Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Permainan Kartu Pintar Pada Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Diana Kurnianingsih Universitas PGRI Semarang
  • Bagus Ardi Saputro Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Saputra Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31210

Keywords:

Media Pembelajaran Berdeferensiasi, Permainan, Kartu Pintar, Pecahan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya materi pecahan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis permainan kartu untuk siswa kelas V, mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan, mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran, dan mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berdiferensiasi berbasis permainan kartu terbukti valid dan praktis untuk digunakan. Media ini juga efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan. Namun, ditemukan beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal evaluasi. Temuan menunjukkan bahwa Kartu Pintar memiliki potensi sebagai media pembelajaran yang efektif, namun memerlukan perbaikan signifikan terkait akurasi jawaban dan kejelasan penyajian konsep. Secara khusus, pemahaman siswa terhadap nilai tempat dalam pecahan desimal, konsep pecahan senilai, dan penyederhanaan pecahan masih menjadi tantangan. Rekomendasi dari guru dan siswa untuk peningkatan media pembelajaran meliputi penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang lebih disesuaikan dengan karakteristik siswa melalui penambahan video atau lagu, pengaitan materi pecahan dengan konteks kehidupan sehari-hari, kolaborasi permainan kartu dengan metode jigsaw, dan penyesuaian jumlah kartu "Ayo Belajar".

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dan, T., Aryadillah, P., Kom, M. I., Fitriansyah, F., Sos, S., & Pd, M. (t.t.). TEKNOLOGI MEDIA P E M B E L A J A R A N.

Ermawati, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kartu Domino Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas Xi Ma Negeri 1 Bulukumba. Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 1, Juni 2017, I(1), 3–4.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Journal of Mathematics Education ~JME~ IMPROVING STUDENT LEARNING RESULTS THROUGH THE APPLICATION OF THE QUANTUM TEACHING MODEL. (2019). https://doi.org/10.31327/jomedu.v4i1.879

Kadrawati, S. (1995). Analisis Penguasaan Operasi Hitung Pecahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Murid Kelas V SD Negeri di Kecamatan Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Tidak diterbitkan. Ujungpandang: FMIPA IKIP Ujungpandang.

Keguruan, J. P., & Mulyani, S. (t.t.). JPK 3 (2) (2017): 143-148 Penggunaan Media Kartu (Flash Card) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Pendidikan, J., & Konseling, D. (t.t.). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Pecahan Siswa Kelas III SDN Pinang 1 (Vol. 4).

Siegler, R. S., Fazio, L. K., Bailey, D. H., & Zhou, X. (2011). Fraction understanding as a central common factor in children's mathematics achievement. Psychological Science, 22(5), 698-705.

Siswadi, G. A. (2021). Relevansi Pemikiran Filosofis Ki Hadjar Dewantara Terhadap Sistem Pendidikan Hindu. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 1(2), 150–159.

Surya, E., & Witaharahap, L. (2017). Development of Learning Media in Mathematics for Students’ with Special Needs Development of Learning Media in Mathematics for Students with Special Needs. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(3), 1–12. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied

Taufik, T. (2019). Strategi AMBT untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Waeapo Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 5(2), 53-62.

Tian, J., & Siegler, R. S. (2018). Which type of rational numbers should students learn first?. Educational Psychology Review, 30, 351-372.

Tomlinson, C. A. (2001). Differentiate instruction in mixed-ability classrooms.

Tomlinson, Carol A. (2014). The Differentiated Classroom. Diakses di https://files.ascd.org/staticfiles/ascd/pdf/siteASCD/publications/books/differentiatedclassroom2nd-sample-chapters.pdf

Umami Setiawan, Y., Asih Vivi Yandari, I., Subhan Pamungkas, A., Negeri Sempu, S., & Serang-Banten, K. (t.t.). PENGEMBANGAN KARTU DOMINO PECAHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR Development Of Fraction Domino Card As Mathematics Learning Media In Elementary School Class IV (Vol. 12, Nomor 01).

Downloads

Published

2025-08-09

Most read articles by the same author(s)