PRAKTIK BAIK MEMBANGUN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI SISWA TUNANETRA DI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31155Keywords:
Keywords: Pendidikan inklusif 1, kemandirian 2, siswa tunanetra 3 siswa tunanetraAbstract
ABSTRACT Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi praktik baik dalam membangun karakter kemandirian siswa tunanetra di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam, sekolah inklusif yang memiliki siswa penyandang tunanetra. Objek penelitian ini adalah karakter kemandirian siswa tunanetra, dengan subjek kepala sekolah, guru, siswa tunanetra, dan teman sejawat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan berlandaskan teori behaviorisme, yang menekankan pembentukan perilaku melalui interaksi sosial dan penguatan (reinforcement). Fokus penelitian meliputi pengembangan kemandirian dalam konteks inklusif, peran guru, serta dukungan lingkungan sekolah. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian siswa tunanetra terbentuk melalui dukungan sistematis. Siswa mampu menyelesaikan tugas secara mandiri, menggunakan teknologi bantu seperti pembaca layar, dan aktif dalam kegiatan kelompok. Guru berperan penting melalui metode pembelajaran adaptif seperti penjelasan verbal, rekaman audio, dan bimbingan personal, serta penguatan positif berupa pujian. Teman sebaya turut mendorong kemandirian melalui interaksi sosial yang suportif dan bantuan yang tidak menciptakan ketergantungan. Lingkungan sekolah yang aman dan inklusif mendukung siswa tunanetra dalam berekspresi dan berpartisipasi. Secara kelembagaan, sekolah menyediakan fasilitas ramah disabilitas, seperti jalur akses, komputer dengan perangkat lunak khusus, dan alat tulis braille. Sekolah juga rutin mengadakan pelatihan dan bekerja sama dengan lembaga luar untuk meningkatkan kapasitas layanan inklusif. Keywords: Pendidikan inklusif 1, kemandirian 2, siswa tunanetra 3 siswa tunanetraDownloads
References
Buku :
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. 1 Ed. Bandung: Alfabeta, Cv.
Jurnal :
Arpani, Putri, Dan Majda El Muhtaj. 2023. “Sekolah Ramah Anak Pada Peserta Didik Penyandang Disabilitas Tunagrahita (Studi Kasus Sekolah Luar Biasa Melati Aisyiah Kabupaten Deli Serdang).” Jurnal Kewarganegaraan 20(1): 86. Doi:10.24114/Jk.V20i1.43026.
Baktara, Datin Intan, Dan Wahyu Setyawan. 2021. “Fasilitas Pendidikan Bagi Anak Tunanetra Dengan Pendekatan Indera.” Jurnal Sains Dan Seni ITS 9(2): 1–6. Doi:10.12962/J23373520.V9i2.54801.
Damayanti, Hany Lusia, Dan Aurel Anastasia Anando. 2021. “Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri.” Jurnal Sinestesia 11(1): 52–59. Doi:10.53696/27219283.59.
Feriandi, Yoga Ardian, Dan Yuni Harmawati. 2018. “Analisis Penguasaan Kompetensi Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Ppkn Universitas PGRI Madiun.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 1(2): 76. Doi:10.12928/Citizenship.V1i2.13620.
Hodriani, Hodriani, Junaidi Junaidi, Dan Usman Alhudawi. 2023. “Implementasi Pembelajaran Ppkn Berbasis Permainan Tradisional Pada Mahasiswa PGSD.” Journal Of Humanities And Civic Education 1(1): 17–28. Doi:10.33830/Jhce.V1i1.5778.
Imran, Maharani. 2024. “Peningkatan Pemberdayaan Penyandang Tunanetra Melalui Perancangan Social Media Newsletter Di Yayasan Sosial Tunanetra.” Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(2): 229–39. Doi:10.31334/Jks.V6i2.3587.
Jamaludin, Jamaludin. 2022. “Pendekatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Penguatan Karakter.” Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (JEHSS) 4(4): 2519–24. Doi:10.34007/Jehss.V4i4.1102.
Kabatiah, Maryatun. 2021. “Efektivitas Pengintegrasian Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Melalui Teknik Klarifikasi Nilai Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Kewarganegaraan 18(1): 65. Doi:10.24114/Jk.V18i1.23730.
Manalu, Syuratty Astuti Rahayu. 2024. “EKSPLOITASI ANAK SEBAGAI PENGEMIS REVIEW OF LAW AND PANCASILA IN HANDLING EXPLOITATION OF.” (November): 6655–64.
Mutia, F, Y Ndona, Dan D Setiawan. 2022. “Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Sintaksis 4(04): 80–88. Http://Jurnal.Stkipalmaksum.Ac.Id/Index.Php/Sintaksis/Article/View/251%0Ahttp://Jurnal.Stkipalmaksum.Ac.Id/Index.Php/Sintaksis/Article/Download/251/252.
Nurgiansah, T Heru, Dan Fazli Rachman. 2022. “Nasionalisme Warga Muda Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan Di Perbatasan.” Jurnal Kewarganegaraan 19(1): 66. Doi:10.24114/Jk.V19i1.33214.
Putra, Febriyan Dwi. 2022. “Pelaksanaan Pendampingan Dalam Proses Pembelajaran Siswa Tunanetra Di Sekolah Inklusif.” Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa 7(2): 67–71.
Putri, Livia Agna. 2020. “Euclidean Voice: Aplikasi Pembelajaran Geometri Euclid Berbasis Android Untuk Penyandang Tunanetra.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1(2): 23–27. Doi:10.33365/Ji-Mr.V1i2.597.
Putri, Moria Debora, Petra Siahaan, Dan Kristina Pujasari. 2025. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI BENTUK PENGUATAN IMPLEMENTASI CIVIC DISPOSITION DI SEKOLAH YAYASAN SULTAN ISKANDAR MUDA KOTA MEDAN.” 8: 1433–38.
Rachman, Fazli, Liber Siagian, Maryatun Kabatiah, Dan Abdinur Batubara. 2024. “Motivasi Gerakan Kewarganegaraan Melalui Komunitas Rumah Belajar.” 14.
Ramayanti, Rory, Dan Agung Iranda. 2022. “Adversity Quotient Pada Siswa Tunanetra Dalam Meningkatkan Literasi.” Jurnal Psikologi Integratif 10(1): 19. Doi:10.14421/Jpsi.V10i1.2432.
Sa’diyah, Rika. 2017. “Pentingnya Melatih Kemandirian Anak.” Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 16(1): 31–46. Doi:10.15408/Kordinat.V16i1.6453.
Setiawan, Deny, Dan Joni Sitorus. 2017. “URGENSI TUNTUTAN PROFESIONALISME DAN HARAPAN MENJADI GURU BERKARAKTER (Studi Kasus: Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Batubara).” Jurnal Cakrawala Pendidikan 36(1): 122–29. Doi:10.21831/Cp.V36i1.11382.
Suryadi, Yeanny, Dan Yakobus Ndona. 2023. “Analisa Efektifitas Kurikulum Merdeka Terhadap Murid Disabilitas Autisme Ditinjau Dari Persektif Tenaga Kependidikan.” Jesya 6(1): 460–66. Doi:10.36778/Jesya.V6i1.947.
Yudha, Willy Fadhilah Wira, Ilham Hudi, Vania Marisa, Ridho Arya Farliando, Yolanda Ardila Putri, Achyar Zein Avicenna, Dan Nurhayati Marjuni Admi. 2024. “Pendidikan Kewarganegaraan Dan Pembentukan Karakter: Membentuk Individu Yang Bertanggung Jawab Dan Peduli.” Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat 2(3): 270–78.
Yuliani, Sri Khusnul Wahyu. 2023. “Mengasah" Lifeskill" Dan Menumbuhkan Kemandirian.” Primary 2(3): 145–56.
Yuwono, Imam, Dan Mirnawati Mirnawati. 2021. “Strategi Pembelajaran Kreatif Dalam Pendidikan Inklusi Di Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(4): 2015–20. Doi:10.31004/Basicedu.V5i4.1108.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.