STRATEGI GURU PAI DALAM MEMBINA KARAKTER GENERASI Z PADA SMPN 4 MALILI

Authors

  • Nuraeni Puspita Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Mustamin Universitas Muslim Indonesia
  • Syarifa Raehana Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Syahrul Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31131

Keywords:

Strategi Guru, Pembinaan Karakter, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina karakter Generasi Z di SMPN 4 Malili. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yang berfokus pada data tertulis dan lisan serta perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam membina karakter Gen Z meliputi: 1) penggunaan strategi al-hikmah, 2) penggunaan strategi al-jidal, 3) memaksimalkan penyampaian materi, dan 4) penanaman corak Islam Ahlusunnah Waljama’ah. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh guru PAI, yaitu: 1) kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran agama, 2) ketergantungan Gen Z pada dunia digital, dan 3) kecenderungan Gen Z untuk cepat menilai perilaku orang lain. Untuk mengatasi tantangan tersebut, guru PAI menerapkan resolusi berupa: 1) penerapan blended learning, 2) pemberian tugas yang memerlukan pencarian solusi di web dengan pengawasan, 3) edukasi tentang risiko penggunaan teknologi yang berlebihan, dan 4) penekanan pada pentingnya ibadah. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai peran guru PAI dalam membentuk karakter positif Generasi Z.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Anisa Apriyanti, and Purwanti Purwanti. 2024. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Perilaku Dan Pengambilan Keputusan Generasi Z Di Era Digital.” Bundling: Jurnal Manajemen Dan Bisnis 1(1):43–53.

Fiqriani, Maula, Sabrina Syifaurrahmah, Karoma Karoma, and Abdullah Idi. 2025. “Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Islam Untuk Generasi Z: Studi Literatur Tentang Inovasi Dan Tantangan Terkini.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 4(2):372–81. doi: https://doi.org/10.31004/jpion.v4i2.385.

Hasan, Shohib. 2024. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Manajemen Pendidikan Islam Untuk Menghadapi Krisis Moral Generasi Z.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4(5):4949–58. doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15592.

Iskandar, Iskandar, Azwar Azwar, and Samsuddin Samsuddin. 2024. “Konsep Pembinaan Manusia: Telaah Pemikiran Ibnu Sina (370-428 H) Dalam Kitab Al-Siyāsah.” Cendekia 16(1):127–48. doi: https://doi.org/10.37850/cendekia.v16i01.630.

Khoiri, Ahmad, Evi Susilawati, Hamidah, Jaka Wijaya Kusuma, Eko Suharyanto, Teti Sumarni, Regina Yoantika Natalie, Rihfenti Ernayani, and Khasanah. 2023. Konsep Dasar Teori Pendidikan Karakter. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.

Marhaini, Marhaini. 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di UPTD SDN 016553 Aek Bange.” Khidmat: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(1):179–84.

Nugraha, Rifqi Ardhan. 2025. “Sekolah Sebagai Agen Moral: Strategi Pembentukan Budaya Positif Di Era Digital Pada MA Assohwah Al Islamiah Gerung.” National Citizenship Journal 1(1):12–19.

Nurhabibi, Nurhabibi, Arifannisa Arifannisa, Diauddin Ismail, Dedi Kuswandi, Aprillia Fentika Dewi Gita Anggraeni, and Yunita Abdullah Aji. 2025. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi 5(2):120–31. doi: https://doi.org/10.59818/jpi.v5i2.1527.

Nurhidaya, M., Ridhahani Fidzi, and Zulfah Zulfah. 2024. “Konsep Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membekali Generasi Z.” Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 14(3):409–23. doi: https://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i3.24228.

Paramita, Anastasia, and Suryanto Suryanto. 2021. “Growing Tolerance Through Active Learning Methods In Generation Z Students at Elementary School X Surabaya.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya 17(2):145–60. doi: https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no2.a4089.

Ramlan, Ramlan. 2025. “Inovasi Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Generasi Z.” Analysis: Journal of Education 3(1):54–61.

Widodo, Ari Abdi, and Muhammad Husni. 2025. “Strategi Digitalisasi Pendidikan Pesantren Dalam Internalisasi Nilai Aswaja Bagi Generasi Z Di Era Teknologi.” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 3(1):375–86. doi: https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i1.851.

Wulandari, Aini, Wiwin Luqna, and Abd Muqit. 2024. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Untuk Pembelajaran Berkualitas Bagi Generasi Z.” Proceedings of Annual Islamic Conference for Learning and Management 1(2):495–515.

Yusuf, Budi. 2024. “Teknologi Dan Personalisasi Pembelajaran Pendidikan Islam Untuk Generasi Z.” Journal of Instructional and Development Researches 4(4):277–85. doi: https://doi.org/10.53621/jider.v4i4.344.

Downloads

Published

2025-08-18