STRATEGI GURU BK DALAM MENANGANI PELAKU DAN KORBAN BULLYING SMPN 1 KOLAKA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31129Keywords:
Guru Bimbingan Konseling, Pelaku Bullying, Korban BullyingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam menangani pelaku bullying pada peserta didik di SMP Negeri 1 Kolaka Utara. Bullying yang terjadi di sekolah ini terdiri dari berbagai bentuk, antara lain bullying verbal, fisik, sosial, dan cyber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru BK, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, serta beberapa peserta didik yang terlibat sebagai pelaku dan korban bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru BK dalam menangani pelaku bullying dilakukan melalui tiga pendekatan utama, yaitu preventif, kuratif, dan represif. Strategi preventif meliputi layanan bimbingan klasikal, pembinaan karakter melalui kegiatan keagamaan, serta kerja sama dengan orang tua siswa. Strategi kuratif dilakukan melalui konseling individu, pemberian sanksi edukatif, serta pendampingan psikologis bagi siswa yang bermasalah. Sementara itu, strategi represif dijalankan dalam bentuk pemberian surat peringatan, pemanggilan orang tua, hingga pengurangan poin pelanggaran sebagai bentuk pengendalian perilaku siswa. Secara umum, strategi yang diterapkan oleh guru BK telah efektif dalam menekan angka kasus bullying dan membantu pelaku untuk memperbaiki perilakunya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi sekolah lain dalam merancang langkah strategis penanganan bullying secara holistik dan edukatif.Downloads
References
Agustina, Mita Dwi. 2021. “Strategi Guru BK Dalam Membina Karakter Peserta Didik SMP Negeri 21 Batang Hari.” Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 1(1):26–33. doi: https://doi.org/10.57251/ped.v1i1.203.
Amnda, Viola, Septia Wulandari, Suci Wulandari, Saskia Nabila Syah, Yopie Andi Restari, Septina Atikah, Engkizar Engkizar, Fuady Anwar, and Zainul Arifin. 2020. “Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik.” Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah 5(2):19–32.
Bu’ulolo, Saferius, Sri Florina L. Zagoto, and Bestari Laia. 2022. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di SMA Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021.” Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 2(1):53–62. doi: https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.376.
Ejune, Elisabeth Ellena Christy, Fadilah Nur Hanifah, Aulia Rahma Pramitha, and Rindi Sagita. 2025. “Dinamika Problematika Peserta Didik Di Sekolah Dasar: Studi Kasus Bullying, Kedisiplinan, Dan Dampak Kondisi Ekonomi Keluarga: Penelitian.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan 3(4):4973–81. doi: https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.1189.
Hakim, Syahrul Fuad Nur, Amilia Rizka Ramadani, and Falaah Tata Pramesti. 2024. “Upaya Guru Bk Dalam Menangani Kasus Bullying Di SMP.” INOVASI: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan 2(2):9–14.
Harefa, Prasetia Putra Perdana, and Yuli Asmi Rozali. 2020. “Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Konsep Diri Pada Remaja Korban Bullying.” JCA of Psychology 1(1):1–8. https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jpsy/article/view/36.
Jumarnis, Siti Annisa, Jehan Chantika Anugerah, and Yulvani Juniawati Sinaga. 2023. “Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Bullying Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 6(3):1103–17. doi: https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6398.
Masri, Subekti, Teguh Arafah Julianto, Sitti Aisyah, and Kasmi Kasmi. 2023. “Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Di SMAN 17 Luwu.” Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani 9(2):36–48. doi: https://doi.org/10.47435/mimbar.v9i2.2217.
Pakai, Asra J. .. 2021. “Peran Pendidikan Terhadap Siswa Dalam Pencegahan Perilaku Cyber Bullying Di Era Digital.” Moderasi Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial 2(2):42–50. doi: https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol2.Iss2.46.
Pranito, Benny, and Halimatul Maryani. 2024. “Tinjauan Yuridis Perencanaan Sistem Restorative Justice Dalam Penanganan Tindak Pidana Anak.” Albayan Journal of Islam and Muslim Societies 1(2):15–24.
Pujiastuti, Pratiwi, and Ali Mustadi. 2023. “Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Siswa Sekolah Dasar.” PERISKOP: Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan 4(1):16–23. doi: https://doi.org/10.58660/periskop.v4i1.40.
Putri, Luthfiyanti Harinsa, and Siti Ina Savira. 2023. “Dampak Psikologis Pada Remaja Yang Mengalamai Cyberbullying.” Character Jurnal Penelitian Psikologi 10(1):309–23. doi: https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i1.53500.
Qurrota, Afifah Azzahra, and Asni Asni. 2023. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa SMPN 103 Jakarta.” Research and Development Journal of Education 9(3):714–21. doi: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i2.18383.
Sari, N. P., and M. Fajri. 2021. “Upaya Preventif Guru BK Dalam Menangani Kasus Bullying Pada Siswa SMP.” Jurnal Konseling Religi 12(2):101–10. doi: https://doi.org/10.21043/kr.v12i2.9721.
Sulistiyani, Indri, Dini Rahmawati, and G. Rohastono Ajie. 2021. “Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminialisir Perilaku Bullying.” DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah 2(4):419–26. doi: https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1513.
Syarifah, Ii, Atik Santika, Neng Shufi Sufhia, Rifal Mujahid, and Syadad Nabil Mudzafar. 2024. “Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di SMK Negeri 1 Cijulang.” J-STAF: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah 3(1):121–32. doi: https://doi.org/10.62515/staf.v3i1.325.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.