The PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI RAGAM BENTANG ALAM DI INDONESIA KELAS 3 SEKOLAH DASAR
Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi), Kesimpulan, Daftar Pustaka
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31245Keywords:
Media Pembelajaran, Pengembangan, Ular Tangga, Ilmu Pengetahuan Alam dan SosialAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa akibat kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan guru di kelas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media yang menarik, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan ular tangga pada mata pelajaran IPAS dengan materi Ragam Bentang Alam di Indonesia untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba adalah peserta didik kelas 3 SDN 02 Srinahan yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara guru kelas 3, serta angket yang diberikan kepada guru, siswa, dan ahli untuk menilai kebutuhan, validitas, dan respon terhadap media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor 95% dan hasil validasi oleh ahli media mencapai 92%, keduanya berada dalam kategori “sangat baik”. Selain itu, hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini memperoleh respon positif dari siswa sebesar 92% yang termasuk kategori “sangat baik”, dan respon guru sebesar 98% yang juga dikategorikan “sangat baik”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga terbukti valid dan membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami bagi siswa.Downloads
References
Habsy, B. A., Nugroho, A. P., Shofa, S. Z., & Nonitasari, S. Y. (2024). Sistem Pendidikan di Indonesia pada Masa ke Masa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 240–256.
Hatija, M. (2024). Evolusi Perangkat Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan Modern. Jurnal Pendidikan, 7(1), 51–57.
Nastiti, S. H., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 48–57. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.122
Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 22–28. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183
Rustamana, A., Sahl, K. H., Ardianti, D., & Solihin, A. H. S. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Zuhfa, A., Mudzanatun, & M. Yusuf Setya Wardana. (2023). Pengembangan Media Papan Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sd Negeri Prampelan 1 Sayung Semester Genap Tahun 2022/2023. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 5434–5441. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1259
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.