Digital Vs. Manual : Perbandingan Pengaruh Heyzine dan Pop Up Book dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31297Keywords:
Instructional Media, Learning Outcomes, Pop-Up Book, HeyzineAbstract
Media pembelajaran merupakan aspek penting untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media proyeksi Heyzine dan non proyeksi Pop Up Book pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah eksperimen komparatif dengan melibatkan 57 siswa kelas V di salah satu SD Negeri di Kabupaten Bogor tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest (30 soal), dan observasi selama pembelajaran. Analisis data menggunakan uji N-Gain. Hasil menunjukkan rata-rata N-Gain kedua kelas sebesar 77. Uji hipotesis menyatakan Ho diterima karena thitung (0) < ttabel (2,004), sehingga tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua media. Namun, nilai N-Gain terendah pada kelas Pop Up Book lebih tinggi dibandingkan kelas Heyzine. Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Pop Up Book, Heyzine.Downloads
References
Suherman, A., Dianah, L., Uno, I.
C., & Rostiani, A. (2023).
Efektifitas Media Pembelajaran
Powtoon untuk Meningkatkan
Hasil Belajar IPS. JIPSINDO
(Jurnal Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Indonesia), 10(1),
1–9.
Nurul Audie. (2019). Peran Media
Pembelajaran Meningkatkan
Hasil Belajar. Posiding Seminar
Nasional Pendidikan FKIP, 2(1),
586–595.
Motivasi Belajar Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar.
Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan Dasar, November,
289–302.
Trijaya, R., Sukmanasa, E., &
Nurlaela, E. (2023). Upaya
Peningkatan Hasil Belajar Mata
Pelajaran Matematika Dengan
Menggunakan Model Problem
Based Learning. Jurnal
Pendidikan Dasar Indonesia, 99–
104.
Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman,
S. (2023). Pengembangan E-
Modul Berbasis Heyzine Di
Gugus Menes. VOX EDUKASI:
Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,
14(1), 156–163.
Salira, A. B., Logayah, D. S.,
Darmawan, R. A., Holilah, M., &
Rakhman, M. A. (2024).
Implementation of augmented
reality media through the
metaverse approach in social
science learning. Research and
Development in Education
(RaDEn), 4(2), 736-745.
Salsabila, A. (2020). Faktor - Faktor
Determinan Yang Mempengaruhi
Prestasi Belajar Siswa. JMKSP
(Jurnal Menejemen Kepemipinan
dan Supervisi Pendidikan), 5(2),
191.
Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.