompok teknik pemecahan masalah terhadap belajar kemandirian siswa. Data hasil perhitungan menggunakan uji Paired Sample T-Test diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan interpretasi indeks korelasi product moment maka hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel kemandirian belajar sebelum diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok teknik pemecahan masalah dengan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik pemecahan masalah. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang berarti dari pemberian layanan bimbingan kelompok teknik pemecahan masalah terhadap kemandirian belajar siswa kelas X-12 MAN 2 Deli Serdang Tahun Ajaran 2024/2025.
Downloads
References
Azizah, N. F. Taman, A. 2022. Pengaruh Konsep Diri dan Fasilitas Belajar terhadap Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring Selama COVID-19 Kelas X AKL SMKN 1 Ngawi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol 10, (8).
Batubara, I. A. Dewi, S. I. 2024. Pengaruh Layanan bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Perbaungan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Indopedia Vol 2(1).
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Y, F,. 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi. Medan : Universitas Muhammadyah Sumatera Utara.
Nisa, M. dkk. 2022. Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 7(2) 1-9.
Nurasyah. dkk. 2023. Pelaksanaan Teknik Bimbingan dan Konseling Bagi Guru untuk Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 2 (2) 112-121.
Rahmulyani, dkk. 2019. Perkembangan Peserta Didik. Medan : UNIMED PRESS.
Riska, R.A. Nurul, A.S. 2024. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Tahun Ajaran 2022/2023. Variable Research Journal. Vol 1(1).
Rosidah, Ainur. 2016. Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Terisolir. Jurnal Fokus Konseling. Vol.2(2), 136-143.
Setianingsih, Eka Sari. 2014. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 3(2).
Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















