STRATEGI GURU DALAM PELAKSANAAN TATA TERTIB UNTUK PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SDN 1 SOKONG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31343Keywords:
Strategi guru, Tata tertib, Karakter disiplinAbstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam pelaksanaan tata tertib untuk penguatan karakter disiplin siswa di SDN 1 Sokong. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu guru menggunakan berbagai strategi dalam pelaksanaan tata tertib yaitu sosialisasi tata tertib, mengingatkan kembali, menasihati, memberikan hukuman yang bersifat mendidik serta melakukan kerjasama dengan orang tua siswa, hal tersebut dapat meningkatkan karakter disiplin siswa. Sedangkan ada beberapa kendala yang dihadapi guru yaitu kurangnya motivasi siswa, kurangnya dukungan dari orang tua dan penggunaan handphone secara berlebihan. Solusi yang dilakukan oleh guru yaitu dengan melakukan kerjasama antara guru dan orang tua siswa, memberikan motivasi dan melaksanakan kegiatan keagamaan.Downloads
References
Azzahra, L. 2023. Pentingnya Mengenalkan Al-Qur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, 1(1)
Esmiati, A.N., Prihartanti, N., & Partini, P. (2020). Efektivitas Pelatihan Kesadaran diri Untuk meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal imliah Psiklogi Terapan, 8(1), 113
Fitria Ardilla dkk. 2023 “Strategi Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Ibtidaiyah’’
Fawaid,M. M (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. Jurnal civic hukum, 2(1),hal 9-19
Habibi,Adnan. 2018. Penanaman Disiplin dengan Memberi Hukuman Oleh Wali Kelas pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tebat Kerai Kapubaten Kepahiang.
Indrakusuma, Amien. 2013. Pengantar Ilmu Pengetahuan. Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Malang. Malang
Marlina, A., Dewi, T. R., & Yuliantoro, A. T. 2022. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. 1(2), 58–72.
Mulyasa E. (2015). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.
Munir (2009), Metode Dakwah. Jakarta: Kencana
Nufadillah (2022). Penerapan Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa DI SMAN 2 Soppeng Kabupaten Soppeng. Jurnal PPKn 9 (1)
Octavia, Erna. (2017). Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pembinaan Moral Di SMA Tama Mulya Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Pendiikan Kewarganegaraan, 1(1).
Permatasari, Enda. (2019). Kerjasama Orang Tua dan Guru di MI Hijriyah IV Palembang Dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Smartphone. Primary Education Journal (PEJ). 1 (3), 1-10.
Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. 17th ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Rabiudin; E, H, N. (2021)., 1957(1), 12043. Development of USA method (understanding, sketching, analysing) as practical way to resolving classical mechanics problems for physics lesson. Journal of Physics: Conference Series
Rahmadani, F. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kepribadian Dan Karakter Peserta Didikdi SMA Negri 1 Malang. Lombok: FKIP Universitas Muhammadyah Malang
Regina, N.P. 2023. Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Kelas III Di SDN 88 Rejang Lebong. Skripsi Tidak Diterbitkan. Program PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN CURUP
Sadriah, Lahamit. 2021. Sosialisasi Peraturan Daerah Dalam Rangka Optimalisasi Fungsi Legislasi Anggota Dprd Provinsi Riau (Studi Pelaksanaan Sosialisasi Peraturan Daerah di Masa Pandemi Covid 19) Publika : JIAP Vol. 7 No. 1
Safitri, S., & Nurhayati, N. (2018). Studi Pustaka: Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Prestasi Belajar Siswa Disekolah. Journal Of Educational Review And Research, 1(2), 64-67
Santoso, F. A. (2020). Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 49-54,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.