Digital Vs. Manual : Perbandingan Pengaruh Heyzine dan Pop Up Book dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.

Authors

  • Auliya Mahpilinda Universitas Pakuan
  • Wawan Syahiril Anwar Universitas Pakuan
  • Annisa Nurramadhani Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31297

Keywords:

Instructional Media, Learning Outcomes, Pop-Up Book, Heyzine

Abstract

Media pembelajaran merupakan aspek penting untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media proyeksi Heyzine dan non proyeksi Pop Up Book pada mata pelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah eksperimen komparatif dengan melibatkan 57 siswa kelas V di salah satu SD Negeri di Kabupaten Bogor tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest (30 soal), dan observasi selama pembelajaran. Analisis data menggunakan uji N-Gain. Hasil menunjukkan rata-rata N-Gain kedua kelas sebesar 77. Uji hipotesis menyatakan Ho diterima karena thitung (0) < ttabel (2,004), sehingga tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua media. Namun, nilai N-Gain terendah pada kelas Pop Up Book lebih tinggi dibandingkan kelas Heyzine. Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Pop Up Book, Heyzine.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suherman, A., Dianah, L., Uno, I.

C., & Rostiani, A. (2023).

Efektifitas Media Pembelajaran

Powtoon untuk Meningkatkan

Hasil Belajar IPS. JIPSINDO

(Jurnal Pendidikan Ilmu

Pengetahuan Indonesia), 10(1),

1–9.

Nurul Audie. (2019). Peran Media

Pembelajaran Meningkatkan

Hasil Belajar. Posiding Seminar

Nasional Pendidikan FKIP, 2(1),

586–595.

Motivasi Belajar Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar.

Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan Dasar, November,

289–302.

Trijaya, R., Sukmanasa, E., &

Nurlaela, E. (2023). Upaya

Peningkatan Hasil Belajar Mata

Pelajaran Matematika Dengan

Menggunakan Model Problem

Based Learning. Jurnal

Pendidikan Dasar Indonesia, 99–

104.

Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman,

S. (2023). Pengembangan E-

Modul Berbasis Heyzine Di

Gugus Menes. VOX EDUKASI:

Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,

14(1), 156–163.

Salira, A. B., Logayah, D. S.,

Darmawan, R. A., Holilah, M., &

Rakhman, M. A. (2024).

Implementation of augmented

reality media through the

metaverse approach in social

science learning. Research and

Development in Education

(RaDEn), 4(2), 736-745.

Salsabila, A. (2020). Faktor - Faktor

Determinan Yang Mempengaruhi

Prestasi Belajar Siswa. JMKSP

(Jurnal Menejemen Kepemipinan

dan Supervisi Pendidikan), 5(2),

191.

Sunarti Rahman. (2021). Pentingnya

Downloads

Published

2025-08-09