INTERNALISASI NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU TERTIB BERLALU LINTAS DI KALANGAN PELAJAR SEBAGAI PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI SMP NEGERI 1 TIGALINGGA

Authors

  • Febiola Br Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Jamaludin Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33446

Keywords:

Nilai-Nilai Kewarganegaraan 1, Kesadaran Hukum 2, Perilaku Tertib Berlalu Lintas 3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai-nilai kewarganegaraan dalam pembentukan perilaku tertib berlalu lintas pada pelajar SMP Negeri 1 Tigalingga, khususnya pengendara sepeda motor. Fenomena pelajar di bawah umur yang berkendara tanpa izin menjadi indikasi rendahnya kesadaran hukum dan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas. Landasan teoritis penelitian ini adalah teori kontrak sosial Jean Jacques Rousseau, terutama konsep kedaulatan rakyat dan kehendak umum, yang diimplementasikan melalui nilai disiplin, tanggung jawab, dan kepatuhan terhadap hukum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian meliputi siswa, orang tua, dan pihak sekolah. Teknik analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai kewarganegaraan terjadi melalui pengalaman langsung berkendara, pembelajaran PPKn, keteladanan guru, dan dukungan lingkungan sosial. Siswa memaknai kepatuhan sebagai keseimbangan antara kebebasan pribadi dan tanggung jawab sosial, sesuai prinsip kontrak sosial Rousseau. Tingkat internalisasi bervariasi, mulai dari kesadaran awal hingga komitmen penuh, dipengaruhi oleh pengalaman pribadi, pola asuh keluarga, dan interaksi teman sebaya. Guru berperan sebagai pembimbing karakter, meskipun menghadapi tantangan seperti perbedaan nilai di rumah, pengaruh teman sebaya, dan keterbatasan waktu. Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi sekolah dan pemangku kepentingan dalam membina perilaku berkendara yang tertib dan bertanggung jawab di kalangan pelajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Bado, B. (2021). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. In Pengantar Metode Kualitatif.

Rousseau, Jean Jacques. (2024). The Social Contract (F. Nindya (Ed.); 1 Ed.). PT.Anak Hebat Indonesia.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Yustiyani Suryandari Sofia (Ed.); 3 Ed.). Alfabeta,Cv.

Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Patta Rapanna (Ed.); 1 Ed.). Cv. Syakir Media Press.

Jamaludin. (2020). Refleksi Pandemi Corona. In Tonni Limbong (Ed.), Pandemik Covid-19 Dan Persoalan Di Indonesia (1 Ed., Hal. 179–190).

Jurnal :

Alrah, Z. (2022). Kontrak Sosial Dalam Pandangan Rousseau. Paradigma: Jurnal Kalam Dan Filsafat, 1(01), 1–14. Https://Doi.Org/10.15408/Paradigma.V1i01.27289

Amalia, P., Khatimah, K., Alfizar, A., & Jamrah, S. A. (2023). Damai Dalam Perbedaan Relasi Umat Islam Dan Kristen Di Desa Tambusai Barat Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Nusantara; Journal For Southeast Asian Islamic Studies, 19(1), 10. Https://Doi.Org/10.24014/Nusantara.V19i1.24574

Astuti, S., Manalu, R., & Handayani, A. (2024). Pentingnya Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Budaya Berkendara Yang Tertib The Importance Of Practicing Pancasila Values In Building. 3333–3341.

Bado, B. (2021). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. In Pengantar Metode Kualitatif.

Fadila, A., & Sari, M. M. K. (2017). Tingkat Kesadaran Berlalu Lintas Pengendara Sepeda Motor Di Surabaya Selatan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 05(03), 1.036-1.051.

Maryianto, R. A., & Arafat, Y. B. (2024). Safety Riding Training 1. 4, 1–8.

Muhammad, D. A. (2024). Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Akibat Remaja Meningkat Pada Januari 2024. Kompas.Com. Https ://Oto motif.Kompas.Com/Read/2024/02/06/171200215/Jumlah-Kecelak aan-Lalu-Lintas-Akibat-Remaja-Meningkat-Pada-Januari-2024

Nurhadi, N. (2024). Peran Dinas Perhubungan Dalam Penin gkatan Kedisiplinan Berken dara Di Kabupaten Bima Melaksana kan Kajian Teknis Terkait Lalu Lintas , Termasuk Analisis Dam pak Lalu Lintas , Untuk Sikap Disiplin Dalam Berlalu Lintas . Selain Itu , Pengguna Jalan Harus Secar. 4.

Rasmi, A., Ma’ruf, H., & Ahmad, K. (2022). Journal Of Lex Generalis ( Jls ). Journal Of Lex Generalis (Jls), 2(1), 404–417.

Rousseau, Jean Jacques. (2024). The Social Contract (F. Nindya (Ed.); 1 Ed.). Pt.Anak Hebat Indonesia.

Saragih, R., & Batubara, A. (2024). Peran Guru Ppkn Dalam Menumbuhkan Nilai Nasionalisme Untuk Mengatasi Sikap Fanatisme Idol K-Pop Pada Siswa Di Smp N 37 Medan. 8, 161–171.

Siagian, L., & Nababan, R. (2019). Revolusi Pendidikan 4.0 Dan Tantangan Proses Pembelajaran Ppkn Berbasis Karakter Penulis: Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Project Citizen, 185–199.

Sri Kunarsih, T. (2020). Peranan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Disiplin Siswa Terhadap Peraturan Sekolah Di Sd Swasta Harapan 2 Medan T.A 2018/2019. Wahana Inovasi, 9(2), 25–32.

Downloads

Published

2025-09-13