ANALISIS HAMBATAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31424Keywords:
Numerasi, Hambatan Belajar, Pembagian, Matematika SD, Representasi visual.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi hambatan belajar siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pembagian bilangan cacah di kelas III sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan 21 siswa sebagai partisipan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan instrumen yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami empat tipe hambatan belajar, yaitu: (1) hambatan konseptual dan relasional, ditandai dengan ketidaktahuan siswa terhadap hubungan antara pembagian dan perkalian; (2) hambatan representasional dan prosedural, berupa kesalahan dalam menafsirkan data visual dan pemilihan operasi yang tidak sesuai; (3) hambatan prosedural dalam menyelesaikan soal cerita, yakni ketidakmampuan menyusun langkah-langkah penyelesaian; serta (4) hambatan kontekstual, yang muncul saat siswa gagal menerapkan konsep pembagian dalam situasi nyata. Temuan ini menegaskan pentingnya penggunaan media visual, alat peraga konkret, dan pendekatan kontekstual untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep dan prosedur pembagian dalam kehidupan sehari-hari.Downloads
References
Abdurachman, A. (2020). Analisis Hambatan Didaktis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 110-120. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpm.2020.5678
Akmal, I., & Waningyun, P. P. (2024). Basic Education Transformations: Steps To Breakthrough In Improving Numeracy Literacy In Elementary Schools. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 1335–1347.
Andika, R., Hendri, S., Masniladevi, M., & Zuryanti, Z. (2023). Evaluation Of Mathematics Learning In Elementary School Grade IV: The Importance Of Numeracy. 5(1), 786–792. http://proceedings.upi.edu/index.php/icee/article/view/3181/2872
Biassari, I.,Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139.
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/
Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective. In Educational design research (pp. 29-63). Routledge.
Hadi, A. M., & Sriaryaningsyih, S. (2025). Menanamkan Konsep Angka Pada Anak Usia Dini Melalui E-Worksheet Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 5(2), 559-567.
Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Pelaksanaan kegiatan literasi dan numerasi bagi siswa kelas tinggi sekolah dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2).
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). “Materi Pendukung Literasi Numerasi.” Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58. https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf
Hariyani, M., Herawati, H., Andriani, M., & Suherman, S. (2023). Students’ learning obstacles in understanding of fraction concept during online learning. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), 58–64. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i2.1849
Hazin, M., Rahmamawati, N. W. D., Yani, M. T., & Ladiqi, S. (2025). Empowering Elementary Students: A Model for Enhancing Literacy and Numeracy Skills to Overcome Learning Loss. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1), 207–220. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.3937
Karimah, L. N., Halisa, D. N., Salwa, L. N., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Siswa Kelas V SD. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 202–211. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3964
Khasanah, M., & Abduh, M. (2023). Pengaruh kemampuan literasi numerasi dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika soal cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1529-1543.
Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational design research: a theoretical framework for action. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.
Lita Nala Karimah, Halisa, D. N., Salma, L. N., & Ermawati, D. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Siswa Kelas V SD. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3), 202–211. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i3.3964
Marlina, Y., & Muhdar, R. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Konsep Bilangan Cacah. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 5(2), 182-191.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2015). Qualitative Data Analysis. In Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau (Vol. 16, Issue 2).
Misnawati, M., Patandean, A. J., & Rahmaniah, R. (2024). Implementasi Literasi Numerasi Pada Materi Diagram Batang, Diagram Garis Dan Diagram Lingkaran Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V Di UPT SPF SD Negeri Mongisidi II Makassar. Bosowa Journal of Education, 5(1), 148–156. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5310
Ningrum, S. A. U., Slamet, I., & Fitriana, L. (2025). Realistic Mathematics Education Approach in Junior High School Mathematics Learning in Indonesia (2010-2024): A Bibliometric Analysis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 12(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v12i1.83599
Nugraheni, L. P., & Marsigit, M. (2021). Realistic mathematics education: An approach to improve problem solving ability in primary school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(4), 511–518. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i4.19354
Nursaadah, W., Karlimah, K., Nuryadin, A., & Apriani, I. F. (2025). Analisis Hambatan Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah di Kelas IV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 407-420.
Priyani, N. E. (2022). Pengembangan Literasi Numerasi Berbantua Aplikasi Etnomatematik Puzzle Game Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Perbatasan. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 267–280. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.536
Purwoko, R. Y. (2025). Pembelajaran mendalam berorientasi pada peningkatan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 11(1), 13-26.
Rahmawati, R. D., Sulistyani, N., Purnomo, Y. W., Fitriya, Y., & Ramadhani, D. (2023). Relationship between Elementary School Students’ Numeracy and Number Sense. New Educational Review, 74, 73–88. https://doi.org/10.15804/tner.23.74.4.06
Rasma, R., Khalid, M. I., & Saleha, S. (2025). Penerapan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VI UPT SD 79 Gura. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 455-465.
Sundari, Murtiyasa, B., Hidayati, Y. M., Destya, A., & Sumardi. (2022). Kesulitan Penyajian Data Diagram Lingkaran pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains Lentera (JPSLA), 2(1), 8–14.
Suryadi Didi. (2013). Prosidang Seminar Nasional Matematik dan Pendidikan Matematika. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Vol. 27, Issue 3).
Unaenah, E., Suryadi, D., & Turmudi. (2023). Students’ Learning Obstacles on Fractions in Elementary School (Vol. 1, Issue 2019). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-020-6_16
Uyen, B. P., Tong, D. H., Loc, N. P., & Thanh, L. N. P. (2021). The Effectiveness of Applying Realistic Mathematics Education Approach in Teaching Statistics in Grade 7 to Students’ Mathematical Skills. Journal of Education and E-Learning Research, 8(2), 185–197. https://doi.org/10.20448/journal.509.2021.82.185.197
Waritsman, A., & Retnowati, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik di Madrasah (2018-2022). Jurnal 12 Waiheru, 9(2), 159–170.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.