ANALISIS HAMBATAN BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31203Keywords:
Hambatan Belajar, Penyajian dan Interpretasi Data, Diagram Batang, Sekolah DasarAbstract
Pembelajaran Matematika tingkat dasar merupakan tahapan yang esensial untuk menanamkan suatu konsep dasar matematika secara utuh. Namun, dalam pelaksanaannya tentu tidak terlepas dari ditemukannya berbagai hambatan, baik yang dialami oleh siswa maupun guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memahami hambatan belajar yang dialami oleh siswa kelas IV serta faktornya pada penyajian materi dan interpretasi data dalam bentuk diagram batang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan partisipan penelitian terdiri dari guru kelas serta 17 siswa kelas V di salah satu sekolah dasar di Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes terdiri dari lima soal uraian dengan tingkat kesukaran yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami 2 jenis hambatan yaitu hambatan epistemologis yang ditunjukkan dengan dua jenis hambatan, yaitu 1) siswa tidak mampu menyajikan data dalam diagram batang dengan tepat, dan 2) siswa tidak mampu membaca dan menafsirkan data dengan tepat serta hambatan kedua yang ditemukan adalah hambatan didaktik berupa kurangnya persiapan pembelajaran yang dilakukan guru untuk mengajarkan materi ini. Kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu konsep secara utuh serta minimnya penggunaan metode, media, dan bahan ajar yang bervariasi dan relevan menjadi faktor terjadinya hambatan tersebut.Downloads
References
Amalia, N., Hanifah, R. R., & Yani, A. (2024). Analisis Peran Pendidikan Matematika dalam Meningkatkan Karakter Bangsa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 80, 701–705.
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., Ernawati, A., Guru, P., Dasar, S., & Purwokerto, U. M. (n.d.). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. 25–37.
Brousseau, G. (2024). Review – Theory of Didactical Situations in Mathematics. Didactique des Mathematiques, 1970-1990. In NOMAD Nordic Studies in Mathematics Education (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.7146/nomad.v7i1.146659
Dian Puspita1, R. A. (2020). Research & Learning in Primary Education Koordinasi Bimbingan Konseling dengan Guru Bidang Studi Menghadapi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 2(2), 1–7.
Hermawan, R. P., Nur’aeni, E., Lidinillah, D. A. M., & Apriani, I. F. (2021). Learning Obstacle Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Keliling Persegi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 142. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.52359
Jediut, M., Sabina Ndiung, & Fransiska Jaiman Madu. (2023). Kemampuan Matematisasi Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Non Rutin. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1510–1518. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6299
Nurani, L. A., Nur’aeni, E., Apriani, I. F., & Muharram, M. R. (2021). Analisis Learning Obstacle Siswa pada materi pecahan senilai di kelas IVSekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04(05), 5.
Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93
RAHMAH, B. N., & MAARIF, S. (2021). Analisis Epistimologi Obstacles Terhadap Siswa Smp Kelas Vii Dengan Materi Statistika (Penyajian Data). Jurnal Matematika UNAND, 10(4), 510–518.https://doi.org/10.25077/jmu.10.4.510-518.2021
Safari, Y., & Nurhida, P. (2024). Karimah Tauhid, Volume 3 Nomor 9 (2024), e-ISSN 2963-590X. 3, 9817–9824.
Saidah, & Mardiani, D. (2021). Kesulitan Siswa SMP Terhadap Soal Komunikasi Matematis pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 531–540. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.960
Shadiq, F., & Sc, M. A. (2007). Pentingnya Pengetahuan Prasyarat dalam Memecahkan Masalah. 22, 1–7.
Syarifah, M., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2023). Attadib : Journal of Elementary Education Web Jurnal : https://www.jurnalfaiuikabogor.org/index.php/attadib Attadib : Journal of Elementary Education Web Jurnal : https://www.jurnalfaiuikabogor.org/index.php/attadib. 7(1).
Tariska, N., Fuadiah, N. F., & Irawan, D. B. (2023). Didactical Design for Application of Statistics Material for Class IV Elementary Schoolsa. 1, 1–10.
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uikabogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.