PERSEPSI GURU PENGGERAK TERHADAP PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM TRANSFORMASI PEMBELAJARAN

Deep learning

Authors

  • Dwi Setiani Universitas Bhinneka PGRI, SD N 2 Suruhankidul
  • Muhamad Abdul Roziq Asrori Universitas Bhinneka PGRI, SD N 2 Suruhankidul
  • Ajar Dirgantoro Universitas Bhinneka PGRI, SD N 2 Suruhankidul

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31330

Abstract

endidikan Indonesia tengah menghadapi tantangan kualitas, ditandai oleh rendahnya capaian literasi dan numerasi berdasarkan hasil PISA 2022. Sebagai bagian dari upaya transformasi, pendekatan deep learning (pembelajaran mendalam) menekankan pada pemahaman bermakna (meaningful learning), pembelajaran yang sadar (mindful learning), dan menyenangkan (joyful learning). Guru Penggerak memiliki peran strategis sebagai agen perubahan dalam mengintegrasikan pendekatan ini ke dalam praktik pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi Guru Penggerak terhadap pendekatan deep learning dalam transformasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan sejumlah Guru Penggerak di Kabupaten Tulungagung yang telah memiliki pengalaman dalam menerapkan pendekatan pembelajaran deep learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas Guru Penggerak memiliki pemahaman yang baik dan sikap positif terhadap deep learning. Mereka menilai pendekatan ini efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa, membangun koneksi antar konsep, serta memfasilitasi pembelajaran yang reflektif dan kontekstual. Namun, masih ditemukan beberapa kendala seperti keterbatasan fasilitas, miskonsepsi terkait deep learning yang disamakan dengan kecerdasan buatan, serta kurangnya pelatihan intensif. Kesimpulannya, persepsi positif dari Guru Penggerak menjadi modal penting dalam mewujudkan transformasi pembelajaran abad 21. Dibutuhkan pelatihan berkelanjutan, pendampingan profesional, serta penguatan komunitas belajar untuk mendukung implementasi deep learning secara optimal di sekolah. Kata Kunci: Persepsi, Guru Penggerak, Deep Learning, Transformasi Pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

pembelajaran kontekstual serta

kolaboratif.

Bagi Pemerintah dan Dinas

Pendidikan:Disarankan mengadakan

pelatihan teknis yang mendalam dan

berkelanjutan mengenai penyusunan

RPP deep learning, disertai

pendampingan lapangan yang

kontekstual dan berbasis kebutuhan

guru.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar

Psikologi Umum

Wijaya, A. A., Haryati, T., &

Wuryandini, E. (2025).

Implementasi Pendekatan Deep

Learning dalam Peningkatan

Kualitas Pembelajaran di SDN 1

Wulung, Randublatung,

Blora. Indonesian Research

Journal on Education, 5(1), 451-

457.

Bagi Peneliti Selanjutnya:Perlu

dilakukan penelitian kuantitatif

atau mixed method untuk mengukur

dampak implementasi deep

learningterhadap hasil belajar siswa

dan penguatan Profil Pelajar

Pancasila.

DAFTAR PUSTAKA

Ariezka, V., Chan, F., & Alirmansyah,

A. (2021). Persepsi Guru dan

Siswa Terhadap Dampak

Pembelajaran Secara Daring di

Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV

A di Sekolah Dasar Swasta

Adhyaksa I Kota Jambi (Doctoral

dissertation, Universitas Jambi).

Hariyanti, R. M. (2024). DEEP

LEARNING PADA

PEMBELAJARAN “ENGKONG

BANJIT”: BEST PRACTICE DARI

P5RA MIN 2 BANJIT, WAY

KANAN. Sinergi Aksi Inovasi

Budaya Menulis Inspiratif, 2(2),

90-101

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru

penggerak merdeka belajar. Bumi

Aksara.

Downloads

Published

2025-08-09